Jumat, 11 Mei 2018

Apa Itu Vertigo | Mengenal Apa Itu Vertigo Posisional

Apakah vertigo posisional itu?
Vertigo posisi atau Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV) merupakan gangguan yang sering terjadi yang mengakibatkan episode-episode singkat vertigo pada perubahan posisi kepala yang menstimulasi kanalis semisirkularis posterior di indera pendengaran cuilan dalam. 
  1. Seseorang tiba-tiba merasa dirinya atau lingkungan sekitarnya berputar ketika ia menggerakan kepalanya
  2. Seseorang sanggup merasa mual dan muntah, serta bola matanya sanggup bergerak abnormal
Vertigo merupakan suatu sensasi berputar yang khas. Seseorang dengan vertigo akan merasa dirinya, lingkungannya, atau keduanya bergerak atau berputar.

Apakah penyebab dari vertigo posisional?

Perubahan posisi kepala, terutama ketika membalikkan kepala di bantal ketika hendak bangkit tidur pagi hari, atau ketika mendongakkan kepala ketika meraih rak tinggi, merupakan pemicu paling banyak terjadinya serangan ini. BPPV biasanya terjadi sebab partikel kalsium yang normalnya terjapat pada cuilan tertentu di indera pendengaran cuilan dalam (utrikulus dan sakulus) berpindah ke cuilan lain di indera pendengaran cuilan dalam (yaitu ke kanalis semisirkularis posterior).

Apa saja tanda-tanda dari vertigo posisional?

Pada BPPV akan terjadi episode-episode singkat vertigo. Seseorang dengan vertigo akan merasa dirinya, lingkungannya, atau keduanya bergerak atau berputar. Vertigo jenis ini sanggup menakutkan, tetapi biasanya tidak berbahaya dan hilang dengan sendirinya. Serangan sanggup disertai dengan rasa mual, muntah, dan gerakan abnormal bola mata tertentu (nystagmus). Episode vertigo dimulai 5-10 detik sehabis gerakan kepala dan berlangsung kurang dari satu menit. Serangan biasanya mereda dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu. Terkadang, serangan sanggup menetap untuk beberapa bulan dan sanggup mengakibatkan kehilangan cairan tubuh sebab adanya mual dan muntah. Tidak terjadi bising (tinitus) atau hilangnya pendengaran.

Apa saja pengobatan untuk vertigo posisional?

BPPV gampang untuk diobati. Partikel-partikel sanggup dikeluarkan dari kanalis semisirkularis posterior dan kembali ke kawasan asalnya. Reposisi partikel ini dibentuk dengan melaksanakan manuver Epley. Manuver ini segera menyembuhkan vertigo pada sekitar 90% penderita. Pengulangan manuver ini sanggup menyembuhkan sekitar 5% penderita lainnya. Pada beberapa orang, vertigo sanggup muncul kembali. Jika hal ini terjadi, manuver ini sanggup kembali dilakukan. Seseorang sanggup diajari untuk melaksanakan manuver ini sendiri di rumah jikalau seandainya vertigo muncul kembali. Pada sekitar 5% penderita yang tidak sembuh dengan manuver ini, sanggup diberikan obat-obatan.

Pada perkara yang jarang, pembedahan diperlukan. Terkadang kanalis horizontal terkena, dan berguling menyerupai batang kayu sanggup mengurangi gejala.

Ingin mengetahui perihal pengobatan vertigo posisional memakai bangku epley? Silahkan baca di sini

Ingin tahu gosip lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya eksklusif ke dokter di fitur Tanya dokter sekarang

Sumber http://pendidikansrg.blogspot.com


EmoticonEmoticon