Minggu, 01 Oktober 2017

Rantai Masakan (Halaman 61)



Apakah sarapan pagimu hari ini? Adakah di antaramu yang sarapan dengan telur ayam? Lezat, bukan? Salah satu manfaat sarapan yaitu memperlihatkan energi bagimu untuk beraktivitas pada hari itu. Telur merupakan salah satu kuliner protein yang sangat mempunyai kegunaan bagi kesehatan tubuhmu. Tahukah kau berasal dari manakah telur yang kau makan ketika sarapan? Dari manakah kita mendapat telur ayam?
Telur yang kita makan pada ketika sarapan berasal dari binatang ayam. Telur ayam yang kita makan biasanya didapatkan dengan cara membeli di warung atau pedagang telur.

Gambar Menu Sarapan dengan Telur

Kamu tentu tahu bahwa ayam menghasilkan telur yang bermanfaat bagi manusia. Ketika kita memakan telur ayam ketika sarapan, kita mendapat energi dari telur ayam tersebut. Lalu, dari manakah ayam mendapat energi untuk menghasilkan telur?

Ayam mendapat energi dari kuliner yang dimakan oleh ayam. Telur ayam yang kita makan bersama-sama merupakan materi kuliner yang diperuntukan bagi anak ayam selama masih dalam cangkang telur.

Rantai Makanan




 
1. Apa yang dimaksud pedoman energi pada sebuah rantai makanan?
2. Adakah kekerabatan antara rantai kuliner dengan pedoman energi? Jelaskan!
3. Jelaskan tugas produsen penting dalam sebuah rantai makanan!

4. Rantai kuliner pada puncaknya disebut konsumen puncak. Apabila konsumen puncak punah, apa yang akan terjadi pada konsumen I dan konsumen II?

Sumber http://damaruta.blogspot.com


EmoticonEmoticon