Rabu, 01 Agustus 2018

Skripsi Komputerisasi Sistem Manajemen Pada Toko Kerajinan Kulit X Dengan Visual Foxpro

(Kode INFORMAT-0006) : Skripsi Komputerisasi Sistem Administrasi Pada Toko Kerajinan Kulit X Dengan Visual Foxpro

BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang
Tidak efisiennya kerja para karyawan Toko X serta pencatatan data yang tidak memiliki struktur dan kekerabatan yang terang merupakan salah satu kendala kalau ingin dilakukan modifikasi pada data Toko X. Akses dan modifikasi data yang dimaksud contohnya :
Berapa perolehan uang dari penjualan barang dalam satu periode waktu tertentu dan dari perolehan uang tersebut berapa jumlah keuntungan bersihnya ?
Sistem sederhana yang selama ini digunakan oleh Toko X kurang relevan lagi, yaitu semua transaksi yang terjadi sehari-hari hanya dicatat dalam buku penjualan dan pihak toko hanya memperlihatkan bon kepada pembeli berupa kertas bon dengan goresan pena tangan saja. Untuk kebutuhan laporan, baik laporan harian maupun laporan bulanan, data-data penjualan tersebut disortir kembali sesuai dengan kebutuhan laporan yang akan dibuat. Apabila sistem ini dipertahankan untuk digunakan terus, maka akan timbul kesulitan-kesulitan dalam pengelolaannya. Pengelolaan sejumlah data secara manual memungkinkan terjadinya hasil yang kurang teliti dan tidak sempurna waktu, lantaran keterbatasan kemampuan hitung manusia. Oleh alasannya itu dibutuhkan suatu pengembangan sistem informasi yang handal dan bisa menunjang akomodasi dalam hal pemasukan data, perawatan, proses, hingga penyajian data dalam bentuk laporan-laporan dan pengarsipan informasi yang tepat, cepat dan akurat.
Untuk memperoleh informasi yang selalu up-to-date, rapi dan teratur, dibutuhkan pengelolaan informasi yang cepat dengan hasil yang akurat dan sempurna waktu. Hal ini tentu saja sangat membantu sebuah toko dalam proses administrasinya.
Kecepatan dalam hal pelayanan dan keakuratan penyajian data ialah hal yang sangat penting dalam operasional sebuah toko. Kecepatan pelayanan akan memperlihatkan kepuasan kepada pembeli, sedangkan keakuratan data akan memudahkan pihak manajemen dalam mengambil/menetapkan keputusan suatu kebijakan.
Pembuatan aktivitas yang bisa meliputi keseluruhan data dan informasi pada Toko X beserta semua variabel yang menyertainya diharapkan sanggup memperlihatkan informasi yang cepat dan akurat.
Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dibentuk suatu perancangan sistem berbasis komputer guna menangani permasalahan tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengaplikasikan perancangan sistem ini ialah Software Visual Foxpro.

1.2. Perumusan Masalah
Perumusan dilema dibutuhkan biar sanggup memperjelas dilema yang dihadapi dan memberi arah pemecahannya. Sesuai dengan latar belakang diatas, maka dalam penulisan Tugas Akhir ini Penulis merumuskan sebagai berikut :
- Bagaimana perbandingan sistem manajemen toko antara masih memakai sistem manual dengan sehabis memakai sistem komputerisasi.
- Bagaimana mengimplementasikan semua unsur yang membentuk sistem manajemen toko dalam sebuah sistem komputerisasi yang terintegrasi.
- Apakah sistem komputerisasi merupakan solusi terbaik dalam menghadapi permasalahan manajemen toko di Toko X.

1.3. Batasan Masalah
Penulis dalam hal ini membatasi dilema pada pengembangan sistem untuk mengelola transaksi penjualan, transaksi retur, transaksi garansi, manajemen karyawan, proteksi karyawan, penggajian karyawan, data barang jadi yang siap dijual, serta perhitungan laba/rugi toko.

1.4. Metodologi
Adapun urutan metodologi yang diterapkan ibarat yang tercantum dibawah ini :
a. Studi lapangan, pengumpulan data-data yang dibutuhkan dengan jalan melaksanakan pengamatan dan pencatatan data secara pribadi ke lapangan.
b. Studi ke perpustakaan dengan cara membaca literatur data buku-buku yang berkaitan secara pribadi pada permasalahan diatas.
c. Dokumentasi terhadap data-data yang berafiliasi dengan sistem manajemen.
d. Perencanaan sistem.
e. Ujicoba (debugging) aktivitas yang telah dibuat, dan simulasi dengan mencoba memasukkan data yang sebenarnya.
f. Pembuatan laporan dari perancangan sistem secara lengkap.

1.5. Tujuan
Tujuan dari pengembangan Sistem Informasi di Toko X ini antara lain :
a. Dapat memperlihatkan informasi yang akurat kepada pihak-pihak yang membutuhkan, apabila diinginkan. Khususnya dalam bidang posisi stok barang.
b. Mendukung pengambilan keputusan secara sempurna dan cepat oleh pihak pemilik toko guna mengetahui produk model apa yang ketika itu sedang laris keras di pasaran dan produk model apa yang tidak.

1.6. Manfaat
a. Bagi Toko : hasil kiprah tamat dan analisa diharapkan sanggup memperlihatkan perubahan dari yang semula manual menjadi komputerisasi sehingga memperlihatkan nilai lebih dalam bidang pelayanan terhadap pembeli dan bagi pengambil keputusan/kebijaksanaan.
b. Bagi penulis : hasil kiprah ini diharapkan sanggup lebih meningkatkan wawasan pengetahuan wacana ilmu yang telah diperoleh.
c. Bagi pihak luar : hasil penelitian sanggup dipergunakan untuk penelitian selanjutnya.

1.7. Ruang Lingkup
Ruang lingkup pengembangan sistem ini antara lain ialah data barang, data retur penjualan, data garansi, data karyawan, data proteksi dan penggajian karyawan, data penjualan, dan penyajian data-data dalam bentuk laporan yang diberikan setiap periode waktu tertentu.

1.8. Sistematika Penulisan
Tugas tamat ini terdiri dari beberapa kepingan dan sub bab. Berikut ini ialah uraian ringkas dari keseluruhan materi mulai dari kepingan I hingga dengan kepingan V.
Bab I : Pendahuluan
Dalam kepingan ini menjelaskan wacana latar belakang masalah, tujuan, permasalahan yang timbul, pembatasan permasalahan yang timbul dengan batasan-batasan tertentu, metodologi penelitian dari awal perencanaan gagasan hingga terwujudnya gagasan tersebut dan terakhir membahas sistematika penulisan Tugas Akhir ini pada masing-masing bab.
Bab II : Landasan Teori
Dalam kepingan ini menjelaskan mengenai teori-teori dan teknik perancangan sistem yang mendukung untuk menciptakan perencanaan sekaligus perancangan sistem yang akan diwujudkan hingga sanggup bekerja dengan baik apabila kelak diimplementasikan.
Bab III : Analisa Permasalahan
Dalam kepingan ini membahas permasalahan yang muncul ketika masih digunakan sistem yang usang serta analisa terhadap permasalahan tersebut ketika dilakukan implementasi sistem yang baru.
Bab IV : Pembahasan Dan Implementasi Program
Dalam kepingan ini menjelaskan wacana langkah-langkah pemecahan dilema dan pengujian terhadap rancangan sistem yang sudah sanggup diwujudkan.
Bab V : Kesimpulan dan Saran
Dalam kepingan ini memberikan hasil kesimpulan dari penulisan secara keseluruhan dan saran-saran yang diharapkan untuk melaksanakan pengembangan lebih lanjut terhadap sistem yang sudah diwujudkan.
Sumber http://gudangmakalah.blogspot.com


EmoticonEmoticon