PENGERTIAN KOMUNIKASI
Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”),secara etimologis atau berdasarkan asal katanya yaitu dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata communis ini mempunyai makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu perjuangan yang mempunyai tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna. Jadi, Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara verbal atau verbal yang sanggup dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang sanggup dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih sanggup dilakukan dengan memakai gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, contohnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara menyerupai ini disebut komunikasi nonverbal.
ARTI PENTING KOMUNIKASI
Komunikasi itu penting, semua orang tahu, sebab ini merupakan basic instinct dari setiap makhluk hidup. Setiap makhluk punya cara komunikasi masing-masing, setiap insan pun tak lepas dari cara beliau melaksanakan komunikasi. Kita tak bisa membeda-bedakan bahasa, suku, adat, kebiasaan, tradisi maupun agama sebab intinya berkomunikasi, memberikan pesan itu asal dilakukan dengan baik dan benar, serta dalam keadaan saling terbuka, fikiran jernih tanpa sentimen dan perasaan negatif, niscaya maksud yang ingin disampaikan sanggup diterima.
JENIS DAN PROSES KOMUNIKASI
Contoh model komunikasi yang sederhana digambarkan dibawah ini :
Jika salah satu elemen komunikasi tidak ada maka komunikasi tidak akan berjalan. Ada komponen-komponen dalam komunikasi antara lain :
Pengirim(Sender=Sumber) adalah seseorang yang mempunyai kebutuhan atau informasi serta mempunyai kepentinga mengkomunikasikan kepada orang lain.
Pengkodean (Encoding) adalah pengirim mengkodean informasi yang akan disampaikan ke dalam symbol atau isyarat.
Pesan (Massage), pesan sanggup dalam segala bentuk biasanya sanggup dirasakan atau dimengerti satu atau lebih dari indra penerima.
Saluran (Chanel) adalah cara mentrasmisikan pesan, misal kertas untuk surat, udara untuk kata-kata yang diucapkan.
Penerima (Recaiver) adalah orang yang menafsirkan pesan penerima, kalau pesan tidak disampaikan kepada peserta maka komunikasi tidak akan terjadi.
Penafsiran kode (Decoding) adalah proses dimana peserta menafsirkan pesan dan menterjemahkan menjadi informasi yang berarti baginya. Jika semakin sempurna penafsiran peserta terhadap pesan yang dimaksudkan oleh penerima, Maka semakin efektif komunikasi yang terjadi.
Umpan balik (Feedback) adalah pembalikan dari proses komunikasi dimana reaksi kominikasi pengirim dinyatakan.
Didalam organisasi sangat membutuhkan komunikasi. Adapun jenis- jenis komunikasi dalam organisasai antara lain :
a. Komunikasi formal vs informal
Komunikasi formal yaitu komunikasi yang mengikuti rantai komando yang dicapai oleh hirarki wewenang. Komunikasi informal yaitu komunikasi yang terjadi diluar dan tidak tergantung pada herarki wewenang. Komunikasi informal ini timbul sebab adanya banyak sekali maksud, yaitu
- Pemuasan kebutuhan manusiawi,
- Perlawanan terhadap dampak yang monoton dan membosankan,
- Keinginan untuk menghipnotis sikap orang lain,
- Sumber informasi korelasi pekerjaan.
Jenis lain dari komunikasi informasi yaitu adalah dasas-desusyang secara resmi tidak setuju. Desas-desus ini juga mempunyai peranan fungsional sebagai alat komunikasi suplemen bagi organisasi.
b. Komunikasi ke bawah vs komunikasi ke atas vs komunikasi lateral
Komunikasi kebawah mengalir dari peringkat atas ke bawah dalam herarki. Komunikasi ke atas yaitu gosip yang mengalir darin peringkat bawah ke atas atas suatu organisasi. Komunikasi lateral yaitu sejajar antara mereka yang berada tingkat satu wewenang.
c. Komunikasi satu arah dan dua arah
Komunikasi satu arah, pengirim gosip berkomunikasi tanpa meminta umpan balik, sedangkan komunikasi dua arah yaitu peserta sanggup dan memberi umpan balik.
Bagaimanapun juga keefektifan komunikasi organisasi dipengaruhi beberapa factor diantaranya :
1. Saluran komunikasi formal
2. Sruktur wewenang
Dalam organisasi dimana perbedaan stasus dan kekuasaan akan menghipnotis isi komunikasi.
1. Spesialis jabatan
Anggota organisasi yang sama akan memakai istilah-istilah, tujuan, tugas, waktu, dan gaya yang sama dalam berkomonikasi.
1. Pemilikan informasi
Berarti individu memunyai informasi dan pengetahuan yang khas mengenai tugasnya.
Dari pengamatan yang ada, bentuk-bentuk jaringan komunikasi dikelompokan ke dalam beberapa bentuk diantaranya bentuk lingkaran, diagonal, lateral, rantai, abjad Y, dan bintang.
KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
Komunikasi efektif yaitu komunikasi yang bisa menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang lain yang bisa terlihat dalam proses komunikasi.
Tujuan dari Komunikasi Efektif gotong royong yaitu memberi kan fasilitas dalam memahami pesan yang disampaikan antara pemberi informasi dan peserta informasi sehingga bahasa yang dipakai oleh pemberi informsi lebih terperinci dan lengkap, serta sanggup dimengerti dan dipahami dengan baik oleh peserta informasi, atau komunikan. tujuan lain dari Komunikasi Efektif yaitu biar pengiriman informasi dan umpan balik atau feed back sanggup seinbang sehingga tidak terjadi monoton. Selain itu komunikasi efektif sanggup melatih penggunaan bahasa nonverbal secara baik.
Menurut Mc. Crosky Larson dan Knapp menyampaikan bahwa komunikasi yang efektif sanggup dicapai dengan mengusahakan ketepatan (accuracy) yang paling tinggi derajatnya antara komunikator dan komunikan dalam setiap komunikasi. Komunikasi yang lebih efektif terjadi apabila komunikator dan komunikan terdapat persamaan dalam pengertian, sikap dan bahasa. Komunikasi sanggup dikatakan efektif apa bila komunikasi yang dilakukan dimana :
1. Pesan sanggup diterima dan dimengerti serta dipahami sebagaimana yang dimaksud oleh pengirimnya.
2. Pesan yang disampaikan oleh pengirim sanggup disetujui oleh peserta dan ditindaklanjuti dengan perbuatan yang diminati oleh pengirim.
3. Tidak ada kendala yang berarti untuk melaksanakan apa yang seharusnya dilakukan untuk menindaklanjuti pesan yang dikirim.
SUMBER:
EmoticonEmoticon