Rabu, 22 Maret 2017

✔ Cara Memelihara Lolohan (Anakan) Burung Tengkek / Cekakak / Raja Udang


Burung tengkek atau cekakak atau raja udang adalaha spesies burung dari keluarga Alcedinidae dan dari genus Halcyon. Burung tengkek di beberapa tempat di Indonesia disebut juga burung Dengkek. Spesies burung penghuni pinggiran sungai ini mempunyai warna bulu yang sangat indah. Mereka mempunyai perbedaan warna dari setiap jenisnya. Selain tampilannya yang cantik, burung tengkek juga bersuara unik. Suara burung tengkek ini sangan monoton, keras dan tajam, terkadang terdengar menyerupai bunyi orang yang yang tertawa terbahak-bahak (kek kek kek kek....)



 Burung tengkek atau cekakak atau raja udang adalaha spesies burung dari keluarga Alcedini ✔ Cara Memelihara Lolohan (anakan) Burung Tengkek / Cekakak / Raja Udang
Anakan burung tengkek
  • Wilayah persebaran

Burung tengkek tersebar di seluruh tempat tropis dan subtropis di seluruh dunia. Mereka terdapat di selatan dan timur Samudera Pasifik, Australia, Eropa, Amerika dan Afrika.

Setidaknya ada sekitar 90 jenis burung tengkek ini. Semua mempunyai ciri-ciri berkepala besar, kaki pendek, paruh yang panjang besar dan berpengaruh serta warna bulu tajam yang menarik.
  • Makanan burung tengkek

Makanan burung tengkek menyesuaikan dengan spesies mereka. Beberapa jenis burung tengkek hidup dan berkembang biak di area perairan menyerupai sungai dan danau. Mereka memangsa hampir semua spesies air menyerupai  ikan, udang, dan kepiting dengan cara menukik kebawah menyergap mangsanya. Beberapa jenis yang lainnya hidup di hutan dengan memangsa kadal, cicak, jangkrik, belalang dan spesies kecil lainnya.

  • Cara memberi / meloloh anakan burung tengkek
 Burung tengkek atau cekakak atau raja udang adalaha spesies burung dari keluarga Alcedini ✔ Cara Memelihara Lolohan (anakan) Burung Tengkek / Cekakak / Raja Udang
Daging / Ikan cincang untuk pakan lolohan burung tengkek

Anakan burung tengkek / burung tengkek lolohan memerlukan perhatian khusus dalam pemeliharaan. Lapar sedikit saja mereka akan mengeluarkan bunyi yang sangat keras. Anak burung tengkek mempunyai sistem pencernaan cukup cepat, itu sebabnya mereka membutuhkan banyak makanan. Cara meloloh anakan butung tengkek mempunyai tahapan menyerupai dibawah:

  1. Siapkan semua perlengkapan (pinset, pisau, mangkuk atau cepuk)
  2. Siapkan kuliner (daging / ikan / udang / jangkrik / Siput / kecoa madagaskar / kombinasikan)
  3. Tambahan lainnya (minyak ikan dan kalsium serta vitamin)
  4. Tahap pembuatan: cincang daging atau ikan hingga  duri dan tulangnya halus (seperti foto diatas). Jika meloloh memakai jangkrik, buang terlebih dahulu kaki pegasnya. Jika memakai udang, buang terlebih dahulu kepalanya. Dan juka memakai siput, pecahkan dan bersihkan dari cangkang dan kotorannya. Kemudian taburi sejumput kalsium dan vitamin D pada daging cincang kemudian aduk hingga tercampur (produk kalsium dan vitamin tidak selalu bubuk, beberapa juga dikemas dalam bentuk cair. Sesuaikan dengan ketersediaan di wilayah masing-masing. Pemberian kalsium dan vitamin juga bersifat opsional, artinya bila dirasa sudah cukup, santunan sanggup dilakukan 3 kali dalam seminggu). Jangan lupa untuk memperlihatkan minyak ikan minimal 2 kali dalam seminggu.
  • Kandang
 Burung tengkek atau cekakak atau raja udang adalaha spesies burung dari keluarga Alcedini ✔ Cara Memelihara Lolohan (anakan) Burung Tengkek / Cekakak / Raja Udang
Kandang anakan burung tengkek


Kandang anakan burung tengkek tidak sama dengan sangkar burung lainnya menyerupai yang ada dipasaran. Karena induk burung tengkek menciptakan sarang di dalam lubang pohon atau tanah maka anakan burung tengkek harus diletakan didalam box seterti kardus, aquarium, kontener plastik atau kendi. Buatlah sangkar lolohan burung tengkek ini sehangat mungkin dengan menambahkan lampu penghangat atau cukup diletakan didalam ruangan dengan suhu stabil (tidak diruangan ber-AC).

Demikian artikel perihal memelihara anakan burung tengkek. Anda sanggup membagikan artikel ini kepada reken-rekan pecinta burung lainnya dengan menyertakan sumber. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Dapatkan artikel bermanfaat lainnya secara realtime dengan cara klik "suka" facebookk fan page SATWAPEDIA.


Sumber http://agantazoa.blogspot.com


EmoticonEmoticon