Selasa, 08 Januari 2019

Benarkah Emas Orisinil Kalau Dibakar Tidak Berubah?

Sudah dari dulu emas ialah salah satu logam mulia yang bernilai tinggi. Karena nilainya tersebut tidak sedikit orang berusaha memalsukannya untuk dapatkan keuntungan. Orang-orang yang tidak mau tertipu emas palsu mencari cara semoga gampang membedakan antara emas orisinil dan emas palsu.


Bayangkan saja kalau emas yang kau beli ternyata emas palsu, pastinya kau akan rugi besar. Uang yang sudah susah payah kau kumpulkan dengan kerja keras hilang begitu saja. Terlebih lagi kalau emas yang kau beli kau niatkan sebagai tabungan untuk rencana masa depanmu niscaya akan sangat membebani pikiranmu.


Agar emas yang kau beli ialah emas asli:


Cara yang cukup gampang untuk kita-kita yang awam semoga emas yang kita beli terjamin keasliannya ialah dengan beli emas hanya dari tempat-tempat terpercaya saja. Ini cukup gampang buat kau yang ingin membeli emas batangan kau sanggup eksklusif pergi ke Butik Emas Antam, kantor cabang Pegadaian terdekat, atau beli emas online di Tamasia.co.id eksklusif dari smartphone kamu.


Tapi buat kau yang beli emas aksesori harus ekstra teliti dengan kadar emas pada aksesori yang kau ingin beli. Selain pastikan kau membelinya di toko emas terpercaya, kau juga harus pastikan kadar emas yang pada aksesori yang kau beli sama ibarat yang diklaim oleh penjual. Supaya bila suatu dikala nanti kau ingin menjualnya harga yang kau dapatkan tidak semakin anjlok lagi alasannya ialah kadar emas yang tidak sesuai.


Cara tes emas orisinil dengan dibakar:


Namun ada kalanya mungkin kau mendapat hadiah aksesori emas. Atau sanggup jadi kau sanggup warisan berupa emas batangan. Kamu tidak tahu emas tersebut dibeli di mana dan sanggup jadi emasnya tidak disertai dengan akta keaslian emas. Kalau ibarat ini kondisinya tentu kau perlu melaksanakan pengetesan kadar emas tersebut.


Saat ini telah banyak alat bantu yang canggih dan cepat dalam mengukur kadar emas. Umumnya daerah ibarat Butik Emas Antam dan Pegadaian mempunyai alat canggih tersebut. Alat tes emas yang canggih memungkinkan kita untuk mengetahui kadar emas tanpa perlu menggosok emas.


Selain cek kadar emas dengan peralatan canggih, di masyakat juga beredar kabar aneka macam cara untuk cek apakah emas orisinil atau tidak. Salah satunya dengan aben emas tersebut. Kalau mendengar cara tes keaslian emas dengan membakarnya, umumnya orang akan bertanya:



  • Seperti apakah risikonya emas orisinil kalau dibakar?

  • Apakah dengan cara aben emas untuk cek keaslian emas itu benar?


Oke… sebelum kau mencoba aben emas atau aksesori emas yang kau punya, kau harus tahu kalau aben emas aksesori sangat berpotensi merusak aksesori tersebut.


Dari video berikut ini kita sanggup saksikan bagaimana kalau aksesori dengan kadar emas  berbeda dibakar dengan korek api gas:



Di video itu kau sanggup melihat kalau aksesori emas yang sebelah kiri sehabis dibakar menyisakan bekas hitam atau gosong. Sedangkan aksesori emas yang sebelah kanan ketika dibakar menyala merah dan sehabis itu tidak menyisakan bekas hitam.


Perhiasan emas yang tidak menyisakan bekas gosong hitam ialah aksesori emas yang memakai emas murni. Sedangkan yang meninggalkan sisa hitam gosong ialah aksesori emas dengan gabungan logam lain.


Lalu apakah dengan cara aben emas untuk cek keaslian emas itu benar?


Membakar emas untuk cek keaslian emas sebaiknya tidak kau lakukan. Karena emas aksesori yang kadarnya kurang dari 24 karat memang dicampur dengan logam lain. Itu yang mengakibatkan bekas hitam gosong bila dibakar.


Bila aksesori emas dibakar meninggalkan bekas hitam tidak secara otomatis menciptakan aksesori emas tersebut palsu dan tidak berharga. Maka dari itu jangan tes keaslian aksesori emas dengan membakarnya alasannya ialah justru akan merusak aksesori emas tersebut dan menurunkan harga jualnya.


 


 


 



Sumber https://www.tamasia.co.id


EmoticonEmoticon