Jakarta - Bisnis e-commerce jadi salah satu taktik gres maskapai Garuda Indonesia untuk meningkatkan pendapatan non-tiket alias ancillary revenue pada tahun 2018 ini yang dipatok sasaran USD 54 juta.
Untuk mewujudkan rencana itu, Garuda pun menggandeng salah satu situs e-commerce JD.id untuk membuka kanal penjualan khusus yang sanggup diakses melalui alamat GarudaShop.id.
Di dalam situs itu ditawarkan aneka macam merchandise khusus Garuda Indonesia, serta aneka macam barang kebutuhan perjalanan. Misalnya jam tangan, perhiasan, parfum, peralatan kecantikan, gadget, sampai merchandise menarik untuk anak-anak.
"Ini salah satu upaya kami untuk sanggup manfaat dari pertumbuhan e-commerce di Indonesia," ujar Pahala dalam keterangannya yang dikutip detikINET, Rabu (14/2/2018).
Dalam hal ini, JD.id berperan sebagai pengembang serta operator kanal penjualan tersebut. Walau sanggup diakses dari alamat sendiri, pengguna tetap membutuhkan akun JD.id untuk membeli barang yang ditawarkan.
Sementara itu Garuda segala urusan logistik bakal ditangani oleh Cargo Express, yakni layanan pengiriman udara milik maskapai pelat merah itu. Lalu setiap pengguna yang belanja di GarudaShop bakal mendapat poin GarudaMiles.
Foto: dok. JD.id |
Direktur Marketing dan IT Garuda Indonesia Nina Sulistyowati menambahkan, tolong-menolong ada beberapa e-commerce yang mengajukan tawaran. Tapi pihaknya jadinya menentukan JD.id sebagai rekan sebab keunggulan yang ditawarkan.
"Kami menentukan JD.id, sebab pertimbangan keunggulannya. Salah satunya mereka menyanggupi kontrak dua tahun, dengan review per tahun, dan mengelola campaign-nya," terperinci Nina.
Sementara itu, President Director JD.id Zhang Li ikut menyambut baik kerja sama ini. Menurutnya, kemitraan strategis ini bertujuan untuk menunjukkan nilai tambah kepada para penumpang Garuda dan para pelanggan JD.id secara lebih luas.
"Di JD.id para pelanggan selalu menjadi ide kami untuk terus berinovasi dan menunjukkan sebuah pengalaman berbelanja online ke offline yang menarik dari ujung ke ujung. Kami percaya apa yang kita mulai hari ini akan menjadi sebuah standar terbaru untuk industri layanan, baik di sektor penerbangan maupun e-commerce di Indonesia," ujarnya.
Sebelumnya, pada pertengahan 2017 kemudian JD.id juga telah bekerja sama dengan anak perjuangan dari Garuda Indonesia, yakni maskapai low cost Citilink dalam hal kerja sama perdagangan online dalam penerbangan.
Melalui kerjasama tersebut, para penumpang Citilink sanggup mendapat pengalaman berbelanja merchandise Citilink dan produk JD.id secara online di dalam pesawat. Sumber detik.com
EmoticonEmoticon