Minggu, 03 Juni 2018

Pengertian Cache Memory Dan Fungsi Serta Manfaatnya

Pengertian Cache Memory dan Fungsi serta Manfaatnya - Apa itu Cache Memory ? Cache memory ialah memori yang sangat erat dengan CPU (processor), semua intruksi terbaru  disimpan di dalam Cache Memory.

Cache Memory di pasang untuk menyimpan input yang diberikan oleh pengguna (anda) dan yang diharapkan oleh CPU untuk melaksanakan tugasnya. Namun kapasitas Cache Memory sangat kecil apabila kita bandingkan dengan Memory Utama dan Hard Disk.

Cache Memory juga disebut memori CPU ialah memori jalan masuk acak ( RAM ) yang menciptakan mikroprosesor sanggup mengakses lebih cepat daripada mengakses RAM biasa. Cache memory biasanya terintegrasi pribadi dengan CPU atau ditempatkan pada Chip terpisah yang mempunyai terpisah bus interkoneksi dengan CPU.

Baca Juga: Perbedaan RAM dan ROM

Cache memory ialah jenis perangkat keras komputer yang mempunyai ukuran kecil dari memori komputer yang gampang menguap yang menyediakan jalan masuk data kecepatan tinggi ke processor.

Pengertian Cache Memory dan Fungsi serta Manfaatnya Pengertian Cache Memory dan Fungsi serta Manfaatnya
Cache Memory

Manfaat Cache memory

Karena cache memory ini terletak di jalur antara prosesor dan memori, maka memori cache mempunyai waktu jalan masuk lebih rendah daripada memori namun lebih cepat dari memori utama. cache memory mempunyai waktu jalan masuk dari 100ns, sedangkan memori utama mungkin mempunyai waktu jalan masuk dari 700ns. Sehingga menciptakan cache memory mempunyai harga yang sangat sangat mahal mahal.

Kebutuhan akan cache memory ini didorong dari ketidaksesuaian antara kecepatan memori utama dan CPU. CPU ibarat yang dibahas sebelumnya sangat cepat, sedangkan waktu jalan masuk memori utama relatif lebih lambat.

Oleh alasannya ialah itu, tidak peduli seberapa cepat suatu processor bekerja alasannya ialah kecepatan pemrosesan lebih tergantung pada kecepatan memori utama. Hal ini alasannya ialah lantaran cache memory yang mempunyai waktu jalan masuk lebih erat ke kecepatan prosesor.

Baca juga : 📣 Komponen-komponen CPU dan Fungsinya

Fungsi Cache memory
➔ Cache memory menyimpan jadwal (atau bagiannya) yang sedang dilaksanakan atau yang sanggup dihukum dalam waktu yang sangat singkat. Cache memory juga menyimpan data sementara yang dibutuhkan oleh CPU.

➔ Cache memory menyediakan penyimpanan data yang lebih cepat dan jalan masuk dengan menyimpan sebuah pola dari jadwal dan data secara rutin diakses oleh prosesor. Jadi, saat sebuah prosesor meminta data, maka processor akan melihat data itu di memori cache dan tidak perlu pergi ke memori utama atau hard disk untuk mengambil data.

Sebagai ilustrasi; Jika anda mempunyai 10 baju yang sama dalam lemari dan anda memakai salahsatu dari baju itu lalu di simpan lagi di lemari lalu alasannya ialah alasan tertentu anda ingin menggunakannya lagi, tentu kalian akan sedikit kesulitan mencari baju mana yang sudah digunakan. Lain halnya jikalau anda menggantungkannya  di kapstok belakang pintu kamar anda

➔ Cache memory sanggup memori cache primer atau sekunder, di mana memori cache utama ialah pribadi terintegrasi atau paling erat dengan prosesor.

Nah itulah Pengertian Cache Memory dan Fungsi serta Manfaatnya yang sanggup aku jelaskan pada artikel ini. Semoga sanggup bermanfaat!

Sumber http://www.pintarkomputer.org/


EmoticonEmoticon