(KODE : INFORMAT-0042) : SKRIPSI APLIKASI PENJUALAN KEBUTUHAN KOMPUTER BERBASIS WEB PADA RUKO X
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
X Komputer yaitu ruko yang bergerak di bidang penjualan aneka macam macam kebutuhan komputer menyerupai monitor, memori (RAM), printer, flashdisk, harddisk dan Iain-lain. X Komputer sudah berdiri kurang lebih 2 tahun. Penjualannya hanya untuk kawasan X saja alasannya belum ada aplikasi pendukung untuk memasarkan produk yang terdapat di X Komputer kepada masyarakat luas untuk meningkatkan penjualannya.
Seiring dengan kemajuan Teknologi Informasi dan perkembangan teknologi telekomunikasi dan komputer mengakibatkan terjadinya perubahan kultur masyarakat sehari-hari dan terciptalah suatu integrasi antara komputer dan telepon atau sistem Computer Telephony Integration (CTI), yang mewujudkan media gres berupa internet.
Meledaknya penggunaan Internet dan teknologi World Wide Web (WWW atau sering juga disebut Web saja) mengakibatkan munculnya teknologi Ecommerce yang berbasis teknologi Internet. Dimana e-commerce yaitu membeli dan atau menjual secara elektronik dan kegiatan ini dilakukan pada jaringan internet, selain itu juga sanggup pemasangan iklan, penjualan dan pelayanan yang terbaik memakai sebuah web shop 24 jam bagi pelanggannya.
Di masa lalu, dunia bisnis sanggup melaksanakan acara antara satu dan yang lainnya melalui jaringan khusus tapi pertumbuhan drastis dari internet telah merubah paradigma tersebut dan kesudahannya menjadikannya lebih luas. Dengan semakin maraknya penggunaan internet, perdagangan secara elektronic dilakukan oleh bisnis-bisnis dengan aneka macam ukuran. E-commerce konfensional ketika ini sanggup dilakukan oleh pendatang gres dengan skala internasional.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang diatas, maka pokok permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini dirumuskan dengan sebuah rumusan persoalan sebagai berikut : "Bagaimana untuk mewujudkan suatu system e-commerce yang sederhana sehingga sanggup dipakai oleh semua kalangan tetapi tetap mempunyai fitur yang lengkap?."
1.3 Maksud dan Tujuan
Maksud dari penelitian ini yaitu untuk membangun aplikasi penjualan berbasis web (e-commerce).
Sedangkan tujuan dari penelitian yang akan dicapai dalam pembangunan e-commerce ini yaitu sebagai berikut :
1. Membantu meningkatkan penjualan produk yang terdapat di X komputer.
2. Berusaha meningkatkan image RUKO X Komputer.
3. Memberikan kemudahan kepada pelanggan dan konsumen untuk memesan produk yang ditawarkan dengan layanan pembelian secara online dan pembayaran dengan menggxmakan paypal dan transfer antar bank.
1.4 Batasan Masalah/Ruang Lingkup
Untuk meghindari permasalahan semoga tidak meluas dan pembahasan lebih terarah, maka permasalahan akan dibatasi pada :
1. Pembatasan pada Feature Administrative Tool, mencakup :
A. Pengaturan Pada Data Produk mencakup pembatasan sebagai berikut :
a. Data Produk
b. DataKategori
c. Data Merk
d. Detail Produk
e. ManajemenHarga
f. Gambar Produk
g. Pengelolaan Stock (stok akan berkurang ketika barang sudah di bayar)
B. Manajemen Pemesanan mencakup batasan menyerupai berikut :
a. Pencarian Pesanan (untuk mempermudahkan admin untuk mencari siapa saja yang sudah memesan dan membayar pesanannya)
b. Update Status Pesanan (Dipesan->Dikonfirmasi->Dibayar->Dikirim->Diterima oleh pemesan)
c. Konfirmasi Pembayaran (jika si pemesan melaksanakan pembayarannya memakai payment gateway alasannya pembayaran yang dilakukan secara online maka akan eksklusif mengubah data pemesanan secara otomatis, sehingga biasanya tidak dibutuhkan konfirmasi, alasannya konfirmasi akan dilakukan antara payment gateway dengan situs e-commerce. Dalam Paypal hal tersebut dikenal dengan IPN (Instant Payment Notification).
d. Pembatalan Pesanan (jika barang yang sudah dikirim maka tidak sanggup dibatalkan)
C. Manajemen Pembayaran mencakup batasan sebagai berikut :
a. Dapat melaksanakan pembayaran secara COD (Cash On Delivery) khusus untuk kawasan X
b. Dapat melaksanakan pembayaran secara tunai dengan tiba eksklusif ke RUKO X Komputer
c. Dapat melaksanakan pembayaran melalui transfer antar bank (BCA dan BNI)
d. Dapat melaksanakan pembayaran secara online dengan memakai Payment Gateway (Paypal)
D. Manajemen Shipping
a. Menggunakan Jasa Pengirimin JNE yang sudah dipercaya oleh banyak orang di Indonesia dan sebagian besar Masyarakat Indonesia memakai jasa pengirimin ini dan di JNE pun sudah ada kemudahan Tracking (penelusuran pengiriman)
b. Menyediakan pengelolaan lokasi pengirmin dan harga kirimnya
E. Pembuatan Laporan yang akan dilakukan perbulan dan per-periodik.
Pembuatan laporan mencakup :
a. Laporan Penjualan (hanya pesanan yang sudah dibayar saja yang akan terlihat)
b. Laporan Produk.
F. Untuk mempermudahkan melihat atau mencocokan dan menyimpan database yang gres dengan database yang usang maka diadakan kemudahan Backup dan Restore database
G. Pengolahan return barang (syarat dan ketentuan berlaku), minta persetujuan kepada admin terlebih dahulu sebelum mengembalikan barang.
2. Pembatasan pada Feature Shoping (Frontend), mencakup :
A. Pencarian Produk (berdasarkan nama produk)
B. Menampilkan produk diskon, produk terbaru (Newest Product), produk terlaku(global/per kategori) dan produk paling banyak dilihat (Mastef View Product)
C. Tersedia kemudahan pendaftaran member dan login member
D. History Pemesanan
E. Pengiriman informasi pemesanan melalui email ke pemesan setiap ada perubahan status pesanan
F. Mendukung Search Engine Optimization (SEO)
3. Pembatasan pada Feature Security, mencakup :
A. IP-Dedicated
B. Secure Socket Layer (SSL) untuk keamanan
C. Login terlebih dahulu semoga bias mengakses situs e-commerce (gunakan email dan password untuk login kalau sudah ter-registrasi)
4. Pembatasan pada Feature Communication, mencakup :
A. Menggunakan email yang didaftarkan oleh pengguna
B. Menggunakan Instant Messaging (yahoo Messanger)
C. Menggunakan Handphone untuk customer support
5. Menggunakan bahasa pemprograman PHP dan j4vascript untuk membangun website e-commerce X komputer dan memakai database MySQL untuk pengolahan datanya.
1.5 Metode Penelitian
Metodologi penelitian yang dipakai dalam kiprah selesai ini yaitu metode deskriptif yaitu suatu metode untuk menciptakan citra atau deskripsi mengenai fakta-fakta dan informasi dalam situasi atau kejadian di masa kini secara sistematis, factual dan akurat. Ada dua teknik dalam metodologi penelitian yaitu :
1.5.1 Tahap Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut :
a. Studi Literatur.
Pengumpulan data dengan cara mengumpulkan literatur, jurnal, paper dan bacaan-bacaan yang ada kaitannya dengan judul penelitian.
b. Observasi.
Teknik pengumpulan data dengan mengadakan penelitian dan peninjauan eksklusif terhadap permasalahan yang diambil.
a. Interview.
Teknik pengumpulan data dengan mengadakan tanyajawab secara eksklusif yang ada kaitannya dengan topik yang diambil.
1.5.2. Tahap pembuatan perangkat lunak.
Teknik analisis data dalam pembuatan perangkat lunak memakai paradigma perangkat lunak secara waterfall, yang mencakup beberapa proses diantaranya :
a. System Information Engineering
Merupakan pecahan dari sistem yang terbesar dalam pengerjaan suatu proyek, dimulai dengan menetapkan aneka macam kebutuhan dari semua elemen yang dibutuhkan sistem dan mengalokasikannya kedalam pembentukan perangkat lunak.
b. Analisis
Merupakan tahap menganalisis hal-hal yang dibutuhkan dalam pelaksanaan proyek pembuatan perangkat lunak.
c. Design
Tahap penerjemahan dari data yang dianalisis kedalam bentuk yang gampang dimengerti oleh user.
d. Coding
Tahap penerjemahan data atau pemecahan persoalan yang telah dirancang keadalam bahasa pemrograman tertentu.
e. Pengujian
Merupakan tahap pengujian terhadap perangkat lunak yang dibangun
f. Maintenance
Tahap selesai dimana suatu perangkat lunak yang sudah selesai sanggup mengalami perubahan-perubahan atau penambahan sesuai dengan usul user.
1.6 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan proposal penelitian ini disusun untuk memperlihatkan citra umum ihwal penelitian yang dijalankan. Sistematika penulisan kiprah selesai ini yaitu sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Menguraikan ihwal latar belakang permasalahan, mencoba merumuskan inti permasalahan yang dihadapi, memilih maksud dan tujuan penelitian, yang kemudian diikuti dengan pembatasan masalah, metodologi penelitian serta sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Membahas aneka macam konsep dasar dan teori-teori yang berkaitan dengan topik penelitian yang dilakukan dan hal-hal yang mempunyai kegunaan dalam proses analisis permasalahan serta tinjauan terhadap penelitian-penelitian serupa yang telah pernah dilakukan sebelumnya.
BAB III ANALISIS MASALAH
Bab ini berisi analisis kebutuhan dalam membangun aplikasi ini, analisis sistem yang sedang berjalan pada aplikasi ini sesuai dengan metode pembangunan perangkat lunak yang digunakan. Selain itu terdapat juga perancangan antarmuka untuk aplikasi yang akan dibangun sesuai dengan hasil analisis yang telah dibuat.
BAB IV PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI
Bab ini berisi hasil implementasi dari hasil analisis dan perancangan yang telah dibentuk disertai juga dengan hasil pengujian dari aplikasi ini yang dilakukan di ruko X Komputer sehingga diketahui apakah sistem yang dibangun sudah memenuhi syarat sebagai aplikasi yang user-friendly.
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisi kesimpulan ihwal keseluruhan dari pembangunan aplikasi ini dan saran ihwal aplikasi ini untuk masa yang akan datang. Sumber http://gudangmakalah.blogspot.com
EmoticonEmoticon