Selasa, 03 Oktober 2017

2 Faktor Penting Yang Mempengaruhi Keputusan Penetapan Harga Jual

Faktor yang mempengaruhi keputusan penetapan harga jual - Ada beberapa faktor yang sanggup mempengaruhi suatu harga jual dari sebuah produk suatu perusahaan. Dengan adanya faktor-faktor ini maka nilai harga jual tiap perusahaan akan berbeda-beda. Faktor tersebut berdasarkan Kotler dan Amstong terdiri menjadi dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor penentu harga jual yang berdasarkan analisis internal perusahaan. Sedangkan faktor eksternal merupakan hasil analisis eksternal perusahaan. Mengenai bagaimanakah kedua faktor tersebut sanggup mempengaruhi penetapan harga jual akan kita bahas bersama-sama. Selamat membaca.


A. Faktor Internal 
Faktor internal disini yaitu taktik dari pemasaran suatu produk yang ditawarkan oleh perusahaan untuk konsumen. Sebelum menetapkan harga jual suatu produk hendaknya suatu perusahaan mempunyai taktik dalam memasarkan produk tersebut. Jika perusahaan telah mempunyai taktik pemasaran produk yang baik dan mempunyai pangsa pasar yang baik, tentu dengan demikian harga jual sanggup diubahsuaikan dan sanggup berjalan dengan baik. Dalam hal ini perusahaan seharusnya mempunyai taktik pasar yang bagus, dalam artian bagaimana seharusnya harga itu sanggup menciptakan perusahaan tersebut sukses di pasaran. Perusahaan sanggup menurunkan harga pasaran produknya untuk menjaring banyak konsumen, sehingga tidak ada pesaing lain yang sanggup masuk ke pasar tersebut, atauakah perusahaan menaikkan harga untuk sanggup menstabilkan harga di pasaran yang diubahsuaikan dengan harga yang di patok oleh pesaing lain. Oleh jarena itu dalam hal ini harga jual sangat mempunyai tugas penting dalam membagung kesuksesan suatu perusahaan. 

Selain taktik pemasaran yang dilakukan secara individu oleh perusahaan itu sendiri, perusahaan sanggup juga memakai taktik bauran pemasaran, yaitu dengan cara memanfaatkan pedagang-pedagang eceran untuk membantu memasarkan produk dari perusahaan tersebut. Namun demikian, perusahaan harus cermat dalam memilih margin harga jual mereka, alasannya dimungkinkan margin harga jual produk mereka akan semakin tinggi.

B. Faktor Eksternal
Faktor lain selain faktor internal yang sanggup mempengaruhi harga jual yaitu faktor eksternal. Faktor eksternal disini yaitu faktor yang munculnya dari luar perusahaan, dalam hal yaitu faktor permintaan. Dalam memilih harga jual suatu produk, seharusnya perusahaan juga mempertimbangkan berapa besarkah ajakan konsumen terhadap produknya. Dalam hal ini peruhaan harus berhati-hati dalam memilih harga jual, alasannya bila harga jual yang dikeluarkan tidak sebanding dengan banyaknya ajakan terhadap produk yang dijual tersebut, tentunya produk tersebut tidak akan sukses di pasaran.

Selain faktor permintaan, ada lagi faktor yang mempengaruhi penetapan harga jual yaitu mutu dan kualitas produk yang ditawarkan oleh pesaing. Dalam hal ini, perusahaan juga harus cermat dalam melihat harga yang ditentukan oleh pesaing dengan melihat mutu dari produknya. Jika memang mutu dari produk pesainng lebih anggun dan dijial dengan harga yang tergolong rendah dipasaran, maka jangan sekali-kali suatu perusahaan menawarkan harga yang tinggi terhadap produknya, kecuali bila produk yang dari perusahaan tersebut memang lebih unggil dari segi kualitas. 


Sumber http://irham93.blogspot.com


EmoticonEmoticon