Rabu, 11 Juli 2018

Peranan Public Relation Officer Dalam Membangun Gambaran Perusahaan Di Pt Radio X

(Kode ILMU-KOM-0026) : Tugas Akhir D3 - Peranan Public Relation Officer Dalam Membangun Citra Perusahaan Di PT Radio X

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pada abad globalisasi dikala ini, radio swasta diperlukan bisa menawarkan isu dan hiburan (entertain) yang dibutuhkan oleh masyarakat luas. Selain radio sebagai media massa elektronik yang harganya cukup terjangkau sehingga hampir semua orang memilikinya dan bersifat auditif serta dalam memberikan pesan sanggup eksklusif didengarkan oleh pendengarnya. Oleh sebab itu, radio sanggup menjadi pilihan selain televisi.
Dalam menghadapi abad global, X 92,9 FM dituntut untuk sanggup membuat budaya perusahaan yang baik semoga mendapat iman dari publik, apalagi X 92,9 FM tergolong stasiun radio swasta yang masih gres yaitu gres beroperasi sekitar tiga tahun yang lalu. Untuk sanggup membuat gambaran yang baik maka dibutuhkan seorang Public Relations Officer professional yang diperlukan bisa membangun good image dari X 92,9 FM. Public relations sangat penting bagi sebuah organisasi sebab aktivitasnya sanggup menjadi wahana integrasi internal, menjembatani saling pengertian anggota komunitas, sehingga menyebabkan loyalitas pada kalangan karyawan dan memperkuat etos kerja di kalangan direksi / manajer.
Disinilah kegiatan humas (public relations) memegang peranan penting. Sebab kiprah humas sangat lebih banyak didominasi dalam menjalin relasi antara perusahaan dengan publiknya, baik publik internal maupun publik eksternal, sebab segala kegiatan public relations terkandung unsur – unsur yakni gambaran baik(good image), itikad baik (good will), saling pengertian (mutual understanding), saling mempercayai (mutual appreciation) serta toleransi yang sanggup menghantarkan perusahaan pada relasi yang baik dan pada kesannya akan membentuk gambaran yang positif terhadap perusahaan. Selain itu, seorang public relations juga mempunyai peranan yang penting dalam menangani problem – problem yang berkaitan dengan keinginan dan impian stakeholders, baik itu stakeholders internal (pihak internal perusahaan) maupun stakeholders eksternal (pendengar dan media massa baik cetak ibarat koran dan majalah ataupun elektronik dalam konteks ini ialah stasiun televisi) demi perkembangan X 92,9 FM untuk kearah yang lebih baik serta sanggup membangun iman publik. Adanya iman dari publik (public trust) akan menawarkan image yang positif terhadap keberadaan X 92,9 FM.
Kuliah Kerja Media bisa dikatakan mempunyai arti yang penting bagi profesi public relations ialah untuk meningkatkan serta memperluas pengalaman autentik di dalam dunia kerja nyata, selain ini untuk menerapkan teori serta praktek yang telah diberikan selama mengikuti perkuliahan. Kuliah kerja Media ialah kesertaan mahasiswa secara faktual dan eksklusif dalam kegiatan kerja profesi baik pada satu atau lebih perusahaan instansi daerah KKM merupakan wahana untuk menerapkan dan mempraktekkan ilmu yang telah didapat selama perkuliahan serta untuk mengenal dan mempelajari pekerjaan yang berkaitan dengan public relations.
Untuk itulah penulis menentukan PT. X (X 92,9 FM) yang terletak di jalan Menteri Supeno No. 6 Manahan Surakarta ini sebagai daerah melakukan Kuliah Kerja Media (KKM) 2006, ini dengan pertimbangan bahwa penulis ingin lebih mengetahui segala kegiatan public relations X 92,9 FM sebab X 92,9 FM tergolong sebagai stasiun radio gres yang masih dalam tahap membangun image positif dari publik. Penulis memulai KKM pada tanggal 1 Februari hingga dengan 16 Maret 2006 dan ditempatkan pada Bussines Development Division sebagai Public Relations.

B. Tujuan Kuliah Kerja Media (KKM)
Selain sebagai salah satu syarat kelulusan guna memperoleh gelar Ahli Madya (A. Md) bidang Komunikasi Terapan, proses Kuliah Kerja ini dilaksanakan semoga mahasiswa sanggup mengambil suatu pelajaran yang positif selama melakukan Kuliah Kerja Media. Adapun tujuan penulis dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Media di PT. X (X 92,9 FM) ialah sebagi berikut :
1. Ingin mengetahui peranan Public Relations Officer dalam membangun image perusahaan di PT. X (X 92,9 FM)
2. Memperoleh pengalaman secara faktual wacana dunia kerja beserta system kerja yang sebenarnya.
3. Mengenal lebih bersahabat acara kerja kehumasan radio di PT. X (X 92,9 FM)
4. Melatih penulis untuk berpikir kritis dan kreatif dalam menghadapi permasalahan dan menuntaskan kiprah – kiprah di lingkungan kerja.
5. Membekali mahasiswa untuk menambah ketrampilan dan pengetahuan khususnya bidang kehumasan semoga sanggup terjun ke dunia kerja secara maksimal serta menjadi seorang humas yang professional.
Sumber http://gudangmakalah.blogspot.com


EmoticonEmoticon