Sabtu, 12 Mei 2018

Klasifikasi Dan Morfologi Rambutan Secara Lengkap

Klasifikasi dan Morfologi Rambutan Secara Lengkap


Sedulurtani.com. Siapa yang tidak kenal dengan buah rambutan? Rambutan merupakan buah yang terkenal dan banyak digemari oleh masyarakat alasannya rasanya yang bagus dan menyegarkan.


Rambutan merupakan buah-buahan tropis dengan iklim basah. Tanaman ini berbentuk pohon dengan tinggi sanggup mencapai 7 meter bahkan lebih.


Sumber genetik dari flora rambutan berasal dari Malaysia, Kalimantan, dan juga Sumatra. Di Kalimantan Timur bab pedalaman, begitu banyak ditemukan spesies liar dari flora rambutan.


Sementara itu, sekarang rambutan telah menyebar di aneka macam negara seperti, Filipina, Thailand, Vietnam, dan negara-negara tropik lainya.


Rambutan sering ditanam di halaman atau pekarangan rumah untuk memperteduh halaman. Dan ada juga yang ditanam dalam bentuk tabulampot, selain dinikmati alhasil juga ada nilai estetikanya.


Untuk mengenal lebih terang perihal flora rambutan, maka pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin membuatkan gosip perihal Klasifikasi dan Morfologi Rambutan Secara Lengkap.


Klasifikasi dan Morfologi Rambutan Secara Lengkap Klasifikasi dan Morfologi Rambutan Secara Lengkap
Klasifikasi dan Morfologi Rambutan Secara Lengkap


Berikut ini ialah penjabaran dari flora rambutan :




















































KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Infra KingdomStreptophyta
Super DevisiEmbryophyta
DivisiTracheophyta
Sub DevisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
Super OrdoRosanae
OrdoSapindales
FamiliSapindaceae
GenusNephelium L.
SpesiesNephelium lappaceum L.

Setelah Anda mengetahui penjabaran dari flora rambutan, maka selanjutnya yaitu morfologinya. Perlu kita ketahui bahwa flora rambutan mempunyai jenis yang cukup banyak, menyerupai halnya rambutan binjai, sinyonya, cimacan, dan juga rambutan aceh lebak bulus. Berikut ini ialah morfologi dari flora rambutan (Naphelium lappaceum L.):


1. Morfologi Akar

Tanaman rambutan mempunyai akar tunggang dan juga akar samping. Akar rambutan berwarna coklat dengan serabut akar yang berfungsi untuk menyerap air dan juga mineral dari dalam tanah.


Terdapat juga tudung akar yang mempunyai kegunaan untuk melindungi akar dari kerusakan ketika menembus tanah.


2. Morfologi Batang

Tanaman rambutan sanggup tumbuh dengan ketinggian mencapai 15m bahkan lebih. Batang flora ini mempunyai bentuk lingkaran tidak beraturan dengan warna coklat dan diameternaya sanggup mencapai 40-60 cm. Batang flora ini memliki tekstur yang keras dan tidak rata, serta termasuk flora berumur panjang. Tanaman rambutan mempunyai cabang yang banyak dengan arah cabang cenderung horizontal.


3. Morfologi Daun

Tanaman rambutan mempunyai daun jenis beragam berselang-seling dengan ukuran kecil dan panjang, serta pada bab ujungnya runcing.


Daun flora ini berwarna hijau dengan panjang antara 7-20 cm dan lebar 3-8cm. Daun rambutan mengandung minyak terpentin, sehingga mempunyai sifat gampang terbakar meskipun masih berwarna hijau.


4. Morfologi Bunga

Bunga rambutan mempunyai dimater sekitar 5mm dan terdapat pada rangkaian yang muncul pada bab ujung cabang. Selain itu juga terdapat kelopak bunga yang berfungsi untuk melindungi bungaketika masih kuncup.


Dalam bunga rambutan juga terdapat mahkota, benang sari, dan juga putik. Dimana benang sari terdiri dari tangkai sari, kepala sari, dan juga serbuk sari, sedangkan putik terdiri dari bakal putik, tangkai buah, dan bakal biji.


Tanaman rambutan mempunyai tiga macam bunga, yaitu bunga jantan, bunga betina, dan juga bunga tepat (hermafrodit). Penyerbukan flora ini terjadi secara silang dengan pinjaman lebah lanceng (trigonoid).


5. Morofologi Buah

Buah rambutan mempunyai bentuk lingkaran sampai lingkaran memanjang dengan kulit yang penuh dengan rambut, ada yang berambut agak panjang dan pendek. Buah ini mempunyai kulit berwarna hijau ketika masih muda dan akan bermetamorfosis warna kuning, jingga, sampai merah ketika sudah matang.


Buah rambutan mempunyai panjang antara 4-5cm, dengan daging buah tebal berwarna putih kekuningan dan berair. Rasa buah rambutan asam sampai bagus sekali serta menyegarkan penikmatnya.


6. Morfologi Biji

Biji buah rambutan berbentuk elips dan diselimuti oleh daging buah yang cukup tebal. Biji ini mempunyai warna putih agak keruh, dan pada biji ini diselimuti sejenis kayu yang sangat tipis.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Rambutan Secara Lengkap. Semoga sanggup menjadi tumpuan bagi Anda yang sedang mencari gosip terkait flora rambutan.



Sumber https://www.sedulurtani.com


EmoticonEmoticon