Kewirausahaan ialah kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam periode 21 mengingat keterbatasan tunjangan sumberdaya alam terhadap kesejahteraan penduduk dunia yang makin bertambah dan makin kompetitif. Jiwa dan semangat kewirausahaan yang terbentuk dan terasah dengan baik semenjak cukup umur akan sanggup menghasilkan sumberdaya insan inovatif yang bisa membebaskan bangsa dan negaranya dari ketergantungan pada sumberdaya alam. Kewirausahaan yang dibutuhkan tentunya ialah yang menawarkan imbas signi¬kan terhadap peningkatan output ekonomi dalam mendukung kesejahteraan bangsa melalui penciptaan karya nyata asli yang bermanfaat.
Kurikulum 2013 membekali akseptor didik pada Pendidikan Menengah dengan kemampuan kewirausahaan yang lahir dan tumbuh dalam sektor nyata. Diawali dengan pengamatan terhadap produk yang ada di pasar beserta ciri-cirinya, analisis struktur komponen pembentuk produk, analisis struktur dan rangkaian proses beserta peralatan yang diperlukan, termasuk analisis pasar, biaya, dan harga. Untuk mendukung keutuhan pemahaman akseptor didik, pembelajarannya digabungkan dengan pembelajaran Prakarya sehingga akseptor didik bukan hanya bisa menghasilkan inspirasi kreatif tetapi juga merealisasikannya dalam bentuk purwarupa karya nyata dan dilanjutkan hingga pada kegiatan penciptaan pasar untuk mewujudkan nilai ekonomi dari kegiatan-kegiatan tersebut.
Sebagai belahan dari Kurikulum 2013, pembelajaran bagi akseptor didik pada jenjang Pendidikan Menengah Kelas X harus meliputi kegiatan dan materi pembelajaran yang secara utuh sanggup meningkatkan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang dibutuhkan untuk membuat karya nyata, membuat peluang pasar, dan membuat kegiatan bernilai ekonomi dari produk dan pasar tersebut. Pembelajarannya dirancang berbasis kegiatan terkait dengan sejumlah ranah karya nyata, yaitu karya kerajinan, karya teknologi, karya pengolahan, dan karya budidaya dengan contoh-contoh karya aktual berasal dari tema-tema karya terkenal yang sesuai untuk akseptor didik Kelas X. Sebagai mata pelajaran yang mengandung unsur muatan lokal, embel-embel materi yang digali dari kearifan lokal yang relevan sangat diharapkan untuk ditambahkan sebagai pengayaan dari buku ini.
Buku ini menjabarkan perjuangan minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipakai dalam Kurikulum 2013, siswa diajak menjadi berani untuk mencari sumber mencar ilmu lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru sanggup memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam. Implementasi terbatas Kurikulum 2013 pada tahun fatwa 2013/2014 telah mendapat jawaban yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan semaksimal mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun fatwa 2014/2015 dan seterusnya.
Walaupun demikian, sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Oleh sebab itu, kami mengundang para pembaca menawarkan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas donasi tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita sanggup menawarkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Jakarta, Januari 2014
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Mohammad Nuh
Disklaimer: Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh banyak sekali pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari banyak sekali kalangan diharapkan sanggup meningkatkan kualitas buku ini.
Katalog Dalam Terbitan (KDT)
- Kontributor Naskah : Hendriana Werdhaningsih, Desta Wirnas, Alberta Haryudanti, dan Slamet Budijanto.
- Penelaah : Suci Rahayu, Rozmita Dewi, Kahfiati Kahdar, Djoko Adi Widodo, Vanessa Gaffar, Wahyu Prihatini, Heny Hendrayati, dan Taswadi.
- Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. Cetakan ke-1, 2014
EmoticonEmoticon