Asslamualaikum wr.wb
Selamat malam sobat blogger kali ini Belajar Di Perantauan aka membahas ihwal Microsoft Word, perlu kita ketahui bahwa di dunia kerja Microsoft Word sangat di butuhkan , di manapun kita kerja niscaya di pakai , di daerah kerja kita belum niscaya di tanya , apakah kita habat koding,desain, dan lain sebagainya, patokan pertama mereka yakni apakah kita sanggup mengoperasikan Microsoft Word ?
Ok kemaren kita sudah mengenali tools2 yang ada pada Microsoft Word, boleh di baca lagi semoga ingat : tutorial sederhana ihwal microsoft word. Kali ini Belajar ihwal membuat, menyimpan, menutup dan membuka dokumen pada microsoft word.
Ok eksklusif saja untuk menciptakan dokumen baru, sanggup di lakukan dengan cara berikut :
· Klik Office Button > New sehingga muncul jendela gres yang menampilkan bab New Document.
· Setelah itu pilihlah Blank Document untuk menciptakan dokumen. ( Dapat juga menentukan salah satu dokumen menurut template yang telah di sediakan).
Di dalam Quick Acces Toolbar juga terdapat tombol New yang berfungsi untuk menciptakan dokumen gres tanpa melalui jendela baru. Lihat gambar ();
Sebelum memulai dokumen, sebaiknya atur properti terlebih dahulu . Pengaturan properti mensugesti hasil cetakan. Pengaturan properti sanggup dilakukan dengan mengklik sajian Page Layout. Kemudian pada ribbon Page Setup klik ikon kecil pada pojok kanan bawah , sehingga muncul kotak obrolan Page Setup lihat gambar (); kotak obrolan ini terdiri dari tiga bab ,yaitu Margins, Paper, dan Layout.
· Margin : untuk menentukan batas atas (Top) , liri (Left) , kanan (Right), dan bawah (Botton) dokumen, dan ada juga orientasi kertas. Menunjukkan margin halaman.
· Paper Size : untuk menentukan ukuran kertas yang akan dipakai dengan menentukan opsinya pada sajian drop-down. Jika menginginkan ukuran kertas sendiri, sanggup di isi nilainya secara eksklusif pada kotak Width dan Height.
Untuk menyimpan dokumen baru, secara default nama dokumen yang dibentuk akan berurutan, yaitu Document 1, Document 2, Document 3, serta seterusnya. Cara untuk menyimpan dokumen yakni sebagai berikut :
1. Klik Office Button > Save atau Office Button > Save As sehingga muncul kotak Save As.
2. Di dalam kotak obrolan tersebut, lakukan pengaturan sebagai berikut :
- Save in : tentukan lokasi folder daerah dokumen akan di simpan.
- File Name : ketikkan nama untuk identifikasi dokumen.
- Save as type : type dokumen, gunakan default yang di berikan yaitu Word Document.
- Klik tab Save untuk menyimpan dokumen tersebut.
Untuk menyimpan dokumen usang yang telah di edit, klik Office Button > Save , Apabila dokumen tersebut hendak di simpan dengan nama yang berbeda, klik Office Button > Save As sehingga caranya sama menyerupai menyimpan dokumen baru. Apabila dalam menyimpan document ,nama yangdi gunakan sama dengan nama yang sudah ada di dalam folder, maka kotak konfirmasi .
· Replace exiting file : menimpa file yang sudah ada dengan dokumen baru
· Save the change with a different name : menyimpan dokumen gres dengan nama lain
· Merge into exiting file : menggabungkan perubahan yang dilakukan ke dalam file yang sudah ada.
Setelah akibat mengedit dokumen dan memastikan sudah menyimpannya, ada beberapacara untuk menutup dokumen, yaitu :
- · Klik Office Button > Close
- · Klik tombol Close Windows yang terdapat dalam Title Bar
Dokumen yang telah di simpan sanggup di buka dengan salah satu cara berikut ini :
- · Klik Office Button > Open.
- · Klik tombol Open yang terdapat di dalam Quick Acces Toolbar.
Sehingga muncul kotak obrolan Open lihat gambar (); , kemudian pilih file dokumen yang hendak di buka.
Na bagaimana kawan-kawan udah paham kan , mudah-mudahan bermamfaat , silahkan di share, tutorial selanjutnya kita akan membahas menuliskan dan memformat teks dan paragraft.

EmoticonEmoticon