Rabu, 21 Februari 2018

Sistematika Penelitian Tindakan Kelas



Assalamualaikum wr.wb, Salam sejahtera, Salam Olahraga

Selamat berjumpa lagi di , semoga teman blogger selalu dalam keadaan sehat wal afiat dan dalam lindungan Allah SWT Tuhan sekalian alam. Pada kesempatan kali ini admin akan membuatkan pengetahuan wacana Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sejak diberlakukannya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 wacana jabatan guru dan angka kreditnya, salah satu unsur pengembangna profesi yang banyak dikeluhkan guru ialah penyusunan publikasi ilmiah, hal ini disebabkan oleh banyak sekali faktor diantaranya pengetahuan guru wacana pnyusunan karya tulis ilmiah, penguasaan teknologi informatika (IT) maupun faktor eksternal lainnya menyerupai budaya di lingkungan sekolah dan profesinya kurang mendukung. Tetapi dengan diterapkannya peraturan gres wacana jabatan guru dan angka kreditnya mau atau tidak mau, suka atau tidak suka guru harus melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) kalau tidak jabatan dan pangkatnya akan stagnan.

Penelitian Tindakan Kelas Merupakan salah satu bentuk karya publikasi ilmiah yang sesuai dalam upaya memperbaiki mutu proses mencar ilmu mengajar lantaran dampaknya eksklusif sanggup dirasakan oleh guru dan siswa, juga memiliki nilai angka kredit besar yaitu 4 (empat) point. Setiap guru intinya ingin memperbaiki proses mencar ilmu mengajar pada kelas yang diampunya, namun tidak semua guru sanggup menuangkan gagasan tersebut dalam suatu karya publikasi ilmiah secara baik dan benar, untuk itu perlu adanya suatu kaidah dalam menyusun anjuran penelitian, melaksanakan dan menyusun laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) semoga sanggup diakui oleh tim penilai kenaikan pangkat pengembangan profesi.

Mengingat pentingnya fungsi Penelitian Tindakan Kelas dan tugas PTK dalam peningkatan mutu dan kualitas prosese mencar ilmu mengajar serta syarat kenaikan jabatan dan pangkat admin akan membuatkan wacana prosedur penulisan atau Sistematika Penelitian Tindakan Kelas. Admin yakin banyak teman yang sudah paham dan bisa menyusun dan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas sekaligus sudah menerima nilai angka kreditnya, tetapi tidak ada salahnya bila pada postingan ini menampilakan kembali Sitematika Penelitian Tindakan Kelas yang mungkin diharapkan oleh teman yang akan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. 

Mekanisme penulisan atau Sistematika Penelitian Tindakan Kelas yang admin ketahui menurut diklat dan workshop wacana PTK ada bermacam-macam, tetapi intinya satu dengan lainnya sama. yaitu memuat belahan pembuka, belahan isi, kajian pustaka metode penelitian hasil penelitian dan pembahasan, selesai dan saran, serta belahan penunjang. Untuk lebih jelasnya wacana Sistematika Penelitian Tindakan Kelas yang bersumber dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah sebagai berikut:

SISTEMATIKA PENELITIAN TINDAKAN KELAS

A. BAGIAN PEMBUKA
     a. Halaman Judul
     b. Lembar Pengesahan
     c. Kata Pengantar
     d. Daftar Isi
     e. Daftar Tabel
     f. Daftar Gambar
     g. Daftar Lampiran
     h. Abstrak

B. BAGIAN ISI
     Bab I Pendahuluan
              a. Latar Belakang Masalah
              b. Identifikasi Masalah
              c. Pembatan Masalah
              d. Rumusan Masalah
              e.Ttujuan Penelitian
              f. Manfaat Penelitian
     Bab II Kajian Pustaka
              a. Kajian Teori
              b. Kajian Hasil Penelitian yang relevan (jika ada)
              c. Kerangka Berfikir
              d. Hipotesis Tindakan (tidak wajib)
     Bab III Metode Penelitian
              a. Objek Tindakan
              b. Setting/Lokasi/Subjek Penelitian
              c. Metode Pengumpulan Data
              d. Analisis Data
              f. Cara Pengambilan Simpulan (indikator keberhasilan penelitian)
     Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan
              a. Gambaran Selintas Tentang Setting
              b. Uraian Penelitian Secara Umum/keseluruhan
              c. Penjelasan persiklus
              d. Proses Menganalisis Data
              e. Pembahasan dan Pengambilan Keputusan
     Bab V Simpulan dan Saran
              a. Simpulan
              b. Saran untuk Tindakan Tindak Lanjut

C. BAGIAN PENUNJANG
              a. Daftar Pustaka
              b. Lampiran-lampiran
                  RPP persiklus, daftar hadir, instrumen yang telah dinilai, hasil kerja siswa dan foto-foto kegiatan

Itulah Sistematika  Penelitian Tindakan Kelas yang bisa admin share semoga yang secuil ini sanggup bermanfaat bagi teman dalam penyusunan Karya Publikasi Ilmiah khususnya penulisan atau Sistematika Penelitian Tindakan Kelas. Admin menyadari masih banyak kekurangan dan kelemahan  dalam goresan pena ini untuk itu saran dan pendapat dari teman blogger sangat ditunggu untuk peningkatan kualitas di Blog ini. Terima Kasih

Sumber: Workshop penulisan PTK LPMP Jateng
              Bimbingan penyusunan PTK dalam In House Trainning di SMPN 2 Tarub


 


Sumber http://materipenjasorkes.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)