Minggu, 13 Mei 2018

Cara Menjinakkan Kacer Dengan 3 Langkah Akurat Ada Di Sini !!!

Ini beliau tips cara menjinakkan kacer – Nah, Bagi Anda penggemar burung kicau kacer tentunya pernah mengalami susahnya menjinakkan burung yang giras. Burung kacer biasanya hidup dalam lingkungan alam bebas. Seperti di hutan. Di alam bebas kacer tidak pernah berinteraksi dengan manusia, maka jikalau dipelihara kacer akan giras.


Ingin menjodohkan kacer Anda? Baca dulu : Cara Menjodohkan Kacer Bagi Peternak Pemula..


Burung kacer yang giras jikalau Anda pelihara di dalam sangkar , kadang  akan memberontak hingga menabrak dinding – dinding jeruji sangkar. Sehingga akan menyebabkan luka pada bab badan burung. Kacer yang giras bisa menjadi stres, tidak mau makan dan hasilnya bisa menyebabkan kematian. Tanpa pernah Anda mendengar kicauan dari sang burung kacer.


 Bagi Anda penggemar burung kicau kacer tentunya pernah mengalami susahnya menjinakkan bur Cara Menjinakkan Kacer Dengan 3 langkah Akurat Ada Di Sini !!!
Kacer Jinak

Dalam tahap perawatan awal hendaknya Anda harus bisa memahami cara menjinakkan kacer yang baik. Apabila Anda salah dalam melaksanakan perawatan maka kacer akan semakin giras. Ketahuilah kondisi burung sebelum melaksanakan perawatan. Karena dalam menjinakkan kacer perlu variasi yang diubahsuaikan dengan kondisi burung kacer tersebut.


Ada beberapa cara menjinakkan kacer yang sering dipakai oleh para penggemar kacer. Atau paling tidak cara menenangkan burung kacer yang gres saja didapatkan dari alam liar ataupun pedagang burung. Memang tidak semua cara menjinakkan kacer sanggup berjalan dengan mulus. Kesabaran ialah kunci utama bagi Anda untuk menjinakkan kacer. Jika dipaksakan maka akan menciptakan kacer stress berat dan sanggup menyebabkan kematian.


Tips Cara Menjinakkan Kacer


Ada beberapa cara menjinakkan kacer yang bisa Anda coba. Berikut kami bagikan tipsnya kepada Anda:


Cara Pertama


Jika Anda gres saja mendapat kacer dari alam bebas dan kacer masih giras, maka tutup sekeliling sangkar dengan memakai koran. Buat lubang berbentuk segi empat persis di depan pintu sangkar. Hal ini dimaksudkan biar Anda gampang untuk mengganti masakan dan minuman. Ajari juga kacer Anda untuk berguru makan voer. Kenapa Anda harus menutup semua sangkar dengan koran? Cara menjinakkan kacer dengan model menyerupai ini dimaksudkan untuk menenangkan kacer dan menciptakan kacer merasa aman. Serta tidak takut lagi dengan lingkungan gila dan tidak takut akan kehadiran manusia.


Artikel terkait kacer : 6 Tips Handal Cara Ternak Burung Kacer…


Setelah itu letakkan sangkar pada daerah yang jelas dan jangan gantung sangkar Anda terlalu tinggi. Kira – kira sebatas kepala Anda saja. Letakkan sangkar pada daerah yang sering dilalui manusia. Biarkan seminggu dan burung jangan dimandikan dahulu. Setelah satu ahad dibiasakan dengan lingkungan barunya maka hal selanjutnya yang Anda lakukan ialah letakkan cepuk di dalam sangkar. Fungsi cepuk ialah untuk berjaga – jaga jikalau kacer merasah gerah maka akan mandi dengan sendirinya di dalam cepuk. Lakukan acara ini selama seminggu.


 Bagi Anda penggemar burung kicau kacer tentunya pernah mengalami susahnya menjinakkan bur Cara Menjinakkan Kacer Dengan 3 langkah Akurat Ada Di Sini !!!
Kacer Belajar Mandi

Seminggu kemudian Anda bisa mencoba untuk membuka epilog sangkar bab kiri. Ini dimaksudkan biar kacer berguru melihat lingkungan yang berada disebelah kiri. Setelah seminggu maka pelindung bab sangkar sebelah kanan yang Anda lepas. Sehingga kacer berguru mengenal lingkungan sebelah kanannya. Seminggu kemudian lepaskan koran bab depan dan belakang. Kemungkinan kacer sudah agak damai akan tetapi masih tetap liar. Rasa takut kepada insan akan berkurang. Biarkan dalam kondisi menyerupai ini selama 2 minggu.


Setelah 2 ahad maka ajarkan burung untuk mandi, caranya ialah dengan memasukkan burung ke keranda mandi burung. Biarkan beberapa menit hingga kacer ingin mandi. Jika kacer menceburkan dirinya kedalam cepuk, itu tandanya bahwa kacer Anda siap dimandikan. Lakukan cara ini 2 kali sehari. Pagi hari pada jam 07.00 dan sore hari pada jam 16.00. Pada malam hari keluarkan burung dari sangkar dan semprot memakai air hangat kuku. Lalu angin – anginkan selama setengah jam. Setelah itu masukkan kacer ke dalam rumah dan tidak perlu dikerodong. Lakukan acara tersebut secara terus menerus. Apabila burung mempunyai mental yang anggun dan tidak ada pasca stress berat sewaktu penangkapan maka dalam waktu sekitar 1 – 2 bulan kacer akan lebih damai dan sudah terbiasa melihat kehadiran manusia. Demikian tips cara menjinakkan kacer yang pertama. 


Cara Kedua


Cara menjinakkan kacer  yang kedua ini memakan waktu yang lebih lama, akan tetapi lebih praktis. Masukkan burung ke dalam sangkar yang mempunyai jeruji rapat. Lalu tempelkan sangkar pada paku yang telah melekat di dinding rumah Anda. Ketinggian paku kira – kira sejengkal di atas kepala Anda. Berikan makan dan minum pada kacer tanpa menurunkan sangkar. Mandikan kacer sekali seminggu di dalam sangkar. Kemudian jemur sebentar dan tepelkan kembali sangkar ke dinding rumah Anda.


Sama dengan cara yang pertama, jikalau kacer Anda mempunyai mental yang anggun maka dalam waktu 2 – 3 bulan kacer akan terbiasa dengan lingkungan sekitarnya dan kehadiran manusia.


Cara Ketiga


Cara menjinakkan kacer yang ketiga ialah dengan mengajari kacer Anda untuk memakan voer. Ajari selama seminggu kacer untuk memakan voer. Diharapkan selama seminggu tersebut kacer akan terbiasa mengkonsumsi voer. Setelah kacer terbiasa dengan pakan voer maka setiap pagi keluarkan voer dari sangkar. Jangan beri makan kacer hingga siang. Kira – kira hingga jam 1 siang. Setelah jam 1 siang maka berikan 2 ekor jangkrik. Setelah jangkrik habis dimakan maka masukkan kembali voer ke dalam sangkar. Gantunglah sangkar burung kacer Anda di teras rumah dan kondisi jangan terlalu ramai. Lakukan hal tersebut untuk keesokan harinya. Secara terus menerus hingga kacer jinak. Cara menjinakkan kacer di atas kadang berhasil dalam waktu yang singkat. Kadang pula memakan waktu yang lama.


 Bagi Anda penggemar burung kicau kacer tentunya pernah mengalami susahnya menjinakkan bur Cara Menjinakkan Kacer Dengan 3 langkah Akurat Ada Di Sini !!!
Pemberian Pakan Jangkrik

Dari semua cara menjinakkan kacer di atas. Silahkan Anda coba sesuai dengan cita-cita dan kemampuan Anda. Saran dari kami ialah biarkan proses menjinakkan kacer berjalan alami. Jangan paksakan kacer Anda untuk secepatnya menjadi jinak. Cara yang cepat untuk menjinakkan kacer justru akan menciptakan burung kacer Anda menjadi stres dan bisa mengalami kematian.


Ingin ternak kacer sukses? Beli Ebook Kami Tentang : Cara Beternak Kacer dan Pemasteran Jitu Burung Jawara. Dapatkan Penawaran Spesialnya…


Sumber gambar: kicauttamblang,merawatburung,kicaumania,facebook,google


 


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com


EmoticonEmoticon