Minggu, 08 Juli 2018

Skripsi Taktik Public Relations Pt Telkom Divisi Regional V Jawa Timur Dalam Membangun Merk Image Melalui Promo Produk

(Kode ILMU-KOM-0019) : Skripsi Strategi Public Relations PT Telkom Divisi Regional V Jawa Timur Dalam Membangun Brand Image Melalui Promo Produk

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Komunikasi merupakan aktifitas dasar manusia. Melalui komunikasi insan sanggup saling bekerjasama satu sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga kawasan kerja, pasar, masyarakat, atau dimanapun insan berada. Tidak ada insan yang tidak terlibat dalam komunikasi.
Begitu pentingnya komunkasi dalam kehidupan manusia, dan harus diakui bahwa insan tidak akan bisa hidup tanpa komunikasi karena, insan yakni mahkluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Dengan berkomunikasi secara efektif maka, kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh insan bisa berjalan dengan baik. Tanpa adanya komunikasi yang baik menjadikan ketidak teraturan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari baik itu di rumah, dalam organisasi, perusahaan dan dimanapun insan itu berada.
Adapun pengertian komunikasi itu sendiri berdasarkan Onong Uchjana Effendy dalam bukunya Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, mangatakan ; komunikasi pada hakekatnya yakni proses penyampaian perasaan atau perasaan oleh komuikator kepada komunikan.1 Brent D. Ruben yang dikutip oleh Arni Muhammad, menyampaikan komunikasi yakni suatu proses melalui mana individu dalam hubungannya dalam kelompok, dalam organisasi, dalam masyarakat menciptakan, mengirimkan dan memakai gosip untuk mengkoordinasikan lingkungannya dengan orang lain.2 Komunikasi yakni suatu transaksi, proses simbolik yang menghendaki orang-orang mengatur lingkungannya dengan membangun hubungan sesama insan melalui pertukaran gosip untuk menguatkan sikap dan tingkah laris itu.3 Makara sanggup disimpulkan bahwa komunikasi yakni proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan untuk mengubah sikap orang lain.
Perkembangan komunikasi berjalan dengan pesat dan cepat, sehingga banyak dijumpai bidang dalam komunikasi. Salah satu bidang komunikasi yang menyangkut kehidupan sosial yakni komunikasi organisasional/manajemen (organizational/management communication ). Public relations (PR) atau hubungan masyarakat (Humas), merupakan perkembangan komunikasi. Humas atau PR merupakan suatu forum yang bertugas menjalin dan menjaga hubungan baik dengan public internal, eksternal, dan stakholder perusahaan.
Public relations (PR) atau hubungan masyarakat (Humas) berdasarkan J.C. seidel yang menjabat sebagai Direktur PR. Division of Housing, State New York menyampaikan PR yakni proses yang kontinyu dari usaha-usaha manejemen untuk memperoleh good will (kemauan baik) dan pengertian dari pelanggan, pegawai dan publik yang lebih luas. Ke dalam mengadakan analisis dan perbaikan diri sendiri, sedangkan ke luar menunjukkan pernyataan-pernyataan.4 Edward L. Bernays menyatakan PR memiliki tiga arti yaitu ; (1) pengertian kepada masyarakat, (2) persuasi untuk mengubah sikap dan tingkah laris masyarakat, (3) perjuangan untuk menginterpretasikan sikap dan pebuatan suatu tubuh dengan sikap perbuatan masyarakat dan sebaliknya.5 Makara PR yakni suatu forum atau perorangan yang bertugas melaksanakan hubungan baik ke dalam dan ke luar perusahan untuk memperoleh pengertian, kepercayaan, dan good will dari masyarakat dengan memakai taktik yang dimiliki. PR berfungsi menumbuhkan dan menyebarkan hubungan baik antar lembaga/organisasi dengan publiknya baik interen maupun ekstern dalam pencapaian pengertian, menumbuhkan motivasi publiknya. Adapun PR secara fundamental menjadi tanggung jawab dari pimpinan puncak (top management) PR dibutuhkan bisa menjadi mata, telinga, dan ajun pimpinan puncak perusahaan.
Dan peranan PR yang sangat penting yaitu sebagai wahana keluar dan ke dalam perusahaan. Saat ini hampir setiap Departemen pemerintahan atau lembagalembaga sosial telah memiliki tubuh atau bab humas. Bidang ini semakin populer sehabis perang dunia II, alasannya yakni kawasan pendapat masyarakat semakin dihargai demi kemajuan dan kepercayaan bagi masing-masing tubuh atau lembaga, contohnya pemerintahan atau perusahaan tertentu. PT Telkom Divre V merupakan salah satu perusahaan terbesar yang bergerak dibidang produksi dan jasa telekomunikasi yang hingga ketika ini terus berkembang. Untuk membangun merk image yang positif kepada masyarakat maka PT Telkom Divre V mengambil langkah salah satunya melalui promosi produk yang telah dihasilkan dengan taktik public relations.
Memasuki era globalisasi teknologi gosip pada kurun ke-21 ini peranan PT Telkom Indonesia semakin penting. Telkom Indonesia berperan sebagai media komunikasi dalam pergaulan masyarakat dunia khususnya bangsa Indonesia dan untuk mempersatukan bangsa. Melalui media ini bangsa Indonesia tidak saja bisa berhubunga n cepat dan efisien, akan tetapi juga sanggup menikmati banyak sekali macam hiburan yang disajikan oleh media massa mulai dari media cetak hingga dengan media elektronik menyerupai televisi.
Mengingat ketika ini perusahaan-perusahaan banyak mengeluarkan produk dengan merek gres dan banyak sekali akomodasi yang sanggup menggiurkan konsumen. Baik itu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun perusahaan swasta yang bergerak dibidang jasa ataupun bidang produksi. PT Telkom Divre V yang merupakan objek dalam penelitian ini merupakan salah satu BUMN yang bergerak dibidang jasa layanan gosip dan telekomunikasi yang merupakan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia. Di PT Telkom yang memiliki banyak produk dan layanan yang disediakan di antaranya yakni ; telepon rumah, Telkomnet instant, Speedy, produk yang terbaru handphone (hp) flexi dan masih banyak produk yang lainnya.
Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan bisnis ketika ini tak ketinggalan di Indonesia maka semakin banyak pula persaingan produk alat komunikasi dengan me rek gres terutama alat komunikasi sebut saja handphone, handphone ketika ini bukan lagi menjadi barang glamor menyerupai dulu tapi ketika ini hp sudah menjadi barang yang biasa dan dimiliki oleh siapapun alasannya yakni ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat untuk memeperlancar bisnis ataupun komunikasinya dengan rekan yang berada di luar jawa atau bahkan di luar negeri. Saat ini hp yang terbaru ditawarkan dengan harga yang cukup sanggup dijangkau oleh masyarakat dengan menunjukkan fasilitas, bonus, dan fitur-fitur yang bisa di gunakan oleh konsumen, misalkan bisa di buat untuk internet, bloototh, MMS, MP3, masih banyak lagi yang lain.
Disinilah peranan public relations dibutuhkan untuk membantu membangun merk image PT Telkom mengingat semakin banyaknya alat telekomunikasi dengan banyak sekali macam merek dan fasilitas. Salah satu caranya yaitu melalui promo produk yang telah dihasilkan. Dengan taktik yang dimiliki oleh public relations, maka aktivitas dalam membangun merk image bisa lebih mudah. Karena taktik public relations bisa dilakukan dengan promosi public relations. Yang mana suatu perusahaan yakni merupakan suatu produk atau jasa dalam aktivitas produksi atau pemasaran yang dilakukan oleh produsen baik produsen aktif maupun statis, maka dari itu keberadaanya diubahsuaikan dengan kawasan jual beli. 7 Inilah salah satu manfaat adanya praktisi public relations.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dilema di atas sanggup diambil beberapa rumusan dilema diantaranya yaitu :
1. Bagaimana langkah-langkah Public Relations PT Telkom Divre V dalam membangun merk image melalui promo produk.
2. Apa saja hambatan-hambatan Public Relations PT Telkom Divre V dalam membangun merk image melalui promo produk.

C. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan :
1. Untuk mendeskripsikan langkah-langkah Public Relations PT Telkom Divre V dalam membangun merk image melalui promo produk.
2. Untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan Public Relations PT Telkom Divre V dalam membangun merk image melalui promo produk.

D. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang bisa diperoleh dari penelitian ini yakni sebagai berikut :
1. Secara Teoritis
Penelitian ini dibutuhkan bisa menambah hazanah keilmuan bagi jadwal studi ilmu komunikasi khususnya dalam dunia public relations, serta hasil penelitian ini bisa dipakai sebagai materi penilaian bagi PT Telkom Divre V.
2. Secara Praktis
Penelitian ini dibutuhkan bisa menjadi masukan bagi PT Telkom Divre V, serta bagi saya sendiri untuk mengetahui benar bagaimana taktik public relations yang sesungguhnya.
Sumber http://gudangmakalah.blogspot.com


EmoticonEmoticon