Rabu, 04 Oktober 2017

Pengertian Dan Efek Pencemaran Udara


Di dunia yang sudah maju ini, pencemaran udara merupakan salah satu duduk perkara yang harus dihadapi dan diatasi oleh manusia. Lalu, apakah pencemaran udara itu? pencemaran udara ialah perubahan komposisi udara akhir acara insan atau alam sehingga kualitas udara menurun, dan tidak berfungsi dengan baik.

Pencemaran udara akan menimbulkan banyak sekali dampak. Apa sajakah dampak tersebut? Mari kita simak dampak dari pencemaran udara di bawah ini.

Dampak Pencemaran Udara

A.Rusaknya Lapisan Ozon
Lapisan ozon mempunyai fungsi untuk melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet matahari yang sanggup menimbulkan kanker. Lapisan ozon ini sanggup rusak sebab pencemaran udara dengan bereaksi terhadap radikal bebas klor yang berasal dari senyawa CFC (chlorofluorocarbon) yang banyak dipakai sebagai materi pendingin udara (AC), lemari es, serta materi insektisida, parfum, cat.

B.Pemanasan Global
Pemanasan global sanggup terjadi akhir pencemaran udara dikarenakan meningkatnya kandungan gas-gas menyerupai karbondioksida yang merupakan gas rumah kaca. Panas matahari yang mencapai bumi seharusnya dipantulkan kembali keluar angkasa, namun sebab gas rumah beling panas ini kembali lagi ke bumi dan menimbulkan panas matahari terperangkap di atmosfer yang menjadikan peningkatan suhu bumi.

C.Hujan Asam


Hujan asam terjadi akhir lepasnya gas SO2 dan SO3 ke udara. Kedua gas ini sanggup dihasilkan dari letusan gunung berapi ataupun asap dari industri. Jika gas SO2 bereaksi dengan uap air diudara maka akan membentuk asam sulfit sedangkan jikalau SO3 bereaksi dengan uap air diudara maka akan membentuk asam sulfat. Asam sulfat atau sulfit yang turun bersama dengan air hujan akan membentuk hujan asam yang sanggup membunuh binatang dan tumbuhan, serta merusak bangunan.

D.Pengaruh Terhadap Organ Manusia
Pencemaran udara juga kuat terhadap organ manusia. Berikut ini ialah pola efek pencemaran udara terhadap organ badan insan :

  1. Mata : menjadi berair, pedih, dan penglihatan kabur akhir senyawa tertentu dari asap.
  2. Hidung, tenggorokan, dan paru-paru : iritasi pada hidung, tenggorokan terbakar, dan melemahnya daya tahan paru-paru terhadap infeksi.
  3. Jantung : menjadi lemah akhir terhambatnya sel darah menyalurkan oksigen. Hal ini dikarenakan sel darah merah lebih cepat mengikat karbonmonoksida dibandingkan oksigen.
  4. Otak : melemahnya fungsi koordinasi motorik sebab menurunnya kadar oksigen di otak.

Itu tadi klarifikasi mengenai pengertian dan dampak pencemaran udara. Semoga dengan adanya artikel ini sanggup memperkaya ilmu pembaca mengenai pencemaran udara.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.

Referensi :
TIM ABDI GURU. 2016. IPA TERPADU Jilid 1 Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Erlangga


Sumber http://thekingslau.blogspot.com


EmoticonEmoticon