Senin, 14 Mei 2018

Macam Macam Software 3D Animation

Macam Macam Software 3D Animation - Perangkat lunak pengolah gambar tiga dimensi yaitu salah satu perangkat lunak wajib yang harus dimiliki perancang. Namun, bukan berarti orang selain desainer profesional sebaiknya tidak memakai software tersebut.

Bagi Anda yang ingin membuat gambar atau desain tiga dimensi baik untuk kiprah sekolah atau sekedar proyek langsung Anda, perangkat lunak tiga dimensi juga bisa dipakai tanpa menjadi profesional terlebih dahulu.

Ada banyak perangkat lunak pengolah gambar tiga dimensi yang bisa Anda gunakan di komputer langsung atau laptop Anda. Beberapa dari mereka dibayar, dan beberapa di antaranya bisa Anda gunakan secara gratis.

Bagi Anda yang resah mengenai apakah atau tidak untuk mengetahui perangkat lunak tiga dimensi yang sanggup Anda gunakan untuk memproses gambar atau gambar tiga dimensi, daftar jenis perangkat lunak 3D di bawah ini bisa membantu Anda untuk memilihnya.

1. AutoCAD

 Perangkat lunak pengolah gambar tiga dimensi yaitu salah satu perangkat lunak wajib yang Macam Macam Software 3D Animation
Macam Macam Software 3D Animation
AutoCAD yaitu salah satu perangkat lunak perancangan yang terkenal di kalangan arsitek atau desainer interior. Perangkat lunak ini bahkan menjadi salah satu perangkat lunak yang harus dikendalikan oleh para insinyur di semua insinyur profesi menyerupai insinyur arsitektural, insinyur sipil, elektrik, aeronautika, dan sebagainya.

Kata CAD berasal dari kependekan dari desain berbantuan komputer, yang menawarkan bahwa komputer dipakai sebagai alat untuk membuat desain tertentu. Software ini dikembangkan oleh Autodesk, oleh alasannya itu namanya AutoCAD.

AutoCAD, simpel yaitu perangkat gambar menyerupai pena gambar, meja gambar, dan sebagainya, yang terkandung dalam bentuk digital.

Beberapa keunggulan AutoCAD antara lain kepraktisan, kemudahan, dan kecepatan dalam menggambar dan mengedit sehingga gambar juga bisa dibentuk lebih cepat.

Selain itu, AutoCAD juga mempunyai tingkat ketepatan atau akurasi yang sangat tinggi hingga angka sembilan byte. Gambar yang dicetak dengan AutoCAD akan benar-benar higienis dan rapi.

Ada banyak ukuran skala yang bisa dipilih, dan ada begitu banyak ruang kerja yang mencapai 1.099 koordinat sehingga pengguna bisa membuat gambar yang sangat besar sekaligus di daerah yang sama, namun bisa dicetak kepingan dari kepingan dengan skala yang tepat.

Hasil gambar dari aplikasi ini juga gampang direvisi tanpa perlu menarik dari awal lagi. Karya AutoCAD bisa diterima atau dibuka dengan agenda aplikasi lain.

2. ArchiCAD
 Perangkat lunak pengolah gambar tiga dimensi yaitu salah satu perangkat lunak wajib yang Macam Macam Software 3D Animation
Macam Macam Software 3D Animation
Seperti namanya, software yang satu ini yaitu perangkat lunak CAD yang dirancang khusus untuk membuat gambar atau desain bidang arsitektural. Perintah yang ada pada perangkat lunak ini mencakup elemen bangunan menyerupai kolom, balok, pelat, atap dan sebagainya.

Dengan sistem ini, maka software ini sangat unggul ketika dipakai untuk membuat desain bangunan menyerupai rumah, ruangan, dan sebagainya.

Ada beberapa hal yang mengakibatkan mengapa perangkat lunak ini ditampilkan di bidang arsitektur, itu alasannya preset ada disana, atau perpustakaan yang ada dibentuk semaksimal mungkin sesuai dengan kebutuhan desain bangunan.

Selain itu, software ini juga mendukung objek parametrik sehingga memudahkan bila dibutuhkan proses perubahan kepingan desain tertentu alasannya objek lainnya akan beradaptasi dengan otomatis.

Ada beberapa hal yang mengakibatkan software ini menjadi salah satu perangkat lunak yang sering dipakai untuk membuat desain arsitektur. Beberapa diantaranya termasuk fasilitas dalam membuat dan mengedit desain lantai sebuah bangunan, fasilitas dalam membuat output baik dua dimensi maupun tiga dimensi.

Presentasi juga bisa dilakukan dengan gampang alasannya dilengkapi dengan perender yang baik untuk menghasilkan output render yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Software ini juga mendukung bahasa GDL atau Geometric Description Language, yang merupakan bahasa pemrograman khusus yang dipakai untuk membuat atau mendesain objek dengan memanfaatkan bahasa kode, sehingga output output akan sangat kecil dan membuatnya lebih gampang untuk berkembang biak.

3. 3D Studio Max
 Perangkat lunak pengolah gambar tiga dimensi yaitu salah satu perangkat lunak wajib yang Macam Macam Software 3D Animation
Macam Macam Software 3D Animation

Aplikasi satu ini banyak dipakai untuk membuat grafik vektor tiga dimensi dan animasi yang juga berasal dari Autodesk. Ini pernah dikembangkan oleh 3D Studio untuk DOS, untuk platform Win32.

Sejak diakuisisi oleh Autodeskt, software ini telah meluncurkan rilis rilis hingga versi 9.

Banyak desainer grafis, pemodel profesional, dan pekerja di dunia desain memakai perangkat lunak ini untuk membantu pekerjaan mereka.

Pekerjaan berkualitas baik, realisitk, dengan keteduhan dan pencahayaan yang akurat mengakibatkan aplikasi ini salah satu pilihan utama.

Selain dilema pemodelan, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk memproduksi atau membuat film animasi, desain rumah arsitektur, logo perusahaan dan kepingan lainnya.

Film berkualitas dunia menyerupai The Matrix, X-Men, dan sebagainya memakai aplikasi ini untuk membuat film. Selain itu, aplikasi ini juga dipakai dalam pembuatan aplikasi game, salah satunya yaitu Guitar Hero I dan II yang dirilis untuk konsol Playstation 2.

Ada banyak kelebihan yang ada pada aplikasi ini, namun beberapa hal yang membuatnya menonjol diantara kelebihan lainnya dalam membuat objek virtual tiga dimensi yang realistis.

Kemampuan memberi kesan material mendekati materi aslinya menyerupai batu, tanah atau kayu juga menjadi salah satu kelebihan dari aplikasi ini. Pengguna juga bisa memberi efek khusus pada hasil tamat menyerupai efek cahaya atau bayangan, dan efek lainnya menyerupai api atau petir.

4. Google SketchUp
 Perangkat lunak pengolah gambar tiga dimensi yaitu salah satu perangkat lunak wajib yang Macam Macam Software 3D Animation
Macam Macam Software 3D Animation
Perangkat lunak pengolah gambar tiga dimensi ini berasal dari salah satu perusahaan paling sukses di dunia, Google. Google SketchUp yaitu perangkat lunak tiga dimensi yang bisa membuat gambar tiga dimensi dengan cepat dan simpel dan tidak memerlukan sumber daya yang berat untuk dijalankan. Software ini relatif gampang dipelajari oleh orang awam sekalipun.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan SketchUp, mulai dari membuat desain rumah, membuat desain bangunan bahkan hingga ke desain perkotaan.

SketchUp juga mempunyai perpustakaan online dimana banyak sekali pengguna mend0wnl0ad atau menyebarkan desain yang mereka buat untuk orang lain, menyerupai meja, kursi, bangunan, taman, patung hewan, dan sebagainya.

Makara kalau model tertentu dibutuhkan dan tidak tersedia secara offline, pengguna bisa mencarinya di internet kemudian memasukkannya ke dalam proyek yang sedang mereka kerjakan.

Selain keempat perangkat lunak di atas, jenis perangkat lunak 3D lainnya yaitu sebagai berikut:

Arsitektur Reit
Autodesk Maya
Blender
Maksimum Autodesk 3Ds
Cinema 4D
3D gelombang cahaya
Modo
Senjata nuklir
Autodesk Softimage
Houdini
Bioskop Maxon 4D

Itu macam software 3D yang bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan pengolahan gambar tiga dimensi dalam kehidupan sehari-hari Anda.


Sumber http://www.pintarkomputer.org/


EmoticonEmoticon