Selasa, 13 November 2018

Fakta Unik Dan Mengerikan Mengenai Dunia Binatang Hutan Amazon

Hutan Amazon yang mengerikan yaitu rumah bagi lebih dari 2.000 lebih spesies hewan. Berbicara binatang hutan Amazon dan sungainya tak akan ada habis-habisnya. Selain dunia binatang yang kaya ragamnya, di paru-paru dunia ini juga terdapat beberapa jenis binatang langka. Salah satunya yaitu Gold Lion Tamarin yang terancam punah. Tak kalah menarik juga jikalau menelusuri dunia binatang Sungai Amazon yang asing dan tak kalah mengerikan.


Dunia Hewan Hutan Amazon


Hutan Amazon biasa disebut dengan Rainforest Amazon atau jikalau diartikan ke bahasa Indonesia berarti Hutan Hujan Amazon. Selain itu, wilayah ini juga dikenal sebagai Amazonia atau, yang merupakan hutan hujan terbesar di dunia. Jenis binatang hutan Amazon terdiri dari 427 mamalia ibarat jaguar, kungkang, lumba-lumba sungai dan masih banyak lagi. Dilengkapi dengan sekitar 1.300 jenis burung. Salah satu binatang hutan amazon dari jenis burung yang paling tekenal yaitu jenis burung macaw. Beberapa diantaranya sudah dibahas di artikel mengenai burung tercantik di dunia.


Kemudian, binatang hutan amazon juga terdiri dari 378 jenis reptil. Yang mana diantaranya yang paling ikonik yaitu ular anaconda atau kadal jesus. Sedangkan binatang amfibi ada lebih dari 400 spesies. Contohnya katak beling dan katak panah beracun. Luas hutan Amazon meliputi 40% dari luas keseluruhan benua Amerika Selatan yang meliputi negara-negara berikut: Peru, Kolombia, Ekuador, Brasil, Venezuela, Brasil, Suriname, Bolivia, Guyana, dan Guyana Prancis.


Hutan Amazon terdiri dari beberapa macam ekosistem dan vegetasi dan dunia binatang di tempat ini sangat kaya akan spesies hewan. Sepersepuluh spesies binatang yang ada di dunia ada di Hutan Amazo. Sementara dari kategori burung, ada seperlima spesies burung dunia hidup di hutan ini. Amazon yaitu rumah bagi 2.000 jebih jenis burung dan mamalia. Dan kali ini kita akan mengulas beberapa spesies binatang yang paling populer dari Hutan Amazon. Inilah binatang hutan Amazon yang paling dikenal di seluruh dunia.


Ular Anaconda


Hutan Amazon yang mengerikan yaitu rumah bagi lebih dari  Fakta Unik dan Mengerikan Mengenai Dunia Hewan Hutan AmazonJika mendengar kata Anaconda, niscaya sudah tidak asing lagi di indera pendengaran kita. Hewan ini yaitu ular terbesar di dunia, dan juga terberat dan yang paling berpengaruh di dunia. Juga termasuk jenis ular paling populer di dunia. Anaconda sanggup tumbuh hingga sepanjang 10 meter dengan berat hingga 275 kg. Ukuran ular segitu bisa dibilang sebagai ular raksasa. Apalagi berpengaruh dan lincah, mengakibatkan anaconda sebagai salah satu penghuni sungai Amazon yang paling ditakuti. Tubuh ular anakonda terus berkembang selama masih hidup.


Hal yang menciptakan binatang ini sebagai binatang mengerikan di sungai Amazon lantaran memakan mangsa sekitar 20 kg jikalau harus makan setiap hari. Sedangkan jikalau mendapat masakan yang lebih besar yang dilahap utuh, cukup untuk puasa berminggu-minggu. Anaconda betina biasanya lebih besar dari yang jantan dan melahirkan 20 hingga 40 ekor anak anaconda dengan panjang 60 cm.


Jaguar


Hutan Amazon yang mengerikan yaitu rumah bagi lebih dari  Fakta Unik dan Mengerikan Mengenai Dunia Hewan Hutan AmazonHewan hutan Amazon ini yaitu raja hutan yang sesungguhnya. Jaguar yaitu jenis kucing terbesar di Amerika. Tapi peringkat ketiga di seluruh dunia sesudah singa dan harimau. Warna bulu dengan bintik-bintik mereka ibarat bunga mawar pada badan jaguar menciptakan membuat binatang ini terlihat unik dari kucing besar lainnya. Jaguar mempunyai kekuatan gigitan paling berpengaruh dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Hal tersebut didukung oleh rahangnya yang sangat berpengaruh yang tidak bisa dibandingkan dengan jenis kucing predator lainnya. Bahkan dengan satu gigitan jaguar, bisa menusuk tulang dan bisa juga menembus cangkang penyu laut. Hewan ini yaitu binatang pembunuh yang hidup menyendiri dan biasanya memanjat pohon untuk memudahkan dalam menerkam mangsa.


Tenggiling Raksasa


Hutan Amazon yang mengerikan yaitu rumah bagi lebih dari  Fakta Unik dan Mengerikan Mengenai Dunia Hewan Hutan AmazonHewan lamban ini suka memakan serangga ibarat semut. Sama ibarat tenggiling pada umumnya, moncong dan pengecap panjang tenggiling raksasa cocok untuk menangkap serangga kecil dengan gampang di mana pun ia berada. Jenis tenggiling ini dibilang raksasa lantaran ukuran tubuhnya jauh lebih besar dari binatang pemakan semut lainnya. Ukuran panjang badan tenggiling raksasa sampaumur lebih dari 2 meter. Yang unik dari penghuni hutan Amazon ini dibandingkan dengan binatang pemakan semut lainnya yaitu tetap berada di luar pepohonan atau tanah terbuka di hutan Amazon untuk mengembara mencari makanan, yaitu serangga.


Capybara


Hutan Amazon yang mengerikan yaitu rumah bagi lebih dari  Fakta Unik dan Mengerikan Mengenai Dunia Hewan Hutan AmazonDari segi rupa, capybra ibarat dengan dengan cavy dan babi air. Bulunya berwarna coklat gelap. Capybara sampaumur mempunyai tinggi sekitar 60 cm dari tanah hingga pundak bahu dengan panjang sekitar 120 cm. Beratnya bisa mencapai 75 kg. Dengan demikian, binatang hutan amazon ini termasuk binatang pengerat paling besar. Bayangkan jikalau ada tikus sebesar Capybara bersembunyi di dumah kamu? Pasti kagetnya luar biasa. Hewan ini bisa dikatakan sebagai tikus raksasa hutan Amazon. Hidupnya tidak jauh dari tempat berair ibarat sungai Amazon dan lahan berair lainnya.


Elang Perampas


Hutan Amazon yang mengerikan yaitu rumah bagi lebih dari  Fakta Unik dan Mengerikan Mengenai Dunia Hewan Hutan AmazonBurung raptor manis ini atau disebut juga dengan elang harpy, ada juga yang hidup di banyak sekali wilayah Amerika Tengah selain hutan Amazon. Meskipun elang perampas ini merupakan pemburu yang lihai, habitatnya kini sangat terancam dari acara manusia. Hal ini disebabkan lantaran sebagian besar wilayah Amazon sudah dibuka untuk pengembangan lahan. Elang harpy jantan mempunyai berat hingga 10 kg, sedangkan yang betina  bisa mencapai dua kali lebih besar daripada pejantannya.


Iguana Hijau


Hutan Amazon yang mengerikan yaitu rumah bagi lebih dari  Fakta Unik dan Mengerikan Mengenai Dunia Hewan Hutan AmazonBanyak orang yang memelihara iguana hijau di banyak sekali penjuru belahan dunia. Iguana hijau kadang kala hanya disebut dengan iguana. Tidak ibarat kebanyakan jenis reptil, kadal ini lebih suka makan sayuran, buah-buahan, bunga dan daging binatang lainnya. Iguana hijau yaitu iguana raksasa yang sanggup tumbuh hingga sepanjang 185 cm diukur dari kepala hingga ke ekor.


Kadal Jesus


Hutan Amazon yang mengerikan yaitu rumah bagi lebih dari  Fakta Unik dan Mengerikan Mengenai Dunia Hewan Hutan AmazonDiberi nama dengan kadal jesus lantaran kemampuannya berjalan di atas air, sama ibarat dongeng Yesus yang berjalan di maritim Galilea yang tertulis di Alkitab. Ketika kadal jesus melarikan diri mangsanya, biasanya ia menuju ke permukaan air ibarat genangan air atau sungai dengan kecepatan fatwa air maksimal kecepatan 10 km/jam hingga jarak 20 meter. Hewan hutan Amazon ini sanggup melaksanakan agresi luar biasa dengan jari-jari kakinya yang mempunyai selaput khusus. Hal tersebut memungkinkan kadal jesus bangkit dengan dua kaki belakang.


Golden Lion Tamarin


Hutan Amazon yang mengerikan yaitu rumah bagi lebih dari  Fakta Unik dan Mengerikan Mengenai Dunia Hewan Hutan AmazonHewan asing ini bahwasanya yaitu jenis monyet yang mendapat namanya diambil dari jenis kucing liar yaitu singa lantaran warna bulunya yang mengesankan. Bulunya tebal dengan warna ibarat emas yang indah, dan di sekitar wajah berwarna hitam karismatik. Golden Lion Tamarin sanggup tumbuh hingga sepanjang 25 cm. Sedangkan ekornya bisa lebih panjang dari ukuran tubuhnya hingga  38 cm.


Golde Lion Tamarin betina sering melahirkan anak kembar, sedangkan pejantannya memainkan tugas sebagai perawat anak-anaknya dengan membawanya di punggung ketika mencari makan. Golden Lion Tamarin tidur di lubang-lubang pohon pada malam hari dan aktif mencari makan di siang hari. Hewan hutan Amazon ini hidup berkelompok yang terdiri dari 2 hingga 8 ekor yang masih anggota keluarga, dan menggunakan gejala bacin atau suara-suara untuk memberi instruksi kepada golden lion tamarin lain yang menandai tempat kekuasaannya.


Serangga Berkepala Kacang


Hutan Amazon yang mengerikan yaitu rumah bagi lebih dari  Fakta Unik dan Mengerikan Mengenai Dunia Hewan Hutan AmazonHewan berkepala berbentuk kacang ini disebut juga dengan peanut-head bug atau lalat lentera, ular terbang, serangga buaya atau jangkrik ular. Mirip ibarat kupu-kupu. Serangga berkepala kacang merupakan mahluk misterius dari Amazon. Aneh lantaran bentuk tubuhnya yaitu kepalanya yang sangat ibarat dengan kacang. Kepalanya besar dengan tonjolan bulat.


Para ilmuwan belum mengetahui apa fungsi kepala serangga ini. Tetapi sangat diyakini mungkin menggandakan kepala kadal untuk menyiasati predator semoga bisa melarikan diri. Sedangkan sayapnya yang unik dengan bintik-bintik yang tampak ibarat mata burung hantu. Ada mitos yang menyampaikan bahwa gigitan serangga berkepala kacang bisa mematikan bergantung pada mood sayapnya. Tetapi faktanya adalah, serangga kepala kacang tidak berbahaya tak berdaya dan hanya merupakan serangga ibarat yang biasa kita temui.


Katak Kaca


Hutan Amazon yang mengerikan yaitu rumah bagi lebih dari  Fakta Unik dan Mengerikan Mengenai Dunia Hewan Hutan AmazonSeperti namanya, kulit katak beling tembus cahaya dan sebagian berwarna hijau limau. Tembus cahanya maksudnya kau bisa melihat perut, jantung, hati dan banyak sekali organ badan lainnya. Seperti penglihatan menggunakan X-Ray. Hewan hutan amazon yang unik ini bebas melompat diantara pepohona dan kadang ke perairan apalagi pada ketika telur-telurnya gres menetas.


Lumba-Lumba Sungai Amazon


Hutan Amazon yang mengerikan yaitu rumah bagi lebih dari  Fakta Unik dan Mengerikan Mengenai Dunia Hewan Hutan AmazonSalah satu penghuni sungai Amazon yang paling dikenal yaitu lumba-lumba sungai Amazon atau disebut juga dengan Boto. Hewan sungai Amazon ini terlihat manis dengan tubuhnya yang berwarna pink dan bisa ukuran sampaumur nya lebih besar dari ukuran manusia. Warna lumba-lumba ini berbeda dari jenis lumba-lumba lainnya lantaran kapiler darahnya berada di erat permukaan kulit.


Kinkajou


Hutan Amazon yang mengerikan yaitu rumah bagi lebih dari  Fakta Unik dan Mengerikan Mengenai Dunia Hewan Hutan AmazonKinkajou merupakan jenis rakun dengan kulit yang mempunyai bulu keemasan dan dengan ekor yang bisa mencengkeram ranting pohon. Kinkajou lebih dikenal dengan nama beruang monyet atau monyet singa. Hewan hutan Amazon ini jarang terlihat lantaran binatang ini yaitu binatang nokturnal (hewan malam) yang melekat di puncak pohon. Kinkajou menggunakan lidahnya yang panjang sepanjang 15 cm untuk memetik buah sebagai makanannya. Hewan ini juga suka menyedot madu bunga dan makanannya 90 persen yaitu buah-buahan. Meski begitu, binatang ini tergolong ke jenis binatang karnivora. Ada juga kinkajou dibentuk sebagai binatang peliharaan walaupun binatang ini membawa parasit, yaitu cacing gelang.


Kungkang


Hutan Amazon yang mengerikan yaitu rumah bagi lebih dari  Fakta Unik dan Mengerikan Mengenai Dunia Hewan Hutan AmazonSalah satu binatang yang paling untuk di dunia yaitu kungkang. Hewan ini dikenal sebagai binatang mamalia berjari tiga yang sangat lamban. Hewan hutan Amazon ini serba lambat dalam segala hal. Mulai dari gerakannya dan juga perlu tidur selama 10 jam sehari. Sementara bergerak hanya jikalau diharapkan saja. Tidak hanya pergerakannya saja. Mencerna masakan semoga jadi sumber tenaga juga butuh waktu sekitar sebulan. Selain itu, masakan utama kungkang yaitu daun yang dipetik menggunakan lidahnya yang panjangnya bisa mencapai 30 cm. Tidak mengherankan jikalau dua pertiga tubuhnya terdiri dari isi perut. Sementara suhu badan kungkang rendah, yaitu 30 derajat celcius.


Katak Panah Racun


Hutan Amazon yang mengerikan yaitu rumah bagi lebih dari  Fakta Unik dan Mengerikan Mengenai Dunia Hewan Hutan AmazonKatak panah racun bertentangan dengan namanya Tidak mematikan sama sekali lantaran spesies katak panah racun yang termasuk ke daftar hewan yang paling mematikan hanya 3 spesies. Sementara diantara semua katak panah racun yang paling berbahaya yaitu katak panah racun emas. Katak panah racun biasa terlihat manis dan menarik dengan banyak sekali warna termasuk warna emas, kuning, merah, tembaga, hijau, hitam atau biru. Warna-warna tersebut dipakai untuk menyiasati predator atau disebut juga sebagai pewarnaan aposematic.


Burung Macau


Hutan Amazon yang mengerikan yaitu rumah bagi lebih dari  Fakta Unik dan Mengerikan Mengenai Dunia Hewan Hutan AmazonMacau yaitu burung hutan Amazon yang berasal dari Amerika Selatan. Hewan penghuni hutan Amazon ini yaitu burung sosial yang biasanya terlihat berkelompok dengan ukuran badan sekitar 25 hingga 76 cm. Burung macau hanya setia satu pasangan hidup saja dan merupakan salah satu burung paling indah di dunia dengan warna bulu yang hidup. Paruhnya sangat berpengaruh dan bisa memecahkan kacang atau kulit biji kemiri dengan mudah. Sementara pengecap burung macau bersisik kering dan bertulang yang dipakai untuk menghisap buah-buahan. Beberapa jenis burung macaw termasuk dalam jenis burung yang bisa bicara.


Itulah tadi beberapa binatang yang paling ikonik penghuni hutan Amazon. Disamping itu, masih ada beberapa fakta hutan Amazon yang akan kita jabarkan di bawah ini;


Fakta Umum Mengenai Hutan Amazon


Hutan Amazon yang mengerikan yaitu rumah bagi lebih dari  Fakta Unik dan Mengerikan Mengenai Dunia Hewan Hutan Amazon



  • Para ilmuwan masih belum menemukan banyak sekali spesies binatang lain yang hidup di hutan Amazon. Sebagai contoh, murash tamarind yang merupakan spesies monyet yang gres ditemukan pada tahun 2009.

  • Beberapa binatang predator penghuni hutan Amazon yaitu Jaguar, Anaconda, Caiman, dan Golden Poison Dart Frog yang kecil tapi mematikan.

  • Keragaman jenis binatang penghuni Amazon sangat banyak. Mulai dari yang kecil hingga yang berukuran besar, yang kelihatan imut-imut hingga yang terlihat aneh, pendiam hingga berisik, dan yang paling berbahaya hingga yang tidak berbahaya sama sekali.

  • Spesies ikan penghuni sungai Amazon sangat banyak jenisnya. Ada sekitar 3.000 spesies ikan mulai dari yang imut hingga yang menyeramkan. Sebagai penghuni sungai Amazon yang aneh-aneh dan bahkan misterius dan mematikan, sungai Amazon dianggap sebagai sungai yang paling ditakuti di dunia. Jarang orang berani berenang di sungai Amazon. Kalau ada yang berani juga dianggap sebagai orang nekat yang berani mati.

  • Spesies burung penghuni hutan Amazon lebih dari 1.300 macam. Dan beberapa diantaranya paling menarik perhatian orang-orang pecinta burung di dunia.

  • Sungai Amazon yaitu rumah bagi lumba-lumba manis berwarna Pink, juga dikenal sebagai Amazon River Dolphin. Dengan panjang lebih dari 1,8 meter mengakibatkan lumba-lumba manis ini sebagai salah satu lumba-lumba air tawar terbesar di dunia.

  • Berbagai flora dan pohon membantu binatang hutan Amazon bertahan hidup. Selain itu, tugas ttumbuh-tumbuhan yang ada di hutan Amazon disebut sebagai paru-paru dunia.


Fakta Hewan Hutan Amazon yang Terancam Punah



  • Yang mengherankan adalah, ada sekitar 35 spesies binatang hutan Amazon punah setiap hari. Sekaligus menjadi sesuatu yang disayangkan lantaran semakin banyak spesies yang terancam punah di paru-paru dunia ini. Beberapa binatang hutan Amazon yang ketika ini terancam punah yaitu jaguar, gorilla, katak racun panah, burung macaw hyacinth, Golden Lion Tamarin, dan kungkang.

  • Beberapa alasan penurunan populasi binatang penghuni hutan Amazon yaitu penggundulan hutan, perburuan ilegal, perubahan lingkungan (seperti pemanasan global), dan penangkapan ikan yang berlebihan (baik legal maupun ilegal).

  • Banyak binatang penghuni hutan Amazon menghadapi ancaman penangkapan ilegal untuk diperdagangan sebagai binatang peliharaan. Contohnya yaitu burung Scarlet Macaw, yang merupakan merupakan salah satu burung tercantik dan terpintar yang bisa bicara.

  • Diperkirakan sekitar 20% hutan hujan Amazon telah rusak lantaran pengundulan hutan semenjak tahun 1960-an. Jika aktifitas ini terus berlanjut, diperkiraan bahwa sisa hutan ini yang tinggal setengahnya akan lenyap tujuh belas tahun ke depan. Ini berarti final dari habitat orisinil spesies yang tak terhitung jumlahnya dan penurunan jumlah spesies binatang yang drastis.

  • Bukan hanya insan yang menjadi ancaman penghuni Amazon, tetapi juga faktor lingkungan ibarat penurunan curah hujan dan pemanasan global yang berdampak negatif pada hewan.


Fakta Menarik Mengenai Sungai Amazon



  • Sungai Amazon yaitu sungai terpanjang di dunia dengan panjang 6.992 kilometer dan dihuni oleh beribu spesies binatang air tawar. Beberapa speses penghuni sungai Amazon populer mematikan, termasuk anaconda dan aligator berukuran raksasa.

  • 15 juta tahun lalu, air sungai Amazon mengalir ke arah yang berlawanan dari arah sekarang.

  • Tidak ada satupun jembatan dibentuk untuk menyeberangi Amazon. Mungkin lantaran tempat ini penuh dengan banyak sekali binatang yang berbahaya dan hutannya sangat lebat.

  • Sungai Amazon yaitu satu-satunya rumah bagi lumba-lumba berwarna pink.

  • 20 persen air tawar yang berada di bumi terdapad di sungai Amazon.

  • Beberapa tahun lalu, para peneliti Brasil menemukan bahwa ada sungai lain 4 km di bawah sepanjang jalur sungai Amazon. Dan lebarnya diduga ratusan kali lebih lebar dari sungai Amazon.

  • Sungai Amazon membanjiri hutan Amazon sepanjang tahun.

  • Sungai Amazon dan hutannya kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan di Afrika.

  • Selain Anaconda, predator terbesar dan paling ditakuti di Sungai Amazon yaitu buaya Black Caiman.

  • Hewan yang paling tidak masuk nalar yang bisa hidup di Sungai Amazon yaitu hiu banteng yang biasanya hidup di air asin atau laut.



Sumber https://www.wongunik.com


EmoticonEmoticon