Jakarta - Penjualan perangkat elektronik menjadi salah satu produk yang digemari melalui toko online. Itu terlihat berdasarkan data yang diungkap oleh salah satu toko online, Shopee. Selain itu terindikasi kaum laki-laki makin doyan belanja online.
Menurut Shopee, penjualan perangkat elektronik di website mereka mengalami peningkatan sebanyak 25 kali lipat dalam dua tahun terakhir. Berdasarkan jenis kelamin, lebih banyak didominasi orang melaksanakan pembelian perangkat elektronik yakni pria.
Direktur Shopee Indonesia, Christine Djuarto, menyampaikan komposisi jumlah laki-laki yang berbelanja elektronik dibandingkan perempuan di Shopee yakni 60% dan 40%.
Foto: Moch Prima Fauzi/detikcom |
Pemerhati e-commerce, Kun Arief Cahyantoro, mengungkap bahwa fenomena itu yakni hal yang menarik. Jika biasanya belanja diidentikkan dengan perempuan, justru sekarang kaum lelaki pun dapat jadi hobi belanja.
Ada beberapa alasan yang mendongkrak tingginya minat lelaki untuk berbelanja online berdasarkan Kun laki-laki yang juga sebagai hebat di bidang siber tersebut.
"Pertama mereka mendapat experience gres dalam hal berbelanja. Kedua mereka sudah memahami bahwa di suatu situs e-commerce itu kondusif dan mendapat review bahwa situs tersebut aman. Kemudian adanya garansi after sales alasannya kalau rusak dikembalikan bahkan hingga 100%," ujarnya.
Sementara jikalau dirinci produk yang paling banyak dibeli laki-laki yakni smartphone, peralatan gaming, speaker, dan kamera CCTV. Sementara itu perempuan lebih banyak membeli embel-embel ponsel, mesin jahit, mouse, dan kamera polaroid.
Sedangkan berdasarkan sebarannya, Christine mengungkap sebagian besar pembelian berasal dari Pulau Jawa, terutama Provinsi Jawa Barat. Uniknya, barang elektronik terjauh yang sempat dipesan melalui Shopee yakni Mixer yang berasal dari Jambi ke Jayapura.
Sayangnya saat ditanya data yang lebih rinci soal jumlah penjualan produk dan nilai transaksi, pihak Shopee enggan menjawabnya. Sumber detik.com
EmoticonEmoticon