Rabu, 18 Juli 2018

Skripsi Perancangan Dan Pembangunan Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Pada Toko Komputer X

(KODE : INFORMAT-0043) : SKRIPSI PERANCANGAN DAN PEMBANGUNAN APLIKASI E-COMMERCE BERBASIS WEB PADA TOKO KOMPUTER X




BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Meningkatnya penggunaan internet oleh masyarakat yang ditandai dengan melonjaknya costumer maupun pebisnis. Yang mendorong munculnya suatu tuntutan pelayanan internet melebihi dari apa yang sanggup diperoleh di dunia nyata. Ini meliputi kesempatan untuk menjual barang-barang komoditi secara online. Salah satu hal terpenting dalam bisnis melalui internet yaitu bagaimana laba sanggup diperoleh secara kondusif dan mudah. Saat ini muncul beberapa sistem pembayaran secara online melalui internet untuk melayani kebutuhan bisnis online.
Pelaku bisnis pada umumnya masih melaksanakan transaksi bisnis secara manual melalui tatap muka secara eksklusif atau pun melalui telepon. Sayangnya terkadang metode menyerupai ini tidak begitu efektif, dikarenakan tidak semua orang mengetahui nomor telepon perusahaan. Kalau pun tahu, sangat jarang costumer yang mau menulis nomor telepon apalagi untuk menghafalkannya. Costumer selalu ingin sesuatu cara pemesanan atau pembelian yang paling mudah. Dari pihak toko, pegawai dituntut senantiasa berada di daerah untuk memenuhi undangan pemesanan dari pihak costumer. Sedangkan di sisi lain pegawai juga sulit untuk menciptakan laporan penjualan dikarenakan masih memakai cara yang konvensional dimana pegawai harus membuka kembali arsip penjualan.
Kesulitan yang terjadi juga dalam bisnis yaitu dimana perusahaan kesulitan dalam memasarkan produk dan menemukan pembeli yang tepat. Begitu juga dengan pihak costumer kesulitan dalam mencari produk-produk yang dibutuhkan.
Melihat dari permasalahan di atas, toko komputer X merupakan perusahaan dagang yang menyediakan macam-macam perlengkapan hardware dan software yang telah mempunyai banyak pelanggan baik didalam kota X maupun diluar kota X.
Oleh alasannya yaitu itu, diharapkan dalam pembangunan suatu teknologi informasi dan komunikasi yang berupa e-commerce, sehingga sanggup memperlihatkan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh pihak perusahaan dan mengangkatnya sebagai Tugas Akhir dengan judul : "PERANCANGAN DAN PEMBANGUNAN APLIKASI E-COMMERCE BERBASIS WEB PADA TOKO KOMPUTER X"

1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan pada latar belakang diatas serta hasil penelitian yang telah dilakukan, maka identifikasi dilema yang didapat yaitu :
1. Penjual mengalami kesulitan dalam memasarkan produk yang akan dijual.
2. Transaksi yang dilakukan penjual belum ada yang dilakukan secara online.
3. Kesulitan dalam pengolahan laporan transaksi dialami oleh penjual.
4. Penjual tidak mempunyai sarana untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan yang telah diberikan kepada pelanggan.

1.3 Maksud dan Tujuan
1.3.1 Maksud
Maksud dari penulisan kiprah selesai ini yaitu untuk membangun aplikasi e-commerce pada toko komputer X secara on-line.
1.3.2 Tujuan
Tujuan yang akan dicapai dari pembangunan aplikasi e-commerce pada toko komputer X yaitu :
1. Untuk mempermudah costumer dalam mendapat informasi wacana macam-macam perangkat komputer hardware dan software pada toko komputer X tanpa harus tiba ke toko.
2. Mengurangi penumpukan dokumen-dokumen.
3. Mempermudah proses pemesanan dan pembelian bagi costumer.
4. Mempermudah dalam pembuatan laporan pemesanan dan penjualan barang.
5. Mempercepat dalam proses pencarian data. Baik itu data barang ataupun data pemesanan.
6. Untuk meningkatkan fleksibilitas sehingga costumer sanggup melaksanakan transaksi dimanapun ia berada.
7. Untuk meningkatkan daya jual-beli alasannya yaitu dengan e-commerce, toko komputer X sanggup memperluas jaringan tanpa membutuhkan modal yang besar.

1.4 Batasan Masalah
Adapun batasan dilema dari aplikasi e-commerce ini yaitu sebagai berikut :
1. Aplikasi e-commerce ini berbasis Web dan bersifat online.
2. Dalam Aplikasi e-commerce ini hanya dibatasi 3 kategori pengguna, yaitu :
a) User biasa (Pengunjung)
b) Pelanggan (Costumer)
c) Admin (Administrator)
3. Aplikasi ini menampilkan informasi wacana macam-macam perangkat hardware dan software yang dijual ditoko komputer X.
4. Menampilkan informasi profil Perusahaan.
5. Aplikasi ini menyediakan kemudahan bertransaksi dengan metode transfer melalui bank dan sanggup memakai pembayaran online (Paypal).
6. Data masukan ke aplikasi e-commerce yaitu data admin, data pelanggan, data barang, data kategori, data pemesanan, data detail pemesanan, data biaya kirim dan data berita.
7. Data proses yang terdapat dalam aplikasi e-commerce yaitu proses login, proses pengolahan data penjualan, proses pelaporan, pengolahan data berita, pengolahan data biaya kirim.
8. Keluaran yang terdapat pada aplikasi e-commerce yaitu informasi barang yang dicari, informasi kategori barang, informasi barang terlaris, informasi berita, informasi pemesanan, informasi detail pemesanan, informasi pelaporan, dan informasi pelanggan.
9. Aplikasi e-commerce ini menangani proses pemesanan, konfirmasi pembayaran dan pengiriman.
10. Untuk sistem keamanan :
a. untuk password memakai MD5
b. aktifasi member dilakukan di email
c. memakai metode SSL+HTTPS
11. Media komunikasi melalui (E-mail, Telp, SMS, Chat, IM)
12. Pemodelan data yang digunakan yaitu pemodelan terstruktur dimana tools yang digunakan yaitu diagram konteks, dataflow diagram (DFD), kamus data, entity relationship diagram (ERD).
13. Tools yang digunakan untuk membangun perangkat lunak ini yaitu sebagai berikut :
a) PHP
b) MySQL
c) XAMP server
d) Adobe Photoshop CS3
e) CorelDraw X3
f) Dreamweaver MX

1.5 Metodologi Penelitian
Metodologi yang digunakan dalam penulisan kiprah selesai ini yaitu sebagai berikut :
a. Metode pengumpulan data
Untuk mendapat data dan materi laporan penelitian yang sesuai harapan, teknik pengumpulan data yang digunakan ada tiga jenis diantaranya sebagai berikut :
a) Studi literatur
Pengumpulan data dengan cara mengumpulkan literatur, jurnal, paper dan bacaan-bacaan yang ada kaitannya dengan judul penelitian.
b) Metode Observasi
Teknik pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan atau aktivitas yang sistematis terhadap objek yang dituju secara langsung.
c) Metode Wawancara
Adalah suatu metode penelitian dengan mengadakan tanya jawab dengan pihak-pihak yang ada hubungannya dengan dilema yang akan dibahas.
b. Metode Pembangunan Perangkat Lunak
Dalam menuntaskan laporan penelitian mengenai pembangunan sistem informasi penjualan online ini, metode pembangunan perangkat lunak yang digunakan yaitu model Waterfall, meliputi beberapa proses :
1. Requirements analysis and definition
Mengumpulkan kebutuhan secara lengkap kemudian dianalisis dan didefinisikan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh jadwal yang akan dibangun. Fase ini harus dikerjakan secara lengkap untuk sanggup menghasilkan desain yang lengkap.
2. Sistem and software design
Desain dikerjakan sesudah kebutuhan selesai dikumpulkan secara lengkap.
3. Implementation and unit testing
Desain jadwal diterjemahkan ke dalam kode-kode dengan memakai bahasa pemrograman yang sudah ditentukan. Program yang dibangun eksklusif diuji secara unit.
4. Integration and sis tern testing
Penyatuan unit-unit jadwal kemudian diuji secara keseluruhan (sistem testing).
5. Operation and maintenance
Mengoperasikan jadwal dilingkungannya dan melaksanakan pemeliharaan, menyerupai penyesuaian atau perubahan alasannya yaitu pembiasaan dengan situasi sebenarnya.

1.6 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan pembuatan laporan ini disusun untuk memperlihatkan citra umum wacana penelitian yang dijalankan. Sistematika penulisan kiprah selesai ini yaitu sebagai berikut :
Bab I Pendahuluan
Bab ini berisi uraian latar belakang masalahan, identifikasi masalah, maksud dan tujuan, batasan masalah, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.
Bab II Tinjauan Pustaka
Bab ini menjelaskan wacana tinjauan instansi dan landasan teori yang menjelaskan wacana teori umum yang berkaitan dengan judul, teori jadwal yang berafiliasi dengan aplikasi yang dibangun, teori khusus yaitu berkaitan dengan istilah-istilah yang digunakan dalam pembuatan aplikasi e-commerce pada X komputer.
Bab III Analisis dan Perancangan sistem
Bab ini menjelaskan seluruh spesifikasi sistem yang meliputi analisis mekanisme yang sedang berjalan, pengkodean, kebutuhan non fungsional, selain analisis sistem serpihan ini juga melaksanakan perancangan antar muka atau mendesain sistem secara keseluruhan menurut hasil analisis tersebut. Tool untuk memodelkan sistem memakai Data Flow Diagram (DFD) dan Entity Relationship Diagram (ERD).
Bab IV Implementasi dan Pengujian
Bab ini membahas implementasi dari tahapan analisis dan perancangan sistem kedalam perangkat lunak (dalam bentuk bahasa pemrograman), serta perangkat keras dan perangkat lunak yang dibutuhkan dalam membangun sistem. Bab ini juga berisi pengujian terhadap sistem apakah sudah benar-benar berjalan menyerupai yang diharapkan.
Bab V Kesimpulan dan Saran
Berisi kesimpulan dan saran yang sudah diperoleh dari hasil penulisan kiprah akhir.
Sumber http://gudangmakalah.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)