Sabtu, 23 Juni 2018

Kegiatan Komunikasi Sebagai Sarana Humas Untuk Meningkatkan Gambaran Faktual Perusahaan Di Mata Publik Internal Dan Eksternal Pt Pln Distribusi X Dan X

(Kode ILMU-KOM-0025) : Tugas Akhir D3 - Kegiatan Komunikasi Sebagai Sarana Humas Untuk Meningkatkan Citra Positif Perusahaan Di Mata Publik Internal Dan Eksternal PT PLN Distribusi X Dan X

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dalam sebuah organisasi, Public Relations atau biasa disebut dengan Humas merupakan salah satu bab / departemen yang mempunyai kiprah bertanggung jawab mendengarkan dan menampung segala kritik, keluhan, ataupun saran dari masyarakat. Bidang Public Relations/ Humas ialah suatu bidang yang sangat luas yang menyangkut kekerabatan dengan banyak sekali pihak. Public Relations/Humas tidak selalu merupakan alat promosi, alasannya ialah dalam kenyataannya masih sering dijumpai salah pengertian perihal Public Relations/Humas. Kebanyakan orang menganggap Public Relations/Humas sekedar menjual senyum, propaganda dengan tujuan memperoleh kemenangan sendiri, atau mendekati pers dengan tujuan memperoleh suatu pemberitaan. Padahal bergotong-royong Public Relations/Humas merupakan hal yang sangat penting yang keberadaannya harus sanggup menyesuaikan sebuah organisasi dengan kebutuhan dan harapan masyarakat.
Kebutuhan tenaga seorang Public Relations/Humas sangat dibutuhkan oleh beberapa perusahaan, terlebih lagi kebanyakan beberapa perusahaan yang cukup besar di Indonesia sangat memerlukan tenaga seorang Public Relations untuk membangun kekerabatan yang baik dengan publik internal maupun publik eksternal.
Kemampuan secara simpel sangat diharapkan dalam kala globalisasi ibarat kini ini yang semuanya serba modern dan memakai teknologi canggih. Tenaga-tenaga yang terampil yang tidak hanya berbekal kemampuan teoritis akan semakin diperhitungkan dan dibutuhkan dalam dunia kerja. Untuk itulah setiap mahasiswa dilatih untuk bisa mempraktekkan segala ilmu yang diberikan pada ketika kuliah ke dalam latihan praktek dunia kerja yang konkret dan salah satunya ialah dengan Kuliah Kerja Media, sebagai salah satu wadah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimilikinya. Kuliah Kerja ini juga dipersiapkan untuk para mahasiswa biar sehabis lulus nantinya sanggup pribadi terjun ke dunia kerja yang sebenarnya.
Sehubungan dengan hal tersebut maka penulis menentukan PT. PLN (Persero) Distribusi X dan X sebagai kawasan untuk mempraktekkan semua teori yang telah di dapatkan di dingklik kuliah dan kawasan untuk menyebarkan kemampuan dalam bidang komunikasi, khususnya pada bidang Public Relations/Humas supaya terampil dan mempunyai wawasan perihal dunia kerja Public Relations.
PT. PLN (Persero) Distribusi X dan X merupakan sebuah perusahaan yang mempunyai Budaya Perusahaan yang terang yang mencakup falsafah, visi dan misi, serta tata nilai perusahaan PT. PLN (Persero) yang bisa mewujudkan wawasan bersama dengan selalu menjunjung tinggi dan menerapkan nilai-nilai, diantaranya :
a. Saling percaya (mutual trust)
b. Integritas (integrity)
c. Peduli (care)
d. Pembelajaran (learner)
Dalam kesempatan ini penulis akan sanggup memahami dan mengetahui bagaimana kiprah dan kiprah seorang Public Relations/Humas dalam menjalankan kiprah kesehariannya. Beban yang dipikul oleh seorang Public Relations/Humas tidaklah ringan alasannya ialah sebagai ujung tombak sebuah perusahaan yang sudah dikenal banyak orang pastilah mempunyai banyak sekali macam permasalahan. Saat menuntaskan sebuah permasalahan perusahaan seorang Public Relations/Humas harus sangat berhati-hati, alasannya ialah segala keputusan yang diambil sangat erat kaitannya dengan kekerabatan baik perusahaan di mata publik eksternal maupun internalnya. Untuk itulah, pada kesempatan ini penulis bermaksud menyusun Tugas Akhir dengan judul “ KEGIATAN KOMUNIKASI SEBAGAI SARANA HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN DI MATA PUBLIK INTERNAL DAN EKSTERNAL PADA PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI X DAN X “

B. Tujuan Kuliah Kerja Media (KKM)
1. Tujuan Umum
Praktek Kuliah Kerja Media (KKM) merupakan persyaratan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa semester final Program Diploma III Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta untuk memenuhi aktivitas proses final perkuliahan yang juga merupakan salah satu syarat kelulusan dan mendapat gelar Ahli Madya.
Dalam kegiatn praktek Kuliah Kerja Media (KKM) ini penulis sanggup menerapkan ilmu pengetahuan yang penulis peroleh selama di dingklik kuliah dalam suasana kerja yang sesungguhnya. Sehingga menurut hasil praktek kerja lapangan maka seterusnya akan disusun dalam bentuk Laporan Praktek Kuliah Kerja Media.
2. Tujuan Khusus
a. Untuk mendapat citra yang konkret perihal dunia kerja yang bergotong-royong sehingga sanggup melatih rasa percaya diri, daya kreativitas serta keberanian bersikap dalam diri setiap mahasiswa dalam menghadapi lingkungan kerja yang kelak akan dihadapi.
b. Dengan Kuliah Kerja Media (KKM) ini mahasiswa bisa menerapkan dan mempraktekkan ilmu-ilmu yang diterima di dingklik kulia dengan terlibat pribadi dalam proses kerja secara konkret pada divisi Humas PT. PLN (Persero) Distribusi X dan X pada khususnya.
c. Dapat mengetahui tugas-tugas penting yang harus dilakukan seorang PR/Humas di sebuah perusahaan.
d. Dapat mengamati, memahami dan melaksanakan banyak sekali macam aktivitas yang berafiliasi dengan Humas PT. PLN (Persero) Distribusi X dan X.
e. Mengetahui sejauh mana kiprah dan fungsi Humas PT. PLN (Persero) Distribusi X dan X.
f. Mengetahui hambatan yang dihadapi selama menjalankan fungsi Humas pada PT. PLN (Persero) Distribusi X dan X.
Sumber http://gudangmakalah.blogspot.com


EmoticonEmoticon