Rabu, 04 Juli 2018

Istilah Matematika Orthogonal, Vector, Scalar

Dalam matematika orthogonality yaitu relasi dua buah garis yang tegak lurus (perpendicular) di satu titik perpotongannya membentuk right angle. Dua buah vector v dan w dari real plane R2 atau real space R3 bersifat orthogonal kalau dan hanya kalau v · w = 0.
Dalam geometry dan trigonometry, right angle merupakan sudut yang membagi garis lurus dengan dua sudut yang sama besar. Lebih tepatnya, bila ada satu garis yang memotong tegak lurus suatu garis lainnya, sehingga terdapat dua buah sudut sama besar 90 derajat.
Scalar merupakan sebuah element yang bersifat empirical, yang mana dipakai untuk mendefinisikan vector space. Sebuah kuantitas dari banyak scalar, semisal mempunyai arah dan besaran, disebut dengan istilah vector. Vector space atau disebut juga dengan istilah linear space merupakan himpunan dari vector, yang sanggup dijumlahkan atau dikalikan dengan scalar.
Tensor merupakan object geometris yang menjelaskan relasi linear antara vector dan juga scalar. Dalam matematika tensor sanggup dianggap sebagai sebuah object yang lebih umum dibandingkan vector, yang direpresentasikan dengan sebuah larik (array) komponen yang merupakan fungsi dari koordinat ruang.
Dua buah vector, U dan V sanggup dikombinasikan menjadi sebuah scalar η dengan inner product, U · V = η.
Sumber http://lang8088.blogspot.com


EmoticonEmoticon