Sabtu, 30 September 2017

Pengertian Insting Dan Jenisnya

Banyak orang saat melaksanakan sesuatu secara impulsif mereka sebut sebagai insting. Apakah hal tersebut benar? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari kita bahas hal tersebut.


Banyak orang saat melaksanakan sesuatu secara impulsif mereka sebut sebagai insting Pengertian Insting dan Jenisnya

Struktur kepribadian terdiri atas tiga aspek yaitu id, ego dan superego. Nah insting ini keberadaannya termasuk didalam id.

Insting atau sebagian orang menyebutnya naluri yaitu dorongan dalam diri insan akhir suatu rangsangan tertentu yang tidak dipelajari tetapi telah ada semenjak kelahiran suatu makhluk hidup dan diperoleh secara bebuyutan (filogenetik). 

Dalam psikoanalisis, naluri dianggap sebagai tenaga psikis bawah sadar yang dibagi atas naluri kehidupan (eros) dan naluri maut contohnya saat seseorang lapar, maka otomatis beliau akan mencari makanan. Insting ini tidak dipelajari oleh insan melainkan telah ada semenjak insan itu lahir. 

Eros
Eros dalam bahasa Yunani berarti cinta. Segala sesuatu yang mendatangkan kenikmatan termasuk kasih sayang, pemujaan kepada Tuhan dan cinta diri/narcisme.

Thanathos
Disebut insting maut alasannya yaitu sifatnya yang destruktif . Adanya dorongan untuk merusak diri yang disertai dengan sifat yang agresif

Semua insan mempunyai kedua insting tersebut, tinggal bagaimana insan itu mengelolanya menjadi sesuatu yang tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.
Sumber http://awalilmu.blogspot.com


EmoticonEmoticon