Jumat, 11 Mei 2018

Manajemen Pemasaran

Peran Pemasaran dalam Perusahaan dan Masyarakat

Keberhasilan perusahaan mencapai tujuan bisnisnya tergantung pada kemampuan menjalankan fungsi pemasaran sebagai departemen yang penting sebab merupakan fungsi bisnis yang bekerjasama pribadi dengan konsumen. Pemasaran lebih dari hanya sebagai salah satu departemen dalam perusahaan, namun memerlukan suatu proses yang tertib dan berwawasan untuk berpikir perihal perencanaan pasar. Proses yang sanggup diterapkan tidak hanya pada produk dan jasa. Apapun sanggup dipasarkan, ide, kejadian, organisasi, tempat, personal. Proses yang dimulai dengan meriset pasar untuk memahami karakteristik dan sikap konsumen dan untuk mengidentifikasi peluang guna memenuhi kebutuhan dan impian mereka. Hal ini berkaitan dengan segmentasi pasar dan penentuan segmen pasar, dan posisi pasar untuk sanggup secara sempurna memenuhi kebutuhan dan impian konsumen dengan cara yang unggul. Upaya yang sanggup dilakukan yaitu dengan memformulasi taktik pemasaran dan mengimplementasikannya ke dalam pemasaran terpadu (kebijakan harga, produk, distribusi dan promosi) yang lebih rinci. Makara intinya pemasaran terkait dengan acara perencanaan, dan pelaksanaan taktik pemasaran dan penilaian hasil untuk perbaikan-perbaikan lebih lanjut.

Langkah awal yang perlu dilakukan oleh manajer pemasaran yaitu memahami kebutuhan konsumen. Kebutuhan setiap orang berbeda-beda, namun dalam kelompok tertentu kebutuhan mereka relatif sama. Perusahaan sanggup melayani kebutuhan semua kelompok konsumen tersebut, atau menentukan satu kelompok yang potensial untuk sanggup dipuaskan kebutuhan dan keinginannya. Proses penentuan kelompok konsumen dan cara memuaskan kebutuhannya tersebut melibatkan banyak sekali konsep dan acara pemasaran. Untuk itu pembahasan akan dimulai dengan pemahaman akan pasar, pemasaran, administrasi pemasaran dan konsep pemasaran. 
https://docs.google.com/document/d/1MaH2YPEXM-MmMSEw_xLekE-o1STZba3gk13NYxmO_VM/edit?usp=sharing

Sumber http://pendidikansrg.blogspot.com


EmoticonEmoticon