Kamis, 28 September 2017

Badan-Badan Distribusi


Agar proses distribusi sanggup berjalan dengan lancar, maka dibutuhkan apa yang disebut sebagai tubuh distribusi atau disebut juga forum perantara. Badan distribusi sanggup diartikan sebagai orang, lembaga, tubuh yang terlibat dalam acara distribusi. Berikut ini ialah beberapa tubuh distribusi yang biasa kita kenal.

Badan-Badan Distribusi 

1.Agen
Agen merupakan mediator yang melaksanakan pembelian atau penjualan dengan perjanjian. Agen yang khusus melaksanakan perjanjian pembelian disebut distributor pembelian. Sebaliknya distributor yang khusus melaksanakan perjanjian penjualan disebut distributor penjualan.

2.Makelar
Makelar ialah mediator yang menjual atau membeli barang atas nama orang lain. Makelar mempertemukan penjual dan pembeli untuk melaksanakan transaksi jual beli. Sebagai imbalan, makelar akan mendapat kurtasi (imbalan berupa uang atau barang).

3.Komisioner
Komisioner ialah mediator pemasaran menyerupai makelar yang menguasai atau mempunyai barangnya. Komisioner tidak sekedar mempertemukan penjual atau pembeli, tetapi sanggup juga ditugaskan untuk membeli atau menjual barang atas nama sendiri. Komisioner mendapat imbalan berupa komisi.

4.Importir
Importir ialah perusahaan yang membeli barang dari luar negeri untuk dijual didalam negeri.

5.Eksportir
Eksportir ialah perusahaan yang mengirim barang ke luar negeri untuk dijual di luar negeri.

6.Pedagang Besar (Grosir)
Pedagang besar ialah pedagang yang membeli barang dalam jumlah besar dari produsen lalu biasanya dijual kepada pedagang eceran. 

7.Pedagang Eceran

Pedagang Eceran
Pedagang eceran ialah pedagang yang membeli barang dari produsen atau grosir lalu menjual barangnya pribadi kepada konsumen.

Itu tadi klarifikasi mengenai badan-badan distribusi. Semoga artikel ini menambah pengetahuan pembaca mengenai distribusi. 

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.

Referensi :
Suparno, N dan T.D Haryo Tamtomo. 2016. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Esis

Sumber http://thekingslau.blogspot.com


EmoticonEmoticon