Selasa, 03 Juli 2018

10 Fungsi Administrasi Berdasarkan Henry Fayol Dan Para Ahli

Fungsi administrasi bagi perusahaan yaitu sebagai elemen dasar dalam menjalankan pengelolaan sebuah perusahaan semoga mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Fungsi administrasi bagi perusahaan yaitu sebagai elemen dasar dalam menjalankan pengelolaan 10 Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol dan Para Ahli

Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol


Siapakah Henry Fayol ?

Ia merupakan salah satu industrialis asal Negara Perancis, pada sekitar permulaan kurun 20 dia mengungkapkan 5 fungsi administrasi yang terdiri dari:

1. Perencanaan (Planning)

2. Pengorganisasian (Organizing)

3. Penyusunan Personalia (Staffing)

4. Pengarahan (Leading)

5. Pengawasan (Controlling)

Penjelasan secara lengkapnya yaitu sebagai berikut:

  1. Perencanaan (Planning)

Pada tahap ini dilakukan pemilihan dan penetapan tujuan-tujuan organisasi /perusahaan serta penentuan aneka macam seni administrasi kebijakan mekanisme acara metode pengelolaan keuangan dengan sistem anggaran dan standar yang diharapkan untuk mencapai tujuan.

  1. Pengorganisasian (Organizing)

Pada tahap ini ditentukan beberapa yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan organisasi hal diantaranya : sumber daya dan kegiatan utama perusahaan, pengembangan organisasi serta kelompok kerja, pembagian tanggungjawab kerja pada bab divisi/bidang organisasi

  1. Penyusunan Personalia (Staffing)

Adalah tahap pengembangan karyawan menyerupai penarikan (recruitment), penempatan dan dukungan orientasi kepada karyawan dalam lingkungan kerja supaya sanggup bekerja secara produktif, profesional dan kreatif.

  1. Pengarahan (Leading)

Adalah tahap bagaimana memilih dan menciptakan para karyawan melaksanakan pekerjaan yang mereka inginkan dan apa yang harus mereka lakukan.

  1. Pengawasan (Controlling)

Adalah tahap pengendalian dan penerapan cara atau seni administrasi untuk menjamin bahwa planning telah dilaksanakan dan sesuai dengan yang telah ditetapkan.

Menurut George Terry


George Terry  menambahkan beberapa fungsi administrasi diantaranya:

  1. Koordinasi (Coordinating)

Tahap koordinasi sanggup dikatakan sebagai acara manajer yang membawa imbas suasana monyet sama yang serasi bagi orang-orang yang terlibat dalam organisasi. Tahap ini berfungsi untuk melaksanakan aneka macam kegiatan semoga tidak terjadi kekacauan, kekosongan kegiatan, percekcokan, dengan cara menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kolaborasi yang terarah dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Pengkoordinasian merupakan rangkaian acara manajer membawa orang-orang yang terlibat organisasi ke dalam suasana kolaborasi yang harmonis.

Dengan adanya pengoordinasian sanggup dihindari kemungkinan terjadinya persaingan yang tidak sehat dan tindakan yang simpang siur antara orang-orang yang terlibat dalam mencapai tujuan organisasi.

Koordinasi ini mengajak semua sumber daya insan yang tersedia untuk bekerjasama menuju ke satu arah yang telah ditentukan. Bentuk kegiatan koordinasi diantaranya seperti:

1. Melaksanakan klarifikasi singkat

2. Mengadakan rapat kerja

3. Memberikan umpan balik wacana hasil suatu kegiatan.

  1. Pelaporan (Reporting)

Segala kegiatan yang terjadi di perusahaan/organisasi mulai dari perencanaan sampai pengawasan, tidak mempunyai arti jikalau tidak direkam secara baik melalui pencatatan-pencatatan yang benar dan tepat.

Fungsi tahap pelaporan dimaksudkan sebagai dukungan gosip kepada manajer, sehingga yang bersangkutan sanggup mengikuti perkembangan dan kemajuan kerja dan sanggup menetapkan kebijakan dengan baik dan sempurna sasaran.

Pelaporan juga merupakan bentuk pertanggungjawaban sehingga harus didukung dengan data-data wacana apa yang telah dilakukan dalam organisasi, data-data tersebut sanggup diperoleh bila dilakukan pencatatan dan pendokumentasian yang baik.

  1. Pembuatan Anggaran (Budgeting )

Perencanaan anggaran merupakan bentuk pengendalian organisasi melalui perencanaan keuangan (fiskal) dan akuntansi.

Dalam penyusunan anggaran dipertimbangkan faktor-faktor sebagai berikut :

  1. Pengetahuan wacana tujuan dan kebijakan umum perusahaan.
  2. Data masa lalu.
  3. Kemungkinan perkembangan kondisi ekonomi.
  4. Pengetahuan wacana taktik, seni administrasi pesaing, dan gerak-gerik pesaing.
  5. Kemungkinan adanya perubahan kebijakan pemerintah.Penelitian untuk pengembangan perusahaan.

9. Memerintah (Commanding)

Tahap ini berfungsi sebagai administrasi yang bekerjasama dengan perjuangan membina dan membimbing, menunjukkan saran, perintah-perintah dan instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas, semoga setiap pekerjaan dilaksanakan dengan baik dan mengikuti tujuan yang telah ditetapkan.

  1. Memotivasi (Motivating)

Pada tahap ini kiprah seorang manajer sangat diharapkan untuk menunjukkan motivasi dan penyemangat bagi para kepala bab dan karyawan. Misalnya menunjukkan bonus bagi karyawan yang bekerja dengan baik.

Demikianlah klarifikasi tentang 10 Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol dan Para Ahli semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Kunjungi Juga:


Sumber http://www.akuntansilengkap.com


EmoticonEmoticon