Senin, 06 Agustus 2018

Pengertian Url Fungsi Dan Contohnya

Pengertian Url Fungsi dan Contohnya - World Wide Web yaitu koleksi besar file elektronik yang tersimpan di jutaan komputer di seluruh dunia. Uniform Resource Locators atau URL yaitu alamat yang di gunakan untuk menemukan file. Semua informasi yang terkandung dalam URL menunjukkan kekuatan untuk berpindah dari satu halaman situs pada situs lainnya dengan hanya satu klik.

Pada ketika anda mengetikan URL di browser atau klik link hypertext, browser akan mengirim ajakan ke komputer server web, untuk mend0wnl0ad satu atau lebih file. Dan setiap URL unik, mengidentifikasi satu file tertentu.
 World Wide Web yaitu koleksi besar file elektronik yang tersimpan di jutaan komputer di s Pengertian Url Fungsi dan Contohnya
URL
Berikut ialah ciri yang khas dari URL?
  • http://belajar.kemdikbud.go.id/ : Merupakan homepage dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan indonesia.
  • http://www.facebook.com/pustekkom. Ini ialah Halaman facebook  Pusat TI / Teknologi Informasi - Kementrian Pendidikan & Kebudayaan.
  • ftp://rtfm.mit.edu/pub/. Sebuah direktori file di MIT yang tersedia untuk di d0wnl0ad.
  • news : rec.gardens.roses. Ini ialah sebuah  newsgroup dengan topik berkebun.
  • http ://blogs.reuters.com/soccer. Blog khusus sepak bola dari kantor informasi Reuters.
  • http://www.kangmuizz.com. Adalah blog terbaru yang membahas secara detail ihwal TIK dan TKJ.

Mengenal Bagian-bagian URL

Bagian pertama dari URL ( sebelum dua garis miring ) memberitahu jenis sumber daya atau metode jalan masuk di alamat itu dan juga sebagai pola http:, ftp: dan file:.
http: Adalah dokumen hypertext atau direktori
ftp: Adalah file yang tersedia untuk di-d0wnl0ad atau direktori file tersebut news : newsgroup
file: Adalah file yang disimpan pada penyimpanan komputer anda.

Bagian kedua kebanyakan merupakan alamat komputer di mana data atau server berada. Bagian penambahan sanggup saja memastikan nama file, port untuk menghubungkan ke dalam database, atau text untuk mencari dalam database.

Bagian-bagian dari URL

URL paling lengkap umumnya terdiri dari tiga komponen : protokol, nama website, dan path absolut ke dokumen atau sumber daya, ibarat yang ditunjukkan pada url di bawah ini.
http:// www.example.com /2011/samples/first.html
Hal penting pertama yang dilakukan yaitu URL memastikan protokol mana yang akan dipakai untuk transaksi tertentu. Aturan HTTP membiarkan server tahu untuk menggunakan Hypertext Transfer Protocol, atau masuk ke dalam "modus web" www.example.com

Untuk bab berikutnya dari URL ialah mengidentifikasi web dengan nama domainnya. Dalam pola ini, nama domain yaitu example.com. www di bab awal merupakan nama host tertentu di domain tersebut. Nama host "www" sudah menjadi sebuah kesepakatan. Namun, terkadang nama host sanggup dihilangkan, tergantung pengaturan dari adminnya sendiri.

Ada juga yang lebih dari satu situs di domain (atau yang lebih dikenal dengan subdomain). Contohnya Pintarkomputer.blogspot.org, clients.example.org, dan sebagainya. develoved disini sebagai nama web blogspot.com sebagai subdomain, .org sebagai domain nya.

Selain .org dan .com, ternyata masih banyak nama-nama domain yang sanggup anda gunakan. Dan nama-nama domain tersebut sanggup menjadi ciri khas dari website anda. Dari pada anda galau silahkan baca artikel "Nama Nama Domain Negara"

Bagian URL

/2012/samples/first.html
Ini merupakan path otoriter melewati direktori pada sebuah server ke dokumen HTML yg diminta, first.html. Kata-kata dipisahkan oleh garis miring merupakan nama direktori, dimulai dgn direktori root dari host (seperti yang ditunjukkan oleh awal /), memberikan mau menggunakan protokol HTTP utk mengakses ke server situs di Internet dinamakan www.example.com dan meminta first.html dokumen (terletak di direktori pola yang ada di direktori 2012).

Sebahagian dari URL yg sanggup menggunakan awalan/start dgn http, yg merupakan abreviasi dari Hypertext Transfer Protocol, metode yg file HTML yg ditransfer lewat Website. Berikut ialah sekian banyak hal-hal lain utk mengetahui mengenai URL :

URL umumnya tidak memiliki spasi.
Sebenarnya penulisan URL tidak sensitif pada karakter besar atau kecil. Makara jikalau kita mengetik url dengan mengetik "http://www.PintarKomputer.Org" atau "HTTP://WWW.PINTARKOMPUTER.ORG" atau variasi karakter besar dan kecil maka url tersebut akan menuju ke halaman yang sama.

Namun apabila mengetik URL salah maka, browser tidak akan sanggup menemukan website atau sumber yang inginkan. Untuk penulisan yang salah, jikalau anda ingin mengakses situs ini maka anda harus mengetik di andress kafe dengan www.pintarkomputer.org, namun jikalau anda mengetik www.pintarkomputer.co maka anda akan menuju ke blog orang orang lain, atau mungkin anda akan di redirect ke mercusuar.
Mungkin itu saja dari saya mengenai pengertian url dan fungsinya, semoga bermanfaat hingga ketemu lagi dalam pembahasan selanjutnya, terimakasih sudah mampir, wassalam.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/


EmoticonEmoticon