Membuat Invoice Online
Invoice ialah dokumen keuangan yang diberikan kepada customer atau pelanggan yang memberitahukan kepada customer tersebut suatu transaksi yang harus dibayar kepada pihak yang mengeluarkan invoice. Dengan kata lain, invoice ialah dokumen yang mencerminkan aset bagi penerbit sekaligus merupakan utang atau kewajiban bagi pelanggan. Dewasa ini, penerbitan invoice mulai bergeser dari invoice cetak menjadi invoice non-cetak dalam bentuk file computer (biasanya dalam format PDF). Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas cara menciptakan invoice online dengan Wave Accounting.
Manfaat Membuat Invoice Online
Dengan menciptakan invoice online, ada banyak manfaat irit yang dapat diperoleh antara lain sebagai berikut.
- Mengurangi jumlah pnggunaan kertas atau paperless. Dengan mengurangi penggunaan kertas kita sudah ikut andil menjaga lingkungan.
- Waktu pengiriman menjadi lebih singkat sebab memakai email. Dengan mengirimkan invoice melalui email, waktu pengiriman dokumen invoice menjadi lebih singkat bahkan dalam hitungan detik.
- Mengurangi bahkan menghilangkan biaya kurir atau biaya pengiriman dokumen. Dengan memakai invoice online, kita dapat menghilangkan biaya pengiriman dokumen yang rata-rata dapat sebesar Rp 10,000 per dokumen.
Keunggulan Invoice Online Wave
Fitur invoice yang ada di Wave Accounting mempunyai beberapa keunggulan antara lain sebagai berikut:
- Mudah digunakan. Pengguna Wave dapat dengan gampang mendesain, membuat, menyimpan serta mengirimkan invoice ke customer atau pelanggan.
- Gratis. Pengguna Wave bebas memakai fitur invoice tanpa dipungut biaya.
- Unlimited. Pengguna dapat menciptakan invoice sebanyak-banyaknya alias unlimited.
- Desain mudah dan elegan. Desain invoice di Wave mudah dan elegan sehingga menjadikan kesan profesional.
- Jurnal otomatis. Setiap invoice yang dibentuk di Wave secara otomatis akan terbentuk jurnal akuntansi.
Cara Membuat Invoice Online dengan Wave Accounting
Berikut langkah demi langkah membuat
- Login ke Wave Accounting. Masukkan username dan password dengan benar kemudian tekan “Sign in” atau Enter.
- Pilih sajian atau fitur Invoice. Menu invoice ada di urutan ketiga sehabis Dashboard dan Transaction atau yang berlogo +.
- Isi data invoice selengkap mungkin. Data invoice yang perlu kau isi ialah Customer, P.O/S.O Number, Invoice Date, Payment Due, Item, Description, Qty, dan Price. Pada dikala Anda pertama kali menciptakan Invoice, Anda akan diminta melengkapi logo dan identitas bisnis.
- Simpan Invoice ke Wave. Sebelum menyimpan invoice, Anda akan diminta mereview draft invoice. Jika data invoice sudah sesuai, klik Save untuk menyimpan invoice. Invoice yang sudah disimpan maka secara otomatis akan terbentuk jurnal akuntansi.
- Kirim invoice ke alamat email pelanggan. Selanjutnya, Anda akan diminta mengirimkan dokumen invoice ke pelanggan melalui alamat email.
Setelah selesai, Anda tinggal menunggu pembayaran dari pelanggan Anda.
Originally posted 2016-06-27 10:01:37.
Sumber https://akuntansikeuangan.com/
EmoticonEmoticon