Rabu, 20 September 2017

Mengenal Tari Serumpai, Tarian Khas Kalimantan Timur

Kalimantan merupakan wilayah daerah bermukimnya suku dayak. Suku dayak selain populer dengan keperkasaannya juga populer dengan budayanya contohnya Tari-tarian. Suku dayak mempunyai bermacam tarian dengan gerak yang menarik, eksotis, unik, dan memukau. Salah satu tarian Tersebut yaitu tari serumpai.


Kalimantan merupakan wilayah daerah bermukimnya suku dayak Mengenal Tari Serumpai, Tarian Khas Kalimantan Timur
suku dayak sedang melaksanakan tari serumpai
Tarian Serumpai yaitu tarian khas dari suku Dayak Benuaq yang ada di Kalimantan. Penggambarannya hampir sama dengan tari Monong atau tari Manang yang berafiliasi dengan penyakit. Bedanya tarian ini untuk menolak wabah penyakit dan mengobati orang yang digigit oleh anjing gila. 

Disebut sebagai tari Serumpai alasannya pada tarian ini memakai alat musik yang berjulukan Serumpai yaitu sejenis suling dari bambu sebagai musik pengiring dari tarian Serumpai ini.

Dalam menari, hampir seluruhnya pakaian suku dayak tariannya dilengkapi dengan hiasan berupa manik-manik dan juga bulu-bulu burung khas Kalimantan, yaitu burung Enggang atau rangkong.

Seperti yang dipakai oleh penari kancet ledo. Modelnya memakai pakaian suku Dayak Kenyah yang dilengkapi hiasan bulu burung Enggang dijari-jari penari serta baju tanpa lengan yang dipenuhi dengan manik-manik cantik.

Demikian artikel Mengenal Tari Serumpai, Tarian Khas Kalimantan biar dapat bermanfaat.
Sumber http://awalilmu.blogspot.com


EmoticonEmoticon