Sabtu, 23 Juni 2018

Tesis Taktik Memenangkan Persaingan Dalam Pemasaran Surat Kabar Harian Di Kota X Perkara Fajar-Tribun Timur Dan Anutan Rakyat

(Kode ILMU-KOM-0024) : Tesis Strategi Memenangkan Persaingan Dalam Pemasaran Surat Kabar Harian Di kota X Kasus Fajar-Tribun Timur Dan Pedoman Rakyat

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Tertulis dalam sejarah Indonesia bahwa, pada tahun 1999 Indonesia melaksanakan perubahan besar yaitu masyarakat menuntut kebebasan yang disebut reformasi, masa ini masyarakat menuntut transparansi dari pemerintah. Pers dalam hal ini ikut mengambil serpihan terpenting dan menguntungkan, sebab semua warga negera Indonesia berhak untuk mendirikan perusahaan pers.
Hal ini membuat bisnis dibidang pers mengalami persaingan yang sangat ketat sebab itu industri pers dituntut untuk mengemas produk informasinya lebih canggih lagi mengingat bisnis informasi sudah menjadi demam isu diawal millenium III.
Dalam bidang informasi, menguasai pangsa pasar dan masuk dalam persaingan ketat antara perusahaan menjadi serpihan terpenting dan tidak bisa dielakkan sebab masyarakat penikmat informasi menjadikan isu sebagai kebutuhan sehar-hari yang tidak bisa diabaikan keberadakannya. Oleh sebab itu, kehadiran media informasi baik milik pemerintah maupun swasta sangat menunjang pengadakan informasi dan itu sangat diperlukan. Informasi itu bisa melalui media cetak maupun elektronik.
Dalam persaingan media massa, selain media cetak sendiri, media elektronikpun (radio dan Televisi) dan media internet walaupun hanya satu persen bangsa Indonesia yang terkait ke internet, juga melaksanakan persaingan namun tidak separah dengan persaingan media cetak, sebab kita mengenal lokalisasi media yang menjadi bahaya pribadi bagi media nasional menyerupai surat kabar daerah, majalah daerah.
Karena itu, ketika ini bisnis surat kabar pada ketika ini merupakan bisnis yang menggiurkan bagi pengusaha-pengusaha pers, selama masyarakat Indonesia masih terikat dalam media konvensional, namun hal ini perusahaan pers perlu administrasi yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan dalam persaingan persuratkabaran sampaumur ini.
Dalam hal ini perusahaan pers yang berusaha membuat produk, guna memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Karena demikian besar dan ketatnya persaingan yang mendominasi dunia perjuangan sampaumur ini, dimana perusahaan berlomba menguasai pangsa pasar.
Namun dalam perjuangan mempertahankan kelangsungan hidup suatu perusahaan, seringkali perusahaan tersebut dihadapkan pada banyak sekali kesulitan, contohnya kesulitan merebut pangsa pasar yang lebih luas sebagai tanggapan dari persaingan antara perusahaan untuk mengatasi keadakan tersebut diatas.
Memperhatikan kepuasan kepada konsumen dan masyarakat merupakan tujuan utama suatu perusahaan yang menganut konsep pemasaran yang mengajarkan bahwa rumusan taktik pamasaran sebagai suatu rencana yang diutamakan untuk mencapai tujuan tersebut, harus menurut kebutuhan dan impian konsumen.
Konsumen perusahaan bukanlah merupakan tindakan khusus, tetapi lebih merupakan pernyatakan yang menawarkan usaha-usaha pokok diarahkan untuk mencapai tujuan. Strategi pemasaran itu sendiri terdiri dari unsur-unsur pemasaran terpadu yaitu product, price, place, dan promotion (komunikasi pemasaran) yang selalu berubah-ubah sejalan dengan acara perusahaan dan perubahan lingkungan pemasarannya serta perubahan prilaku konsumennya.
Dengan adanya perusahaan dalam masyarakat, contoh beli yang berubah-ubah telah mengakibatkan banyaknya perusahaan hidup dalam situasi yang tidak menentu sehingga para pengusaha dituntut untuk mendalami pengetahuan wacana taktik bersaing yang mana merupakan salah satu aspek yang sanggup memperlancar tujuan perusahaan yang ingin dicapai.
Beberapa perusahaan pers di X yang telah melayani segmen pembaca surat kabar sekarang mengalami panetrasi pasar dan produk bersaing dalam masa globalisasi informasi ini.
Persaingan terdapat dari suatu industri yang mengejar pasar target yang sama. Strategi bersaing mencakup penentuan posisi dalam suatu untuk memaksimalkan nilai kemampuan yang membedakannya dengan para pesaing, sebab aspek yang sangat penting dalam perumusan taktik bersaing yaitu analisis pesaing, yang mana sasarannya yaitu pengembangan profit, sifat dan sukses dari tanggapan kemungkinan perubahan taktik yang sanggup dilakukan oleh tiap-tiap pesaing.
Di X ada tiga perusahaan surat kabar yaitu harian Fajar Tribun Timur dan Pedoman Rakyat yang dianggap memiliki persaingan dalam pemasaran. Mereka dituntut bagaimana sanggup mempertahankan perkembangan pemasarannya

B. Permasalahan
Strategi apa yang diterapkan oleh surat kabar harian Fajar, Tribun Timur dan Pedoman Rakyat dalam memenangkan persaingan dalam pemasaran.
Pertanyakan Penelitian :
1. Apakah taktik pemasaran yang dilakukan oleh surat kabar harian Fajar, Tribun Timur dan Pedoman Rakyat sanggup meningkatkan oplah penjualan ?
2. Apakah bauran pemasaran yang dipakai oleh surat kabar harian Fajar, Tribun Timur dan Pedoman Rakyat berbeda dalam mempertahankan pangsa pasarnya?

C. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu sanggup dikemukakan sebagai berikut :
Untuk mengkaji taktik pemasaran yang dipakai oleh Harian Fajar, Tribun Timur dan Pedoman Rakyat dalam memenangkan taktik persaingannya.
Untuk mengkaji bauran pemasaran yang dilakukan oleh Harian Fajar, Tribun Timur dan Pedoman Rakyat dalam mempertahankan pangsa pasarnya.

D. Kegunakan Penelitian
Manfaat Teoritis
Penelitian ini diharapkan sanggup memberi masukan yang bermanfaat bagi studi pemasaran yang akhir-akhir ini makin banyak memperoleh kajian dari banyak sekali disiplin ilmu baik melalui kajian teoritis maupun melalui kajian riset dibidang terapan.
Manfaat Praktis
Secara paraktis penelitian ini diharapkan sanggup merefleksikan efektifitas penggunakan taktik dalam memenangkan persaingan pemasaran, dan tidak kalah pentingnya bahwa penelitian ini sanggup memperkaya hasil penelitian pada ilmu komunikasi (komunikasi bisnis) khususnya dan pada taktik pemasaran pada tiga surat kabar di X yaitu Harian Fajar, Tribun Timur dan Pedoman Rakyat dalam kegiatan pemasarannya untuk meningkatkan dan mempertahankan pembacanya.
Sumber http://gudangmakalah.blogspot.com


EmoticonEmoticon