Selasa, 31 Januari 2017

Contoh Resensi Prosa Non?Ksi Terbaru Terbaik

Contoh Resensi Prosa Non?ksi Terbaru & Terbaik -  Pertemuan kemudian saya telah memperlihatkan Contoh Resensi Novel Terbaru & Terbaik dan pada kesempatan kali ini saya akan memperlihatkan Contoh Resensi Prosa Non?ksi Terbaru & Terbaik. Seseorang sanggup memberi jawaban terhadap sebuah karya sastra baik prosa maupun puisi dalam bentuk resensi. Resensi ialah goresan pena berisi ulasan, penilaian, pertimbangan, atau pembicaraan suatu karya sastra. Tujuan penulisan resensi ialah memperlihatkan informasi kepada pembaca mengenai keunggulan dan kelemahan ?ksi atau non?ksi tersebut. Lihat Contoh Resensi Prosa Non?ksi Terbaru & Terbaik.

Contoh Resensi Prosa Non?ksi

 dan pada kesempatan kali ini saya akan memperlihatkan Contoh Resensi Prosa Non Contoh Resensi Prosa Non?ksi Terbaru  Terbaik


SIKAP KRITIS DIPERLUKAN DALAM MEMAHAMI IKLAN

   Judul           :  Jalan Tengah Memahami Iklan
                                               Pengarang   :  Ratna Novianti
                                               Penerbit       :  Pustaka Pelajar
                                               Tahun          :  2002

     Iklan kini ini sudah tak ajaib lagi bagi kita. Hampir setiap hari mata  kita ditabrak iklan. Iklan di mana-mana. Karena itu, survei memperlihatkan  bahwa tak kurang dari 70 persen responden mengaku suka menirukan iklan yang ditayangkan media, baik ucapan atau narasi, jinggle atau lagu,
gerakan sampai menggandakan sosok yang menjadi pemain film iklan. Proses imitasi ini berdasarkan Ratna Novianti terjadi mulai anak-anak, remaja, sampai orang dewasa.

     Buku ini ingin mengetengahkan bagaimana iklan itu menyebar dan bagaimana sejarah iklan itu sendiri. Kajian ini sebenarnya mengarah pada bagaimana iklan itu harus dibaca. Iklan sudah terbesar di aneka macam tempat. Pesatnya periklanan di negeri kita terjadi sesudah Orde Lama tumbang. Orde Baru cenderung memberi perhatian pada duduk masalah ekonomi sehingga memberi angin segar industri periklanan.

     Periklanan mulai diakui secara terang dan fungsinya sebagai tangan panjang pemasaran barang atau jasa. Ditambah kian maraknya media, semakin terbukanya situasi ekonomi mengakibatkan industri periklanan tumbuh subur.

     Studi ihwal bagaimana membaca iklan objek kajiannya ialah teks- teks iklan. Menurut Ratna pada awal tahun 1970-an, presentasi iklan sangat terbatas pada teknologi dan sumber daya yang tersedia. Presentasinya didominasi naskah atau copy. Pada dekade tahun 1980-an, iklan tidak lagi menerapkan pendekatan demogra? dalam mendekati audiens. Pendekatan psikogra? mulai menjadi tema utama. Pola bahasa iklan mengalami perkembangan sesuai gaya hidup yang dilekatkan pada produk.

     Era gres dalam periklanan Indonesia diawali berkembangnya iklan televisi. Dengan kekuatan audio visualnya, televisi menjadi sebuah media iklan yang efektif. Apalagi ekonomi masyarakat remaja ini diwarnai hasrat berbelanja yang luar biasa. Mereka belanja terkadang alasannya ialah membaca iklan di media. Sistem ekonomi yang berbasis sikap komsumtif tumbuh lewat citraan dan pemirsa terhipnotis produk yang ditawarkan.

     Ratna menyarankan kepada pembaca soal sikap kritis dalam mendapatkan  iklan. �Apalagi iklan juga merupakan salah satu media yang dipakai dalam upaya penguatan ideologi. Dengan demikian, kajian kritik ideologi atas isi media tetap revelan untuk dilakukan,� begitu simpulannya ( halaman 143). Dan buku ini kiranya sangat menarik sebagai kajian memahami iklan.

(Kedaulatan Rakyat : Arwan Tuti Artha dalam Strategi Sukses, oleh Agus P. 168)

Baca Juga : Cara Memberi Tanggapan terhadap Puisi

Sumber : Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Unggul Kelas XII
Sumber http://pustakauntuksemua.blogspot.com


EmoticonEmoticon