Senin, 06 Agustus 2018

Pengertian Penemuan Berdasarkan Para Hebat Dan Ciri-Cirinya | Ayoksinau.Com

Inovasi – Pada pembahasan kali ini Ayoksinau.com akan membahas wacana inovasi. Apakah kalian sudah tahu apa itu inovasi, ciri-ciri penemuan dan tujuan inovasi? Nah, kalau kalian belum mengetahuinya mari kita bahas bantu-membantu apa itu inovasi.

 Apakah kalian sudah tahu apa itu penemuan Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan Ciri-Cirinya | Ayoksinau.com
Pengertian Inovasi, Ciri-Ciri dan Tujuan Inovasi

Inovasi dalam bahasa inggris yaitu innovation yang mempunyai arti suatu proses atau hasil pemanfaatan dan pengembangan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang bertujuan untuk memperbaiki dan membuat produk dan jasa, proses, sistem baru, yang sanggup memperlihatkan nilai yang sangat berarti dan secara signifikan. Inovasi juga biasanya di sebut dengan reka baru, suatu objek juga mempunyai arti suatu terobosan gres yang di buat untuk menuntaskan persoalan atau perkembangan yang di butuhkan.

Inovasi ialah suatu inspirasi atau gagasan gres yang belum pernah ada atau pun yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Seseorang yang membuat atau menyetuskan penemuan disebut Inovator. Inovasi biasanya berisi wacana temuan-temuan gres mengenai sebuah hal yang diteliti oleh orang yang membuat penemuan atau yang sering disebut inovator. Inovasi yang di buat tentunya banyak sekali percobaan-percoban yang gagal kemudian dibangun kembali hingga menemukan yang benar-benar di butuhkan.

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

1) Menurut Van de Ven dkk, penemuan ialah suatu pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan gres oleh orang dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan dengan aneka macam acara transaksi di dalam tatanan organisasi tertentu.

2) Kuniyoshi Urabe beropini bahwa penemuan ialah kegiatan-kegiatan yang tidak sanggup dihasilkan dalam sekaligus melainkan harus melalui suatu proses yang panjang yang terdiri dari banyak proses dalam pengambilan keputusannya, dimulai dari penemuan gagasan atau inspirasi hingga ke implementasiannya kepada publik.

3) Menurut Everett M. Rogers, penemuan ialah sebuah inspirasi atau gagasan dan praktik yang didasari serta diterima sebagai suatu hal yang gres oleh seseorang atau pun kelompok tertentu semoga sanggup diaplikasikan atau pun diadopsi.

Ciri-Ciri Inovasi

Adapun ciri-ciri dari penemuan ialah sebagi berikut.

1) Khas

Ciri yang pertama ialah khas, Inovasi harus khas. Inovasi yang khas mempunyai ciri tidak pernah dimiliki orang lain sebelumnya. Sehingga gagasan atau fatwa tersebut belum pernah ada sebelumnya. Tanpa ciri khas sebuah penemuan tidak akan di katakan penemuan baru.

2) Baru

Ciri penemuan yang ke dua ialah baru. Setiap penemuan harus merupakan ide/gagasan yang tentunya harus gres yang memang belum pernah dicetuskan dan dipublikasikan sebelumnya.

3) Terencana

Ciri ketiga dari sebuah penemuan ialah terencana. Terencana maksutnya tersusun, sehingga benar-benar akan di wujudkan.

4) Memiliki Tujuan

Ciri-ciri yang ke empat pada penemuan ialah mempunyai tujuan. Sebelumnya sudah dijelaskan, penemuan merupakan acara atau kegiatan terpola dan direncanakan mempunyai tujuan untuk membuatkan dan mengeksplor objek tertentu, tujuan tersebut sanggup membuatkan objek atau gagasan tertentu.

Tujuan Inovasi

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa penemuan itu mempunyai tujuan. Adapun tujuan dari penemuan ialah sebagai berikut:

1) Untuk Meningkatkan Kualitas

Meningkakan kualitas produk atau jasa tentunya harus ada penemuan yang berkesinambungan, yang artinya secara terus menerus harus di kembangakan. Sehingga sanggup meningkatkan kualitas yang sanggup berdampak bagi kualitas perusahaan lebih baik lagi.

2) Untuk Mengurangi Biaya Tenaga Kerja

Dengan adanya penemuan perusahan sanggup mengurangi biaya tenaga kerja, misalkan kalau ingin  memproduksi suatu produk yang sebelumnya secara manual atau konvensional dengan adanya penemuan sanggup di kembangkan dengan memakai mesin, yang tentunya sanggup menghemat waktu serta biaya tenaga kerja. Dengan adanya penemuan tersebut sanggup memproduksi lebih cepat.

3) Untuk Menciptakan Pasar Baru

Tidak menutup kemungkinan dengan adanya penemuan sanggup membuat pasar baru, seseorang sanggup mebuka atau memulai bisnis yang baru.

4) Untuk Memperluas Jangkauan Produk

Dengan adanya penemuan perusahaan sanggup memperluas jangkauan produk dengan memproduksi lebih banyak dari sebelum menerapkan inovasi.

5) Untuk Mengurangi Kerusakan Lingkungan Hidup

Berinovasi mengurangi kerusakan lingkungan hidup, secara konvensional atau manual memakai materi bakar kayu contohnya atau mesin-mesin lainnya, dengan menerapkan penemuan sanggup memakai materi bakar yang ramah lingkungan contohnya materi bakar alternatif sehingga polusi-polusi udara sangat berkurang.

6) Untuk Mengganti Produk atau Pelayanan Yang Telah Ada

Dengan menerapkan penemuan prusahaan sanggup membuatkan produk atau pelayanan. Misalnya produksi motor, dengan adanya inovas kini banyak sekali jenis-jenis motor yang baru. Honda mengeluarkan penemuan matic kendaraan beroda empat pun berinovasi. Meraka berinovasi dan berlomba-lomba membuatkan produknya.

7) Untuk Mengurangi Konsumsi Penggunaan Energi

Berinovasi juga mengurangi energi. Misalkan bola lampu, dulu bola lampu sangat menyedot energi listrik banyak. Dengan adanya penemuan dan berinovasi sanggup di kembangkan, dan kini bola lampu dengan daya 8 watt saja sudah sangat bermanfaat.

8) Untuk Menyesuaikan Diri Dengan Peraturan

Ada juga perusahan berinovasi karna tuntutan perusahaan yang mengharuskan. Biasanya dengan adanya pesaing mereka berlomba-lomba untuk membuatkan dan sangat diwajibkan.

Nah itu tadi pengertian inovasi, ciri-ciri dan jenis-jenis inovasi, semoga sanggup membantu. Untuk artikel-artikel menarik lainnya kunjungi terus Ayoksinau.com. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel berikut:

Pegertian Komik Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri Komik, dan Jenis-Jenis Komik | Ayoksinau.com

Inilah Tes IQ, Tes Intelegensi Yang Bisa Anda Coba | Ayok Sinau

Contoh Soal psikotes beserta kunci tanggapan dan pembahasannya

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Yang Benar

 


Sumber https://www.ayoksinau.com


EmoticonEmoticon