Automotivexist.blogspot.com - melaksanakan bongkar pasang baut / mur dengan interval yang terlalu sering, kalau tidak dilakukan secara hati - hati tentu akan menyebabkan kerusakan. Baik kerusakan yang hanya sekedar slek ( salah ulir ), atau bahkan sampai ulir ikut tercabut jawaban memasang terlalu kencang ( baut dol ) rentan terjadi.
Komponen motor yang sering kali di bongkar pasang selain baut drainase oli, satu diantarnya yakni beling spion motor, banyak biker yang suka gonta ganti spion motor dengan alasan bosan melihat spion motor yang standar. Biasanya sehabis mengganti model spion brand tertentu, tidak usang kemudian akan tiba rasa bosan sehingga menggantinya dengan model lain yang menurutnya jauh lebih menarik, begitu seterusnya.
Padahal bab ulir lubang baut spion sangat rawan aus kalau spion terlalu sering dibongkar pasang. Terlebih lagi bila memakai spion aftermarket yang ternyata ulir bautnya berbeda dengan ulir yang ada di lubang spion, otomatis ulir lubang spion pun akan eksklusif jebol kalau dipaksakan.
Yang lebih cilaka lagi rata - rata motor ( angsa ) yang kita miliki mempunyai lubang spion yang melekat dengan master rem depan, sehingga kalau terjadi dol kita harus membawanya ke tukang bubut, mengakali dengan menunjukkan lem atau mengganti satu set master rem yang baru.
Nah untuk mencegah biar tidak terjadi hal yang demikian, sebelum melaksanakan bongkar pasang spion motor pastikan bahwa ulir yang ada di spion maupun lubangnya sama. Cirinya yakni ketika kalian coba pasang dengan memakai tangan tidak terasa keras ketika diputar. Bila ketika diputar memakai tangan ternyata terasa keras, sebaiknya jangan kalian paksakan alasannya yakni hal ini tentu hanya akan merusak ulir baut yang ada.
Selanjutnya sehabis mencoba memasang tidak dirasakan berat, lepas kembali spion kemudian olesi bab ulirnya dengan menggunakan pelumas, dapat memakai gemuk atau oli yang tidak terpakai, selanjutnya kalian dapat pasang kembali spion ke lubangnya. Sebagai pengaman pemanis disarankan meneteskan semacam cairan pengunci mur menyerupai loctite, sehingga kita tidak perlu memutar mur pengunci spion terlalu keras.
Untuk mencegah kerusakan lain, contohnya spion motor macet jawaban bautnya sudah karatan, kalian dapat melaksanakan bongkar pasang dan memperbarui pelumas ulir setidaknya satu kali dalam sebulan. Bagi yang suka gonta - ganti spion tiap hari atau minggu, mungkin sebaiknya kalian perlu menambahkan mount spion adaptor yang sesuai.
Sumber http://automotivexist.blogspot.com
EmoticonEmoticon