Minggu, 26 Februari 2017

Arti Organisasi Dan Metode


Arti Pentingnya Organisasi dan Metode

Pengertian Organisasi dan Metode

Sebelum menginjak pada materi membahasan organsisasi, berikuti diuraikan terlebih dahulu pengertian organisasi dan metode secara lengkap, terlebih dahulu akan ditinjau secara sekilas arti dari kata organisasi dan metode. Istilah organisasi sanggup diartikan sebagai berikut:
  • Wadah : Sekelompok insan untuk saling bekerja sama.
  • Proses : Pengelompokan insan dalam suatu kolaborasi yang efisien.

Sedangkan istilah metode tersebut berarti suatu tata kerja yang sanggup mencapai tujuan secara efisien. Pengertian Organisasi dan Metode secara lengkap ialah Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukanuntuk menibgkatkan kegunaan segala sumber dan factor yang memilih bagi berhasilnya proses Manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.

Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :
  • Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya
  • Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen
  • Organisasi dan metode sanggup memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
  • Organisasi dan metode berkhasiat dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.

Organisasi adalalah sekumpulan orang yang bekerja sama yang mempunyai tujuan yang sama dan mempunyai manajemen.dan setiap menajemen itu sendiri tidak pernah terlepas dari 4 hal ini di antaranya adalah:P,O,A,C. Yaitu:
  • PLANING ialah perencanaan
  • Organization ialah pengorganisasi
  • Actuniety ialah penepatan sesuai prosedur 
  • Controling ialah pengawasan

Kaprikornus sepintar apapun orang dengan bermacam-macam title dan sarjana jikalau ia menciptakan organisasi maka ia tak akan terlepas oleh 4 hal ini,karena ini selalu mencakupi untuk berjalannya roda organisasi itu sendiri.dan begitu berbagai macam-macam definisi organisasi itu sendiri dan saya hanya menjelaskan define umum organisi dari orang yang termuka diantaranya adalah:
Definisi organisasi:
  • Menurut chester I bernand(suatu system kegiatan bersama antar 1 orang dan lebih daro 2 orang,sesuatu sifat yang tidak berwujud &tidak bersifat berseorangan dan sebagian besar mengenai hubungan)
  • Menurut JOHN M.GOUS(tata relasi antar orang-orang untuk untuk sanggup memungkinkan tercapainya tujuan bersama dengan adanya pembagian kiprah & dan bertanggung jawab atas tugasnya)
  • Menurut JOMES D.MOONEY( bentuk kerjasama insan untuk pencapai tujuan bersama) 

Dan organisasi itu juga mempunyai pandangan diantaranya adalahsebagai pandangan wadah”tempat kegiatan dilaksanakan,dan juga sebagai proses”yaitu relasi formil dan informal,dan sebagai system.

Organisasi sebagi wadah jadi wadah sebagai daerah pelaksanaan organisasi tersebut
Orgabisasi sebagai proses ialah memperhatikan interaksi atau kerjasama antar anggota dalam organisasi dan proses di bagi menjadi 2 yaitu proses formal dan proses informal
Dan proses formaladalah organisasi tumpuan relasi yang ditetapkan secara resmi oleh top manejemen. Proses informal mempunyai 3 peranan yaitu: 
  1. untuk saran komunikasi
  2. untuk engatur kerjasama
  3. untuk memelihara kebebasan dalam bertindak

· Organisasise bagai system sosial suatu system antar relasi sesame manusia
· Sebagai system fungsional => antar fungsi fungsi yang dikaitkan secra tertentu & integral untuk mencapai tujuan organisasi
· Komunikasi yakni tata salura antar arus info dalam organisasi

Bagaimana sebuah organisasi bisa dikatakan baik? Organisasi yang baik bisa di katakan organisasi yang terorganisir, organisasi yang mempunyai visi dan misi atau tujuan yang jelas, organisasi yang mempunyai perencanaan yang matang,organisasi yang mempunyai kreatifitas dan inofatif dalam menciptakan perencanaan,organisasi yang bisa berkembang sesuai dengan tujuan dan visi misi yang sudah menjadi kesepakatan. Sekarang ini banyak organisasi yang gagal. Ini sebab hal-hal diatas tidak terpenuhi.

Kerjasamamerupakan salah satu kunci keberhasilan. Kerjasama yang baik bisa menjadi awal sebuah organisasi bisa berjalan dengan lancar dan baik,di samping itu juga perlu adanya komunikasi yang baik pula. Tanpa ada kerjasama dan komunikasi yang baik,sebuah organisasi tidak akan bisa bertahan lama, Jika hal-hal itu tidak terpenuhi maka organisasi tidak akan berjalan dengan baik.

Bentuk Organisasi Niaga

Dalam pembahasan ini saya akanmembahas bentuk organisasi Niaga yaitu Perseroan Terbatas (PT), Perseroan Terbatas (PT), ialah suatu komplotan untuk menjalankan perjuangan yang mempunyai modal terdiri dari saham-saham, yang pemiliknya mempunyai kepingan sebanyak saham yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang sanggup diperjualbelikan, perubahan kepemilikan perusahaan sanggup dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan. PT dipimpin oleh direksi, Sedangkan pegawainya berstatus sebagai pegawai swasta

Perseroan terbatas merupakan tubuh perjuangan dan besarnya modal perseroan tercantum dalam anggaran dasar. Kekayaan perusahaan terpisah dari kekayaan langsung pemilik perusahaan sehingga mempunyai harta kekayaan sendiri. Setiap orang sanggup mempunyai lebih dari satu saham yang menjadi bukti pemilikan perusahaan. Pemilik saham mempunyai tanggung jawab yang terbatas, yaitu sebanyak saham yang dimiliki. Apabila utang perusahaan melebihi kekayaan perusahaan, maka kelebihan utang tersebut tidak menjadi tanggung jawab para pemegang saham. Apabila perusahaan mendapat laba maka laba tersebut dibagikan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Pemilik saham akan memperoleh kepingan laba yang disebut dividen yang besarnya tergantung pada besar-kecilnya laba yang diperoleh perseroan terbatas.

Selain berasal dari saham, modal PT sanggup pula berasal dari obligasi. Keuntungan yang diperoleh para pemilik obligasi ialah mereka mendapat bunga tetap tanpa menghiraukan untung atau ruginya perseroan terbatas tersebut.

Untuk mendirikan PT, harus dengan memakai sertifikat resmi ( sertifikat yang dibentuk oleh notaris ) yang di dalamnya dicantumkan nama lain dari perseroan terbatas, modal, bidang usaha, alamat perusahaan, dan lain-lain. Akta ini harus disahkan oleh menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (dahulu Menteri Kehakiman). Untuk mendapat izin dari menteri kehakiman, tentunya juga harus memenuhi syarat-syarat
  • Visi : Untuk menjadi yang terdepan dalam memenuhi kepuasan Mitra Usaha / Klien.
  • Misi : Memberikan pelayanan terbaik kepada Mitra Usaha dengan sistem yang terintegrasi untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia kami sebagai tenaga terlatih yang profesional sehingga bisa untuk bersaing didunia internasional.

Struktur Organisasi

Dengan melaksanakan pemilihan serta penentuan struktur organisasi yang sempurna dan sesuai dengan situasi dan kondisi dalam perusahaan maka pencapian tujuan perusahan akan lebih terarah. Selain itu denga struktur organisasi yang terang dan baik maka akan sanggup diketahui hingga dimana wewenang dan tanggung jawab yang dimiliki oleh seseorang dalam menjalankan tugasnya. Dalam menjalankan acara usahanya, PT menerapkan struktur organisasi fungsional dimana organisasi berdasarkan fungsi menyatukan semua orang yang terlibat dalam satu acara yang disebut fungsi dalam satu group.

Bentuk Fungsional

Ciri–ciri: Bawahan mendapat perintah dari beberapa pejabat yang masing-masing menguasai suatu bidang keahlian tertentu dan bertanggung jawab sepenuhnya atas bidangnya. Pada bentuk ini pimpinan mempercayakan sepenuhnya kepada para andal dalam bidang masing-masing.

Kebaikan :
  • Bidang pekerjaan khusus diduduki oleh spesialis yang memungkinkan bekerja atas dasar keahlian dan kecintaan akan tugasnya.
  • Tanggung jawab atas fungsinya terjamin.

Keburukan :
  • Koordiansi sulit dilaksanakan
  • Dapat mengakibatkan dispersonalisasi
  • Keahlian memimpin kurang sanggup dijamin
  • Atas kesatuan komando sulit dilaksanakan

Adanya Strukrur Organisai pada perusahaan merupakan manifestasi dan cerminan dari kekuatan administrasi SDM perusahaan dalam mencapai Visi dam Misi bisnis perusahaan. Struktur organisasi perusahaan yang tepat, efektif, dan efisien akan menawarkan jaminan kinerja perusahaan yang tinggi, demikian pula sebaliknya. Jika desain struktur organisasi tidak optimal, akan mengakibatkan imbas yang berkepanjangan terhadap lemahnya kinerja organisasi perusahaan, meskipun kini setiap organisasi sudah maju tetap saja perusahaan harus mempunyai struktur organisasi. Agar organisasi sanggup terkontrol.
  • Manajemen dan Organisasi
  • Manajemen ialah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
  • Rumusan tersebut mengandung pengertian adanya relasi timbal balik antara kegiatan dan
  • kerjasama disatu pihak dengan tujuan di pihak lain.

Sumber http://sumbermaterikuliah.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)