Jumat, 03 Maret 2017

Manajemen Pemasaran

Pengertian Pemasaran

Pemasaran yaitu suatu proses dan manajeral yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, memperlihatkan dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain atau segala acara yang menyangkut penyampaian produk atau jasa mulai dari produsen hingga konsumen.

Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya yaitu :

a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran yaitu acara insan yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan cita-cita melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran yaitu sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c. Pemasaran yaitu suatu sistem total dari acara bisnis yang dirancang untuk merencanakan, memilih harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang sanggup memuaskan cita-cita dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan. 
d. Menurut W Stanton pemasaran yaitu sistem keseluruhan dari acara perjuangan yang ditujukan untuk merencanakan, memilih harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang sanggup memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

PERANAN PEMASARAN

Peranan pemasaran ketika ini tidak hanya memberikan produk atau jasa hingga tangan konsumen tetapi juga bagaimana produk atau jasa tersebut sanggup memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menghasilkan laba. Sasaran dari pemasaran yaitu menarik pelanggan gres dengan menjanjikan nilai superior, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan secara efektif serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prisip kepuasan pelanggan. 

Berubahnya Praktik Pemasaran dengan Internet

(internet marketing)

Munculnya internet telah sangat meningkatkan kemampuan perusahaan menjalankan bisnis dengan lebih cepat, lebih akurat, meliputi kisaran waktu dan ruang yang lebih luas, dengan biaya yang lebih sedikit, dan dengan kemampuan menyesuaikan proposal dengan kebutuhan pelanggan dan membuat proposal menjadi lebih pribadi. Banyak sekali perusahaan yang telah membuat situs web untuk menginformasikan dan mempromosikan produk dan layanan mereka.

Pers terkenal telah memberikan perhatian yang besar pada situs web konsumen. Pada tahun 2000, lebih dari 106 juta orang Amerika masuk online, dengan 80 persen mencari informasi, 73 persen mencari produk atau jasa sebelum membelinya, 68 persen mencari warta perjalanan, dan 65 persen mencari warta wacana film, buku, dan acara waktu luang.

Dari data tersebut, terlihat internet memang tempat menjadi pemasaran produk dan jasa yang paling menjanjikan ketika ini. Karena jangkauan yang luas, ke seluruh dunia. Selain itu juga alasannya yaitu pasarnya yang tertarget dan sistem otomatisasinya, membuat pemasaran jadi lebih efektif dan efisien dari segi biaya, waktu dan tenaga. Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan-kelebihan dalam memasarkan suatu bisnis melalui internet.

Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu administrasi dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran yaitu analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan administrasi yaitu proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan. 

Manajemen Pemasaran yaitu salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh semenjak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen bila menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen memiliki pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).

Secara definisi, Manajemen Pemasaran yaitu penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan mengakibatkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).

Perusahaan yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah gres yang terlibat di dalamnya. Cara dan falsafah gres ini disebut "Konsep Pemasaran".

Konsep Pemasaran

Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita sanggup membedakan antara kebutuhan, cita-cita dan permintaan. Kebutuhan yaitu suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan yaitu kehendak yang berpengaruh akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan yaitu cita-cita akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.

Konsep pemasaran menyampaikan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan cita-cita pasar sasaran serta memberikan kepuasaan yang dibutuhkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

Konsep pemasaran yang telah diungkapkan dengan banyak sekali cara:
1. Temukan cita-cita pasar dan penuhilah.
2. Buatlah apa yang sanggup dijual dan jangan berusaha menjual apa yang sanggup dibuat.
3. Cintailah pelanggan, bukan produk anda.
4. Lakukanlah berdasarkan cara anda (Burger king)
5. Andalah yang memilih (United Airlines)
6. Melakukan segalanya dalam batas kemampuan untuk menghargai uang pelanggan yang sarat dengan nilai, mutu dan kepuasan (JC. Penney).

Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan acara pemasaran suatu organisasi yaitu : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.

1. Konsep produksi

Konsep produksi beropini bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini kiprah administrasi yaitu memproduksi barang sebanyak mungkin, alasannya yaitu konsumen dianggap akan mendapatkan produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka. 

2. Konsep produk

Konsep produk menyampaikan bahwa konsumen akan menyukai produk yang memperlihatkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas administrasi disini yaitu membuat produk berkualitas, alasannya yaitu konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik.

3. Konsep penjualan

Konsep penjualan beropini bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melakukan upaya penjualan dan promosi yang agresif.

4. Konsep pemasaran

Konsep pemasaran menyampaikan bahwa kunsi untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan cita-cita pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang dibutuhkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

5. Konsep pemasaran sosial

Konsep pemasaran sosial beropini bahwa kiprah organisasi yaitu memilih kebutuhan, cita-cita dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang dibutuhkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

6. Konsep Pemasaran Global

Pada konsep pemasaran global ini, manajer direktur berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui administrasi strategis yang mantap. tujuan alhasil yaitu berupaya untuk memenuhi cita-cita semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.

Konsep Pemasaran Inti
  1. Pasar sasaran dan segmentasi
  2. Tempat pasar, ruang pasar, dan metamarket
  3. Pemasar dan calon pelanggan
  4. Kebutuhan, keinginan, dan permintaan
  5. Produk, tawaran, dan merek
  6. Nilai dan kepuasan
  7. Pertukaran dan transaksi
  8. Relasional dan jaringan kerja
  9. Saluran pemasaran
  10. Rantai pasokan
  11. Persaingan
  12. Lingkungan pemasaran
  13. Program pemasaran

Strategi Pemasaran
Hellriegel D &Slocum JW mengemukakan 2 jenis seni administrasi pemasaran, yaitu : 

1. Market penetration strategy, yang berupaya untuk meningkatkan pemasaran pada pasar yang kini ada melalui produk yang kini telah ada pula. Kegiatan yang dilakukan meliputi upaya meningkatkan jumlah pembelian dari produk, mencoba menarik konsumen yang kini memakai produk dari kompetitor/pesaing atau malahan sekaligus membeli kompetitor tersebut.

2. Market development strategy yaitu upaya mencari pasar gres dari produk yang sudah ada. Tiga acara utama mencari pasar gres ini yaitu menemukan pasar secara geografis (contoh : buka cabang di tempat lain), menemukan sasaran market gres (contoh : video yang tadinya untuk presentasi ilmiah kemudian dipasarkan untuk hiburan dalam rumah tangga) serta menemukan penggunaan gres dari produk yang ada (misalnya kendaraan beroda empat niaga diubah menjadi kendaraan beroda empat keluarga).

Fungsi administrasi pemasaran 

Fungsi administrasi pemasaran meliputi riset konsumen, pengembangan produk, komunikasi-promosi, distribusi, penetapan harga dan dukungan service. Semua acara ini dilakukan untuk mengetahui, melayani, memenuhi dan memuaskan kebutuhan konsumen.

ARTI FUNGSI MANAJEMEN PEMASARAN

Manajemen pemasaran yaitu suatu perjuangan untuk merencanakan, mengimplementasikan( yang terdiri dari acara mengorganisaikan, mengarahkan, mengkoordinir ) serta mengawasi atau mengendalikan acara pemasaran dalam suatu organisasi biar tercapai tujuan organisasi secara efesien dan efektif. Di dalam fungsi administrasi pemasaran ada acara menganalisis yaitu analisis yang dilakukan untuk mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga sanggup diperoleh seberapa besar peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar

Sumber http://sumbermaterikuliah.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)