Sabtu, 25 Agustus 2018

Dan Manfaat Olahraga Panahan

dan Manfaat Olahraga Panah. Panah (panahan) sekarang menjadi sebagian olahraga yang cukup populer, baik di internasional maupun Indonesia. Tren ini tidak terlepas dari kemunculan aneka macam film yang menampilkan tokoh-tokoh ahli memanah. Dari The Lord of The Rings lewat tokoh Legolas, The Hunger Games dengan tokohnya Katniss Everdeen, Brave hingga yang paling gres 3 Srikandi.

Ya, booming olahraga panah di Indonesia sendiri semakin marak sesudah kemunculan film 3 Srikandi. Film nya sendiri masih dalam proses syuting, namun gaungnya sudah cukup ramai. 3 Srikandi sendiri yakni film yang mengangkat dongeng konkret tiga atlet panah Indonesia yang memenangkan olimpiade di Seoul pada 1988. Dibintangi oleh aktris Chelsea Islan, Tara Basro dan Bunga Citra Lestari.

"Saat ini peminatnya luar biasa. Dulu saya berlatih (tahun 2012) masih sedikit orangnya. Tapi ketika ini tiba dari mana-mana dan jumlahnya banyak luar biasa," ujar instruktur panah Eka Septia Wulan ketika berbincang dengan Wolipop melalui telepon, Senin (14/9/2015).

wanita yang menekuni panah semenjak 2012 ini menambahkan, selama menjadi pengajar di awal 2015, belum dewasa menjadi akseptor yang paling banyak. Namun ada pula muridnya yang orang cukup umur hingga yang paling renta berusia 64 tahun.

Apa hal yang paling menyenangkan dari olahraga panah dan ibarat apa manfaatnya? Menurut wanita yang biasa disapa Wulan ini, sebagian keuntungannya untuk membangun huruf anak yg sanggup menjadi sebagian aktivitas dalam sekolah panah daerah ia bekerja, Indonesian Archery School Program.

dan Manfaat Olahraga Panahan

"Kalau latihan panah untuk jalur prestasi kita akan bantu, tapi kita sendiri lebih concern di character building dan hobi," tutur wanita berusia 29 tahun ini.

Wulan menambahkan, panah juga sanggup menjadi terapi untuk anak berkebutuhan khusus. Tujuannya semoga mereka lebih relaks dan mengendalikan diri.

"Di panah diajarkan untuk tenang, relaks, nggak terburu-buru, nggak boleh tegang atau kaku," terangnya.

Bagaimana dengan keuntungannya untuk orang dewasa? Tak jauh berbeda dari anak-anak. lainnya untuk melatih koordinasi antara gerakan tangan dan mata, fleksibilitas jari-jari, melatih kesabaran, meningkatkan fokus dan kepercayaan diri.

Seperti dikutip dari Health Fitness Revolution, panah juga sanggup menjadi daerah sosialisasi. Orang dari aneka macam rentang usia dan pekerjaan sanggup menikmati olahraga panah dan hampir semua kalangan sanggup ikut berpartisipasi dalam kompetisi. Ditambah lagi bila kompetisi dilakukan per kelompok, olahraga ini sanggup melatih kemampuan kolaborasi tim. Tertarik berguru panah?

Sumber http://kegunaanid.blogspot.com


EmoticonEmoticon