Rabu, 27 Juni 2018

Komponen-Komponen Pada Komputer Dan Fungsinya

 ok eksklusif saja kita simak klarifikasi berikut ini Komponen-Komponen Pada Komputer dan Fungsinya

Pada kesempatan kali ini ayoksinau.com akan menandakan mengenai komponen-komponen pada computer dan fungsinya, ok eksklusif saja kita simak klarifikasi berikut ini.

Motherboard

Motherboard merupakan komponen komputer kawasan kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya contohnya processor, video card, hard disk ,sound card, dan yang lainnya. Motherboard berfungsi guna menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut supaya sanggup saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard mempunyai spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi mirip processor apa yang didukungnya dan juga berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.

Processor

Apabila sebuah komputer diibaratkan sebagai seorang manusia, maka processor ialah otak insan tersebut. Processor atau disebut CPU (Central Processing Unit) merupakan sebuah komponen komputer yang bertugas guna mengeksekusi aba-aba atau melaksanakan perhitungan-perhitungan. Sebelum membeli sebuah processor teman-teman harus mencari tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki pada motherboard kalian, apakah socket AM2, socket LGA 775, atau yang lainnya.

RAM

RAM merupakan kependekan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang mempunyai kegunaan untuk menyimpan data sementara dari suatu aktivitas yang sedang kita jalankan dan juga data-data tersebut sanggup diakses secara acak atau random. Sebelum membeli sebuah RAM sebaiknya kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang dimiliki pada motherboard kalian, apakah SDRAM, DDR, DDR2, atau yang linnya.

Video Card

Video card ini merupakan komponen komputer yang mempunyai kegunaan untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor. Sebelum membeli sebuah video card, kalian tentu  harus mencari tahu terlebih dahulu slot video card apa yang dimiliki pada motherboard kalian, apakah slot PCI, AGP, PCI-X, PCI Express, atau yang lainnya.

Sound Card

Sound card merupakan sebuah komponen komputer yang mempunyai kegunaan untuk menghasilkan bunyi dan menyediakan port-port inputan dan juga outputan. Sound card biasanya telah disediakan secara onboard di motherboard-motherboard gres yang terdapat di pasaran ketika ini, makadari itu, kalian tidak perlu mengeluarkan dana banyak untuk membeli sebuah sound card.

Hard Disk

Hard disk merupakan komponen komputer kawasan kita menyimpan data. Semakin besar kapasitas hard disk yang kita miliki maka semakin banyak juga data yang sanggup kita simpan di komputer kita tersebut. Sebelum membeli hard disk teman-teman harus mencari tahu terlebih dahulu interface hard disk apa yang dimiliki oleh motherboard teman-teman, apakah IDE, SCSI, SATA, dan lain sebagainya.

Optical Disc Drive

Meskipun tanpa sebuah optical disc drive komputer kita sanggup nyala atau berfungsi, akan tetapi rasanya tanpa komponen komputer ini, komputer kita mirip terisolasi dari dunia luar, terisolasi dari dunia luar maksudnya yaitu kita akan kesulitan jikalau suatu ketika ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau pun DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau pun DVD. Optical Disc Drive ini sanggup berupa CD-ROM, DVD-RW, DVD-ROM, Blue-Ray, atau lain sebagainya. Sebelum membeli sebuah optical disk drive teman-teman harus mencari tahu dulu interface apa yang dimiliki oleh motherboard teman-teman, apakah IDE, SATA, dan lain sebagainya.

Monitor

Monitor merupakan komponen komputer yang mempunyai kegunaan untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card. Monitor komputer yang banyak tersedia di pasaran ketika ini ialah monitor CRT (monitor tabung) dan juga monitor LCD, akan tetapi ketika ini kebanyakan orang-orang lebih menentukan memakai monitor LCD (terutama pada kantor-kantor) alasannya yaitu monitor LCD ini selain tampilannya lebih modern, juga mempunyai kelebihan lainnya yaitu ekonomis space dan juga ekonomis listrik.

Keyboard

Keyboard merupakan sebuah komponen komputer inputan yang mempunyai kegunaan sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu. Selain keyboard standard, keyboard komputer ketika ini mempunyai model bermacam-macam, contohnya keyboard mini, keyboard fleksibel yang sanggup dilipat, keyboard wireless yang memakai bluetooth, atau lain sebagainya.

Mouse

Mouse merupakan komponen komputer inputan yang beguna untuk menggerakan cursor di layar monitor kita dan juga untuk meng-klik sesuatu mirip tombol-tombol di sebuah aktivitas aplikasi. Mouse juga majemuk modelnya, ada mouse standard, mouse untuk keperluan gaming, dan mouse wireless yang memakai bluetooth, atau lain sebagainya.

Power Supply

Ibarat sebuah kendaraan beroda empat yang tidak sanggup berjalan jikalau tidak mempunyai materi bakar, maka sebuah komputer pun tidak akan sanggup nyala atau berfungsi jikalau tidak mempunyai power supply atau PSU (Power Supply Unit) ini. Power supply merupakan sebuah komponen komputer yang berfungsi guna mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya contohnya motherboard, hard disk, optical disk drive, atau lain sebagainya.

Casing

Casing komputer merupakan sebuah komponen komputer yang mempunyai kegunaan sebagai kawasan kita meletakkan atau menempelkan motherboard, optical disc drive, power supply, hard disk, atau lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga dengan form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu pada form factor motherboard yang didukungnya.

Demikian lah artikel dari ayoksinau.com mengenai Komponen-Komponen Pada Komputer dan Fungsinya, semoga manambag wawasan anda semua nya.

baca juga artikel dibawah ini:

 


Sumber https://www.ayoksinau.com


EmoticonEmoticon