Kamis, 26 April 2018

15 Tugas Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Aktivitas Ekonomi

Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi | Pelaku aktivitas ekonomi yang ada di masyarakat dikelompokkan menjadi empat, yaitu rumah tangga keluarga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri.

Rumah Tangga Konsumen/Konsumsi

Rumah tangga keluarga (konsumen) yakni golongan pelaku aktivitas ekonomi dalam kehidupan masyarakat yang terdiri dari beberapa orang yang mempunyai kebutuhan tidak terbatas/terhingga.

Supaya sanggup memenuhi kebutuhan, seseorang harus bekerja untuk mendapat uang. Nah dikala sudah mempunyai uang setiap orang bisa membeli barang ataupun jasa sesuai dengan kebutuhan nya. (Baca juga: Faktor penyebab kelangkaan ekonomi)

Rumah tangga konsumen atau keluarga bisa melaksanakan cara-cara berikut ini

  1. Menawarkan kepada pihak lain sejumlah tanah atau rumah untuk mendapat balas jasa atau sewa.
  2. Menawarkan sumber daya insan atau sumber tenaga kerja untuk mendapat balas jasa atau upah/gaji.
  3. Menawarkan model miliknya untuk memperoleh bunga sebagai balas jasa.
  4. Menawarkan keahliannya atau memakai keahlian yang dimiliki untuk mendapat balas jasa yang disebut belahan keuntungan atau keuntungan (usaha).

 Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi  15 Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi

Peran Rumah Tangga Konsumen/Konsumsi

Berdasarkan cara diatas rumah tangga konsumen berperan diantaranya sebagai berikut:

  1. Menyerahkan atau menyediakan faktor produksi.
  2. Mengkonsumsi barang dan jasa.
  3. Mendapatkan imbalan atau balas jasa dari faktor produksi yang dimiliki. Imbalan yang dimaksud bisa berupa upah tenaga untuk faktor-faktor produksi, sewa untuk tanah, bunga untuk modal dan keuntungan untuk usaha.

Baca juga: [Lengkap] Contoh Circular Flow Diagram 2, 3 dan 4 Sektor Serta Penjelasannya

Rumah Tangga Produksi/Produsen

Jadi, Apakah yang dimaksud dengan perusahaan? Adakah perusahaan di tempat Anda tinggal? Bagaimana hubungan perusahaan dengan rumah tangga keluarga?

Tahukah Kamu?

Perusahaan merupakan pelaku aktivitas ekonomi yang melaksanakan kegiatan produksi melalui meningkatkan kegunaan suatu barang.

Contohnya mengubah kayu yang berupa balok untuk dijadikan sebagai perabot rumah tangga. Untuk mengubah kayu tersebut diharapkan alat-alat ibarat gergaji, tukang kayu, cat dan paku dan lainnya.

Alat yang dihimpun untuk meningkatkan kegunaan barang dalam teori ekonomi disebut faktor produksi atau sumber daya ekonomi. Faktor produksi tersebut sangat penting dalam proses produksi dalam untuk menghasilkan output suatu barang atau jasa.

 Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi  15 Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi

Peran Rumah Tangga Produsen

Berdasarkan deskripsi di atas, maka kiprah rumah tangga produksi atau perusahaan yakni diantaranya:

  1. melakukan aktivitas produksi barang dan jasa, dengan cara mengolah faktor produksi yang diperoleh dari rumah tangga konsumen.
  2. Membayar imbalan atas penggunaan faktor produksi.
  3. Menjual hasil produksi kepada rumah tangga konsumen.
  4. Menerima pembayaran atas penjualan barang dan jasa.

Baca juga: 7 Masalah Pokok Ekonomi di Indonesia dan Cara Mengatasinya

Rumah Tangga Pemerintah

Pemerintah dalam perekonomian berperan menurut motif ekonomi yaitu motif mencari penghasilan guna kepentingan umum. Dengan kata lain aktivitas ekonomi pemerintah berbeda dengan rumah tangga konsumen keluarga atau produsen di perusahaan yang aktivitas usahanya bermotif private ekonomi (berguna untuk diri sendiri).

 Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi  15 Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi

Peran Rumah Tangga Pemerintah

Jadi kiprah pemerintah dalam aktivitas ekonomi adalah:

  1. Mengeluarkan undang-undang peraturan dan kebijakan yang tujuannya mengumpulkan dana dari masyarakat. Contohnya melalui pemungutan pajak dari perusahaan atau rumah tangga konsumsi.
  2. Membeli aneka macam kebutuhan pemerintah untuk menyiapkan sarana dan prasarana guna kepentingan umum (public goods). Contohnya yakni aktivitas keamanan pendidikan dan jalan raya
  3. Melakukan aktivitas eksklusif melalui tubuh perjuangan milik negara bumn. Contohnya menyediakan tenaga listrik, pertambangan, perbankan dan menjalin hubungan ekonomi dengan negara lain.

Perusahaan milik negara dikelompokkan menjadi 2, yaitu Perusahaan Umum Perum dan Perusahaan Perseroan.

  1. Perusahaan Umum. Contoh perusahaan Perum yakni Perum Pegadaian, Perum Perumnas. Di negara Indonesia ada Sekitar 32 perusahaan umum.
  2. Perusahaan Perseroan. Menjalankan perjuangan ibarat swasta. Contohnya PT Perkebunan PT Pelni Jasa Marga PT Garuda dan lainnya.

Peran Pemerintah

Selain menjaga bertanggung jawab terhadap kesejahteraan rakyat, tata tertib dan keamanan, pemerintah juga mempunyai kiprah seperti:

  1. Menyediakan prasarana produksi. Contohnya pengangkutan umum air minum jalan-jalan umum listrik sekolah rumah sakit dan lain.
  2. Merangsang produksi melalui pajak dan subsidi.
  3. Mengawasi peredaran jumlah uang.
  4. Menyediakan gosip misalnya melalui belahan statistik harga riset dan penerangan.
  5. Mengatur perekonomian lewat peraturan atau pengawasan serta perizinan.
  6. Menjalankan sendiri beberapa perusahaan.

Baca juga: Pengertian, Contoh dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna [Lengkap]

Peran Masyarakat Luar Negeri (Masyarakat Internasional)

Manusia sebagai makhluk sosial, tidak bisa hidup tanpa kehadiran orang lain. Kita tidak akan bisa mencukupi semua kebutuhan kita tanpa derma orang. Begitupun dengan negara, yang tidak bisa mencukupi seluruh kebutuhan warga negaranya. (Baca juga: Alat dan Cara Pembayaran Internasional (Tunai, Open Account)

Artinya negara membutuhkan kehadiran negara lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya.

 Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi  15 Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi

Peran Masyarakat Luar Negeri

Jadi peran masyarakat luar negeri sebagai pelaku ekonomi yakni untuk menjalin kerjasama dibidang ekonomi, dengan tujuan mencukupi kebutuhannya sendiri.

Caranya dengan melaksanakan aktivitas yang dinamakan ekspor/impor barang dan jasa. Kegiatan tersebut tercatat pada daftar yang disebut neraca perdagangan dan seluruh kemudian lintas pembayaran dicatat dalam daftar yang disebut neraca pembayaran.

Demikianlah pembahasan Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan terimakasih banyak atas kunjungannya. 🙂

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1. 8 Konsep Pendapatan Nasional Serta Contoh dan Manfaatnya
  2. [Lengkap] 24 Objek Pajak Penghasilan PPh dan Contohnya
  3. Pengertian Pasar Monopoli, Ciri Ciri Dan Contohnya Serta Kelebihan Dan Kekurangan
  4.  7 Permasalahan Ekonomi Makro dan Mikro + Contohnya
  5. [Terbaru] Pengertian Letter of Credit (L/C) + Dokumen, Proses dan Jenisnya

Sumber http://www.akuntansilengkap.com


EmoticonEmoticon