Kamis, 26 April 2018

Pengertian Router Mikrotik Dan Fungsinya

Pengertian Router Mikrotik dan Fungsinya - Sebagai perangkat keras jaringan sangat penting untuk kita ketahui. Saat ini, perkembangan internet begitu pesat. Dari awal sejarahnya, yang awalnya menyebarkan internet pertama pada tahun 1969 ialah ARPA yang dikembangkan oleh militer Amerika untuk keperluan militer.

Dalam perkembangan awalnya, internet dipakai hanya untuk militer, sebelum kemudian mulai dipakai untuk dua tujuan: militer yang memakai MILISET dan ARPANET yang lebih kecil dipakai untuk kepentingan umum.

Keduanya mendapat desain DARPANET yang kemudian disederhanakan menjadi internet. Itulah sejarah internet secara singkat. Saat ini, hampir semua orang di dunia bisa memakai internet dimanapun mereka berada.

Apa itu Router?
Dalam perkembangan internet di dunia, kemudian ditemukan sebuah alat yang bertugas mengirim paket data melalui jaringan yang berbeda ke jaringan lain atau bertugas mengirimkan paket data di Internet yang mendapat sebutan Router.

Bahasa router berarti kendala atau pengenalan. Makara ia bertugas sebagai penghubung antara satu jaringan ke jaringan lain.

Lebih lengkap silahkan baca:
Pengertian Router dan Fungsinya
Jenis Jenis Router
Perangkat Jaringan Komputer

Perbedaan router dan switch
Di internet, selain router, ada tool lain berjulukan switch yang mempunyai fungsi yang sama dengan router. Tapi sebetulnya keduanya sama-sama berbeda.

Jika ruoter ialah penghubung antara jalan, switch ialah jalannya sendiri. Jadi, switch biasanya dipakai untuk LAN (Local Area Network).

Berbagai Router
Secara garis besar, router dibagi menjadi 2, yaitu;

a. Router statis (router statis).
Router jenis ini ialah router yang mempunyai kabel routing statis yang diset secara manual oleh direktur jaringan.

b. Dynamic Router (router dinamis).
Tipe kedua ialah tipe router yang mempunyai dan membuat dynamic routing table. Ini mempunyai fungsi ganda untuk mendengarkan kemudian lintas jaringan dan bersamaan dengan router lainnya.

Router berbeda dengan Bridge
Secara garis besar, router dan jembatan mempunyai fungsi yang sama untuk menghubungkan jaringan. Namun, mereka mempunyai ruang kerja yang berbeda.

Router biasanya memakai lapisan ketiga pada model OSI (lapisan jaringan) dan memakai denah alamat IP, sedangkan bridge memakai lapisan kedua pada model OSI (data link layer) dan memakai MAC Address skeman.

Produsen router
Router ini diproduksi oleh beberapa perusahaan. Perusahaan yang memproduksi router meliputi:

2Wire
3Com
Adtran
Alcatel
Apple Computer
Asus
Belkin
Teknologi Bufallo
Milyar
NGARAI
Dan ada banyak produsen router lainnya.

Setelah kita membahas ihwal router, kita akan membahas ihwal mikrotik secara sederhana.

Apa itu mikrotik?
Miktrotik sebetulnya ialah salah satu istilah di dunia internet yang berasal dari nama perusahaan yang berasal dari Latvia berjulukan MikroTikls.

Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan alat yang bekerjasama dengan dunia internet. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1995 ini menyebarkan teknologi router dan sistem wireless ISP.

MikroTikls begitu menguasai semua router perdagangan di seluruh dunia terutama di Indonesia. Maka tak heran jikalau banyak pakar IT di negara kita yang menyinggung istilah Miktrotik.

Pengertian Router Mikrotik dan Fungsinya Pengertian Router Mikrotik dan Fungsinya
Pengertian Router Mikrotik dan Fungsinya


Apa yang dikembangkan MiktroTikls?
Perusahaan menyebarkan perangkat keras komputer dan perangkat lunak untuk dunia internet. Dalam hal perangkat keras, mereka membuat dan menyebarkan router, switch, antena, dan perangkat keras lainnya yang bekerjasama dengan internet sehingga gampang ditemukan di pasaran.

Sementara dalam kasus perangkat lunak, mereka menyebarkan banyak perangkat lunak yang mendukung perangkat keras yang mereka kembangkan dan juga mendukung perkembangan dunia internet ketika ini.

Perangkat lunak yang mereka kembangkan yang mempunyai pangkat paling terkenal sebagai software world internet ialah Mikrotik RouterOS atau Mikrotik Router.

Apa itu Router Mikrotik?
Router mikrotikRouter Mikrotik atau Mikrotik RouterOS, ialah sistem operasi berbasis linux. Sistem operasi ini berkhasiat untuk mengubah komputer menjadi router jaringan.

Fungsi Mikrotik Router?
Sistem operasi ini mempunyai fungsi utama sebagai router jaringan, selain itu juga mempunyai beberapa fungsi lain yang berkhasiat untuk menjalankan beberapa aplikasi, yaitu;

1. Menjalankan kapasitas saluran aplikasi atau administrasi bandwidth.
Sebuah aplikasi yang mengatakan berapa banyak data yang bisa dilalui router untuk terhubung pada perangkat internet lainnya. Mikrotik mempunyai fungsi untuk mengatur kapasitas saluran tersebut dan melihat trafik pada bandwidth tersebut.

2. Menjalankan aplikasi firewall.
Seperti yang Anda tahu, fungsi firewall sebagai pelindung jaringan dan komputer yang terlibat dalam jaringan. Mikrotik Router mempunyai kemampuan untuk mengatur firewall Anda sehingga Anda tahu mana yang bisa masuk ke jaringan Anda dan mana yang berbahaya bagi jaringan di komputer Anda.

3. Menjalankan aplikasi WiFi
Seperti yang Anda tahu, wifi kini jadi tersebar luas di banyak tempat. Namun, untuk menyiapkan siapa saja yang mungkin mempunyai saluran ke jaringan WiFi, niscaya ada sistem operasi yang mengaturnya. Mikrotik Router mempunyai kemampuan ini.

4. Menjalankan sistem hotspot.
Kurang lebih mempunyai fungsionalitas yang sama menyerupai WiFi. Hotspot lebih condong ke daerah yang mempunyai WiFi. Dengan memakai Mikrotik Router, maka Anda bisa mengakses WiFi dari laptop atau gadget lain tanpa kabel.

Baca juga:
Pengertian Wifi dan Fungsinya
Cara Memblokir Pengguna Wifi
Cara Daftar Wifi Id

Selain empat fungsi yang ada diatas, Router Mikrotikr mempunyai banyak fungsi lain yang lebih kompleks. Kurang lebih, segala hal yang bekerjasama dengan jaringan internet, Mikrotik RouterOS mempunyai kemampuan untuk mengakses segala sesuatu yang utuh.

Demikian artikel ihwal Mikrotik Router Function. Semoga bermanfaat
Sumber http://www.pintarkomputer.org/


EmoticonEmoticon