Sabtu, 21 Oktober 2017

Nilai Huruf Dalam

Nilai yang dihidupkan melalui :

Percaya Diri 

Perasaan konkret terhadap diri sendiri, dan keyakinan akan kemampuan diri dalam melaksanakan suatu hal yang didasari atas kemampuan mengevaluasi dan pengenalan terhadap potensi diri sendiri. Kepercayaan diri diperlukan untuk memulai kerja dan usaha.

Kreativitas

Kemampuan untuk mempunyai pemikiran yang baru, berbeda, dan bermacam-macam untuk memecahkan suatu masalah. Kreativitas memerlukan kemampuan untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Kreativitas sanggup muncul dari sikap mental yang tidak kaku, penuh toleransi serta ketertarikan kepada hal yang gres dan belum diketahui.

Tekun

Sikap bersungguh-sungguh, teliti, sabar dan terus-menerus dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Ketekunan dalam bekerja diperlukan untuk menghasilkan karya produk yang baik dan berkualitas tinggi.

Jujur

Sikap konkret yang ditunjukan dengan keselarasan kata dan perbuatan, menyampaikan kebenaran dan tidak melaksanakan kebohongan. Sikap jujur akan mendatangkan ketenangan pikiran dan kepercayaan dari lingkungan.

Pantang Menyerah

Sikap bertahan untuk mencapai tujuan, meski menghadapi tantangan dan kegagalan. Sikap tersebut didasari oleh motivasi dan impian yang kuat, serta kepercayaan diri.

Kerjasama

Kemampuan berhubungan mutlak dimiliki untuk sanggup menjadi penggalan dalam kehidupan bermasyarakat.Kemampuan berhubungan dilandasi dengan toleransi yaitu sikap untuk menghargai perbedaan.

Kerajinan

Kerajinan atau dalam bahasa Inggris kita kenal dengan handicraft, sanggup dipahami sebagai produk yang menuntut keterampilan tangan. Produk kerajinan yaitu produk yang dihasilkan melalui keterampilan tangan dan keterampilan berpikir dalam mengolah suatu materi atau material sehingga menghasilkan estetika atau keindahan sekaligus fungsi tertentu. Produk kerajinan mempunyai nilai yang tinggi sebab menuntut kemampuan berkarya memakai keterampilan tangan, baik tanpa memakai alat bantu maupun dengan memakai alat bantu rhana.Prakarya kerajinan akan mengajak kita mengenali huruf material dan teknik pengolahannya untuk menghasilkan estetika atau keindahan. Pemahaman perihal seluk beluk suatu kerajinan akan menciptakan kita sanggup mengapresiasi dan menghargainya. Pada kerajinan, keterampilan tangan harus disertai dengan ketelitian, kesungguhan, dan kesabaran dalam melaksanakan mekanisme atau tahap-tahap pengerjaan produk supaya sanggup dihasilkan produk yang baik dan berkualitas. Kerajinan pada prosesnya melibatkan sekumpulan orang yang bekerja bersama dengan penuh toleransi, dan semangat kebersamaan. Kerajinan umumnya dihasilkan dari material yang khas dari tempat tersebut.Pengembangan kerajinan sanggup didukung oleh penciptaan alat bantu sederhana yang baru, sistem kerja yang sempurna yang mendukung kelestarian lingkungan,kemasan yang baik serta info yang lengkap perihal produk kerajinan tersebut. Sehingga kerajinan diapresiasi dengan lebih baik lagi oleh masyarakat luas. Kerajinan yang berkualitas, mengangkat kekhasan daerah, dan dilakukan oleh masyarakatnya mempunyai nilai jual yang tinggi, dan sanggup dimanfaatkan untuk lingkungan dan kesejahteraan bersama.

PETA MATERI
Kerajinan dan Wirausaha Tekstil

Tujuan pembelajaran:
Setelah mempelajari penggalan ini, penerima didik mampu:
  1. Mengapresiasi keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman roduk kerajinan    di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan
  2. Mengidenti_kasi karya kerajinan tekstil menurut konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan ketersediaan sumber daya alam yang tersedia
  3. Menganalisis proses produksi kerajinan tekstil di wilayah setempat dan jiwa wirausaha kerajinan melalui pengamatan dari banyak sekali sumber
  4. Membuat karya kerajinan tekstil yang berkembang di wilayah setempat dan lainnya sesuai teknik dan prosedur
  5. Menyajikan hasil analisis sikap dan sikap wirausaha kerajinan tekstil

Sumber http://prakaryawirausahaan.blogspot.com


EmoticonEmoticon