Jumat, 03 Agustus 2018

Apa Itu Sistem Operasi? Fungsi Dan Jenisnya? Cek Di Sini!


PENGERTIAN FUNGSI DAN JENIS SISTEM OPERASI Apa itu sistem operasi? fungsi dan jenisnya? Cek di sini!

PENGERTIAN FUNGSI DAN JENIS SISTEM OPERASI 

Baca juga : Perkembangan media penyimpanan yang wajib kau ketahui!!!


SISTEM OPERASI


         Sistem operasi merupakan sebuah aktivitas yang mengendalikan semua fungsi yang ada pada komputer. Sistem operasi menjadi basis landasan pengembangan aplikasi untuk user. 

Secara umum semua sistem operasi mempunyai empat fungsi berikut :

-Pengendalian jalan masuk terhadap banyak sekali perangkat keras yang terhubung ke    komputer (Manajemen perangkat keras) :
     
 disediakan oleh sistem operasi melalui suatu aplikasi yang dikenal dengan istilah driver.        Setiap driver dibentuk untuk mengendalikan satu perangkat keras. Instalasi aplikasi driver        ini dilakukan sendiri sistem operasi pada ketika instalasi ataupun  waktu perangkat keras        dihubungkan ke komputer.  Mekanisme  instalasi secara  otomatis  saat perangkat  dihubungkan ini dikenal dengan istilah Plug and Play (PnP).

-Pengelolaan file dan folder (Manajemen file dan folder)
   
  Hal ini dimungkinkan oleh sistem operasi alasannya yakni pada ketika instalasi sistem operasi ada  proses format untuk harddisk. Melalui proses tersebut ruang harddisk akan ditata  sedemikian rupa sehingga mempunyai blok-blok tertentu untuk menyimpan file. Proses ini  mirip menyerupai penempatan rak-rak pada ruangan kosong untuk diisi buku-buku nantinya.  Sebuah file yakni kumpulan blok yang saling terkait dan mempunyai sebuah nama. Folder  merupakan sebuah penampung yang sanggup berisi file-file ataupun sub-folder lainnya.  Setiap file-file yang terkait dengan aktivitas komputer ditempatkan dalam folder tersendiri  untuk memudahkan pencarian file

-Penyediaan user interface sebagai jembatan antar user dengan perangkat keras    komputer (Manajemen interaksi user)
   User sanggup memakai komputer melalui aplikasi yang ada (terinstall) di komputer.  Setiap aplikasi menyediakan interface untuk mendapatkan interaksi yang mungkin dari user. 

Terdapat dua jenis interface yang sanggup dipakai untuk berinteraksi dengan user, yakni:
1.  Command Line Interface (CLI)
      Interaksi  user  dengan  sistem  dilakukan  dengan  mengetikan  serangkaian  kalimat  perintah untuk dikerjakan oleh komputer
2.  Graphical User Interface (GUI)
      Disini interaksi user dilakukan melalui sekumpulan hidangan dan icon yang sanggup dipilih    oleh user untuk memperlihatkan banyak sekali perintah ke komputer

-Pengelolaan aplikasi user (Manajemen aplikasi) 
      Setiap aplikasi yang dijalankan oleh sistem operasi dengan mencari lokasi file aktivitas  tersebut dan meindahkan isinya ke memori untuk kemudian mengirimkan setiap perintah 
 pada file tersebut untuk dijalankan oleh komputer. Aplikasi user disini merupakan aplikasi  yang dipakai oleh user untuk menuntaskan suatu tujuan tertentu. 

Fungsi administrasi pada aplikasi user ini sanggup meliputi:

-Install,  proses  menempatkan  file-file  program  pada  sistem  komputer  termasuk  konfigurasi aktivitas tersebut.

-Uninstall, proses untuk menghapus file-file aktivitas beserta konfigurasi dari komputer.

-Update/Upgrade, proses untuk memperbarui file-file dari aktivitas yang telah terinstall

KemampuanSistem Operasi :

-Multi-user 
dua atau lebih user sanggup bekerja sama untuk saling membuatkan pakai penggunaan aplikasi dan sumber daya menyerupai printer pada waktu yang bersamaan.
-Multi-tasking 
sistem operasi sanggup menjalankan lebih dari satu aplikasi user.

-Multi-processing 
 sistem operasi sanggup memakai lebih dari satu CPU (Central Processing Unit).

-Multi-threading   
setiap  program  dapat  dipecah  ke  dalam  thread-thread  untuk kemudian sanggup dijalankan secara terpisah (pararel) oleh sistem operasi. Kemampuan ini juga termasuk bab dari multitasking pada aplikasi.

Jenis jenis Sistem Operasi :

- 32 bit
 Sistem operasi 32-bit hanya bisa mendapatkan RAM maksimal 4 GB ,Windows, Ubuntu dan OpenSuSE merupakan beberapa pola sistem operasi yang mendukung arsitektur 32-bit.

- 64 bit
 sistem operasi 64-bit bisa memakai lebih dari 128 GB RAM.
 Manajemen memori dari sistem 64-bit juga lebih baik, sehingga bisa menjalankan proses pada aplikasi lebih cepat.





Sumber http://catatantkj123.blogspot.com


EmoticonEmoticon