—Manajemen Pemasaran ——
—Marketing is as Not as We Knew it
1.The Principle of the Company :Marketing is a Strategic Business Concept
2.The Principle of The Community: Marketing is Everyone’s Business
3.The Principle of Competition : Marketing war is abaut the value war
(KETIGANYA DISEBUT SEBAGAI FOUNDATION PRINCIPLES)
—Marketing is as Not as We Knew it
4.Principle of Retention : Concentrate on loyality, Not Just Satisfaction
5.Principle of integration: Concentrate on Differences, Not just Averages
6.Principle of Anticipation : Concentrate on Proactivity, Not Just Reaction
(KETIGA PRINSIP INI KITA SEBUT DENGAN TOPPING PRINCIPLES)
—KONSEP DASAR PEMASARAN 1.Pengertian Pemasaran
2.Konsep Pemasaran
3.Proses Pemasaran
4.Kebutuhan dan Keinginan Manusia
5.Manajemen Pemasaran
6.Strategi Pemasaran
—PEMASARAN
Di kehidupan sehari-hari sering kali kita mendengar kalimat pemasaran Apa sih arti pemasaran itu sebenarnya. Pemasaran yakni suatu kegiatan yang dilakukan perusahaan ataupun individu untuk memperkenalkan barang atau jasa dengan memakai banyak sekali media menyerupai iklan surat kabar, majalah, tabloid, brosur, internet, dan lain-lain, pengadaan kawasan perjuangan (termasuk distribusi), penggunaan tenaga penjual dengan cita-cita barang dan jasa sanggup dibeli oleh konsumen.
—Definisi /Pengertian pemasaran
Philip Kotler (Marketing) pemasaran yakni kegiatan insan yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
Philip Kotler & Amstrong (1997) sendiri mengartikan pemasaran sebagai suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapat apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain
—Definisi PEMASARAN
Menurut W Stanton pemasaran yakni sistem keseluruhan dari kegiatan perjuangan yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang sanggup memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
Pendapat lain menyampaikan bahwa marketing atau pemasaran yakni suatu perpaduan dari aktivitas-aktivitas yang saling berafiliasi untuk mengetahui kebutuhan konsumen serta berbagi promosi, distribusi, pelayanan dan harga biar kebutuhan konsumen sanggup terpuaskan dengan baik pada tingkat keuntungan tertentu.
—
Definisi Pemasaran Pemasaran yakni proses di mana perusahaan membuat nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan pelanggan yang berpengaruh untuk menangkap kembali nilai dari pelanggan
—
Kajian Konsep (1) — —Perusahaan yang berhasil pada ketika ini—baik perusahaan besar atau kecil, keuntungan atau nirlaba, domestik atau global—memiliki fokus pelanggan yang berpengaruh dan komitmen besar terhadap pemasaran
—
—Tujuan pemasaran yakni membangun dan menata hubungan pelanggan yang menguntungkan
—
Kajian Konsep (2) — —Pemasaran berusaha menarik pelanggan gres dengan menjanjikan nilai unggul dan untuk mempertahankan dan menumbuhkan pelanggan yang ada dengan menyampaikan kepuasan
—
—Pemasaran beroperasi dalam lingkungan global yang dinamis yang sanggup dengan cepat membuat taktik pemenang di masa yang kemudian menjadi ketinggalan zaman
—
—Agar berhasil, perusahaan harus sangat fokus pada pasar
—
Proses Pemasaran —
—Proses pemasaran meliputi lima langkah
—
—Empat langkah yang pertama membuat nilai bagi pelanggan
—
Proses Pemasaran Model Sederhana
—

Proses Pemasaran
Langkah-langkah (1-3)
1.Pertama, pemasar harus memahami pasar dan kebutuhan serta keinginan pelanggan
2.Berikutnya, pemasar merancang taktik pemasaran yang digerakkan pelanggan dengan tujuan mendapatkan, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan sasaran
3.Dalam langkah ketiga, pemasar membangun acara pemasaran yang benar-benar menyampaikan nilai unggul
—
Proses Pemasaran
Langkah-langkah (4-5)
4.Seluruh langkah ini membentuk dasar bagi langkah keempat, membangun hubungan pelanggan yang menguntungkan, dan membuat kepuasan pelanggan
5.Pada langkah terakhir, perusahaan mendapat hasil dari hubungan pelanggan yang berpengaruh dengan menangkap nilai dari pelanggan
—
Memahami Pasar dan Pelanggan —
—Perusahaan pemasaran terkemuka berusaha lebih jauh mempelajari dan memahami kebutuhan, keinginan, dan undangan pelanggannya
—
—Pemahaman ini membantu mereka merancang penawaran pasar yang memuaskan keinginan dan membangun beban nilai hubungan pelanggan yang sanggup digunakan untuk menangkap nilai seumur hidup pelanggan dan pangsa pelanggan yang lebih besar
—
—Hasilnya yakni peningkatan ekuitas jangka panjang pelanggan bagi perusahaan
—
Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan
—
—Kebutuhan yakni keadaan yang muncul dari perasaan kekurangan
—
—Keinginan yakni bentuk kebutuhan insan yang terbentuk oleh budaya dan kepribadian seseorang
—
—Jika didukung oleh daya beli, keinginan menjadi undangan
—
Penawaran Pasar —
—Penawaran pasar yakni kombinasi produk, jasa, informasi, atau pengalaman yang ditawarkan ke pasar untuk memuaskan kebutuhan atau keinginan tertentu
—
—Rabun jauh pemasaran (marketing myopia) yakni kesalahan jawaban lebih memperhatikan produk tertentu dari perusahaan, alih-alih manfaat dan pengalaman yang dihasilkan oleh produk tersebut
—
Pertukaran dan Pasar —
—Pertukaran yakni tindakan untuk mendapat objek yang diinginkan dari pihak tertentu dengan menyampaikan imbalan
—
—Pasar yakni kumpulan semua pembeli faktual dan potensial dari suatu produk dan jasa
—
Sistem Pemasaran Modern
Elemen-elemen

—
Manajemen Pemasaran —
Manajemen pemasaran yakni seni dan ilmu menentukan sasaran pasar dan membangun hubungan yang menguntungkan dengan sasaran pasar tersebut
—Tugas Manajemen Pemasaran
1.Mempelajari kebutuhan & keinginan konsumen
2.Mengembangkan sebuah konsep produk gres yang ditujukan untuk memenuhi kepuasan konsumen
3.Mengadakan Penelitian dan pengembangan terhadap konsep Produk gres
4.Merencanakan desain Produk gres
5.Mengembangkan desain kemasan & brand
6.Menetapkan harga jual yang layak
7.Mengatur kegiatan distribusi
8.Menciptakan komunikasi pemasaran yang efektif melalui sarana Promosi yang sesuai
9.Memeriksa hasil Penjualan
10.Memperhatikan kepuasan Konsumen
11.Memperbaiki dan berbagi planning pemasaran & penjualan
—
Strategi Pemasaran yang Digerakkan oleh Pelanggan (1)
—
—Untuk merancang taktik pemasaran yang unggul, mula-mula perusahaan harus tetapkan siapa yang akan dilayaninya
—
—Perusahaan melaksanakan hal ini dengan membagi pasar menjadi segmen pelanggan (segmentasi pasar) dan menentukan segmen mana yang akan dituju (target pemasaran)
—
Strategi Pemasaran yang Digerakkan oleh Pelanggan (2)
—
— Berikutnya, perusahaan harus tetapkan bagaimana cara perusahaan itu melayani pelanggan sasaran (bagaimana perusahaan akan mendiferensiasikan dan memposisikan dirinya sendiri di pasar)
—
Strategi Pemasaran yang Digerakkan oleh Pelanggan (3)
—
—Perusahaan menyediakan kebutuhan dengan mengedepankan proposisi nilai, sekumpulan keuntungan yang dijanjikan mereka pada pelanggan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan
—
—Proposisi nilai terpenuhi melalui penawaran pasar yang menyampaikan nilai dan kepuasan pelanggan, menghasilkan hubungan timbal-balik jangka panjang dengan pelanggan
—SALAM SUKSES
To be Continue...
Semoga Bermanfaat!!!!!
—
Sumber http://sumbermaterikuliah.blogspot.com
EmoticonEmoticon