Rabu, 27 Juni 2018

Menyambut 2019 Dan Prediksi Era Depan

Topik artikel engineer kali ini agak berbeda dari artikel-artikel sebelumnya. Bila sebelumnya banyak menyingggung hal yang bersifat teknis, untuk artikel ini akan lebih membahas apa yang akan terjadi di beberapa tahun ke depan. Perlu dicatat bahwa ini hanyalah prediksi yang tidak 100 persen akurat. Namun, dengan melihat perkembangan sejauh ini, beberapa hal sanggup menjadi refleksi dan pertimbangan. Banyak isi goresan pena ini menurut aneka macam sumber.

  1. Diprediksi bahwa suatu ketika bengkel-mobil akan hilang, penjelasannya ada di point selanjutnya.
  2. Saat ini sebuah kendaraan beroda empat mempunyai sekitar 20000 cuilan individual. Sedangkan, kendaraan beroda empat listrik mempunyai 20. Mobil listrik dijual dengan jaminan seumur hidup dan hanya diperbaiki oleh dealer. Hanya butuh 10 menit untuk melepas dan mengganti motor listrik.
  3. Bila motor listrik mengalami kerusakan, motor tersebut tidak diperbaiki di dealer tetapi dikirim ke bengkel reparasi regional yang memperbaiki mereka dengan robot.
  4. Karena, semua sudah memakai kendaraan beroda empat listrik, maka tentu saja SPBU (pom bensin) akan hilang.
  5. Meter parkir akan digantikan oleh meter yang mengeluarkan listrik. Perusahaan akan memasang stasiun pengisian ulang listrik. Perlu dicatat bahwa hal ini telah dimulai.
  6. Pabrikan-pabrikan otomotif menganggarkan dana lebih untuk mulai membangun pabrik-pabrik gres yang hanya membangun kendaraan beroda empat listrik.
  7. Suatu ketika industri watu bara akan hilang. Perusahaan bensin atau minyak akan hilang. Pengeboran minyak akan berhenti. Beralih ke energi ramah lingkungan.
  8. Rumah tangga, akan memproduksi dan menyimpan lebih banyak energi listrik di siang hari dan kemudian mereka gunakan dan akan menjualnya kembali ke grid. Grid menyimpannya dan membagi-bagikannya ke industri yang merupakan pengguna listrik tinggi.
  9. Dimungkinkan kendaraan beroda empat langsung ketika ini akan masuk museum. Untuk dikenang.
  10. Sebuah refleksi diri, pada tahun 1998, Kodak mempunyai 170000 karyawan dan menjual 85 persen dari semua kertas foto di seluruh dunia. Hanya dalam beberapa tahun, model bisnis mereka menghilang dan mereka bangkrut. Hal ini tidak terduga oleh mereka sebelumnya.
  11. Apa yang terjadi pada Kodak dan Polaroid akan terjadi di banyak industri dalam 5 sampai 10 tahun ke depan.
  12. Mungkin di Indonesia pada tahun 1998, tidak ada yang berpikir bahwa 3 tahun kemudian, seseorang tidak lagi perlu kamera konvensional. Dengan ponsel cerdas ketika ini, yang bahkan mempunyai kamera.
  13. Catatan, kamera digital diciptakan pada tahun 1975, yang mana hanya mempunyai 10000 piksel, tetapi mengikuti aturan Moore. Kaprikornus ibarat halnya semua teknologi eksponensial, itu ialah kekecewaan untuk beberapa waktu, sebelum menjadi lebih unggul dan menjadi mainstream hanya dalam beberapa tahun yang singkat.
  14. Beberapa insiden sejarah tersebut diprediksi akan terjadi dalam kurun waktu dekat, dengan artificial intelligent, kendaraan beroda empat listrik, robot, pendidikan, 3D printing, pertanian, dan pekerjaan.
  15. Selamat tiba di Revolusi Industri ke-4, Industry 4.0.
  16. Perkambangan teknologi akan menggerus sebagian besar industri tradisional dalam rentang waktu antara 5 sampai 10 tahun mendatang.
  17. Catatan menarik, UBER hanyalah alat perangkat lunak, mereka tidak mempunyai mobil, dan kini perusahaan taksi terbesar di dunia. Hal ini cukup sulit dipercaya bila ditanyakan pada seseorang 10 tahun yang lalu.
  18. Tidak hanya itu, Airbnb kini ialah perusahaan hotel terbesar di dunia, meskipun mereka tidak mempunyai properti apa pun. Sepertinya tidak seorangpun yang menyangka hal ini di 20 tahun yang lalu.
  19. Dengan artificial intelligent, komputer menjadi lebih baik secara eksponensial dalam memahami dunia.
  20. AlphaGo mengalahkan pemain Go professional terbaik, Lee Sedol.
  21. Di USA, pengacara muda sudah tidak mendapat pekerjaan. Karena IBM Watson, Anda sanggup memperoleh nasihat aturan (sejauh ini untuk ketika ini, hal-hal mendasar) dalam hitungan detik, dengan akurasi 90 persen dibandingkan dengan akurasi 70 persen ketika dilakukan oleh manusia.
  22. IBM Watson sudah membantu perawat mendiagnosa kanker, 4 kali lebih akurat daripada perawat manusia.
  23. Facebook kini mempunyai perangkat lunak pengenalan contoh yang sanggup mengenali wajah lebih baik daripada manusia. Diprediksi pada tahun 2030, komputer akan menjadi lebih pandai dari manusia.
  24. Mobil otonom, pada tahun 2018 Mobil self-driving pertama sudah ada. Dalam 2 tahun ke depan, seluruh industri akan mulai terganggu. Seseorang tidak akan ingin mempunyai kendaraan beroda empat lagi sebab orang tersebut akan memanggil kendaraan beroda empat dengan smartphone, itu akan muncul di lokasi orang tersebut dan mengantarnya ke tujuan.
  25. Seseorang tidak perlu repot memarkirkan mobil, beliau hanya akan membayar untuk jarak yang digerakkan dan sanggup menjadi produktif ketika mengemudi. Anak-anak yang sangat muda dan belum berilmu balig cukup akal tidak akan pernah mendapat SIM dan tidak akan pernah mempunyai mobil.
  26. Ini akan mengubah kota-kota, sebab akan membutuhkan 90 sampai 95 persen lebih sedikit mobil. Sehingga, sanggup mengubah bekas ruang parkir menjadi taman.
  27. Diperkirakan, sekitar 1,2 juta orang meninggal setiap tahun dalam kecelakaan kendaraan beroda empat di seluruh dunia termasuk mengemudi terganggu atau mabuk. Sekarang, satu kecelakaan terjadi setiap 60000 mil, namun dengan mengemudi kendaraan beroda empat otonom yang akan turun menjadi 1 kecelakaan dalam 6 juta mil. Itu akan menyelamatkan satu juta jiwa ditambah di seluruh dunia setiap tahun.
  28. Dengan semua perubahan itu, kebanyakan perusahaan kendaraan beroda empat tradisional niscaya akan bangkrut.
  29. Perusahaan kendaraan beroda empat tradisional akan mencoba pendekatan evolusi dan hanya membangun kendaraan beroda empat yang lebih baik, sementara perusahaan teknologi semisal Tesla, Apple, atau Google, akan melaksanakan pendekatan revolusioner dan membangun komputer di atas roda.
  30. Lihatlah apa yang sedang dilakukan Volvo ketika ini. Tidak ada lagi mesin pembakaran internal di kendaraan mereka mulai tahun ini dengan model 2019, memakai semua listrik atau bibit unggul saja, dengan maksud menghilangkan model hybrid secara bertahap.
  31. Banyak engineer dari Volkswagen dan Audi, benar-benar khawatir pada Tesla dan seharusnya begitu. Lihatlah semua perusahaan yang memperlihatkan semua kendaraan listrik. Itu tidak pernah terdengar, hanya beberapa tahun yang lalu.
  32. Perusahaan asuransi akan mengalami problem besar karena, tanpa kecelakaan, biayanya akan menjadi lebih murah. Model bisnis asuransi kendaraan beroda empat mereka akan hilang.
  33. Real estate akan berubah. Karena kalau seseorang sanggup bekerja ketika beliau bepergian, orang akan pindah lebih jauh untuk tinggal di lingkungan yang lebih indah atau terjangkau.
  34. Mobil listrik akan menjadi sesuatu mainstream sekitar tahun 2030. Kota-kota akan kurang bising sebab semua kendaraan beroda empat gres akan berjalan dengan listrik.
  35. Perkotaan akan mempunyai udara yang lebih higienis juga.
  36. Listrik akan menjadi sangat murah dan bersih.
  37. Perusahaan energi fosil berusaha mati-matian untuk membatasi susukan ke grid untuk mencegah persaingan dari instalasi matahari rumah, tetapi itu tidak sanggup terus - teknologi akan mengurus seni administrasi itu.

Sumber http://lang8088.blogspot.com


EmoticonEmoticon