Rabu, 28 Februari 2018

Pengertian Penawaran (Supplay)

Pengertian Penawaran (Supplay) Teori Penawaran dalam ilmu ekonomi, yakni citra atas hubungan-hubungan antara aspek-aspek yang ada dalam pasar. hubungan-hubungan tersebut terdiri dari para calon pembeli dan penjual akan suatu barang. modal penawaran dipakai untuk memilih harga dan kualitas barang yangakan di jual di pasara. Nah Model ini sangat penting untuk melaksanakan aktivitas analisis dalam tingkat ekenomi mikro akan sikap dan interaksi para pembeli dan penjual.

Menurut Hanafie (2010), dalam ilmu ekonomi istilah penawaran (supply) memiliki arti jumlah dari suatu barang tertentu yang mau dijual pada banyak sekali kemungkinan harga, dalam jangka waktu tertentu, ceteris paribus. Penawaran memperlihatkan jumlah (maksimum) yang mau dijual pada banyak sekali tingkat harga atau berapa harga (minimum) yang masih mendorong penjual untuk memperlihatkan banyak sekali jumlah dari suatu barang.

hubungan tersebut terdiri dari para calon pembeli  dan penjual akan suatu barang Pengertian Penawaran (Supplay)
Pengertian Penawaran (Supplay)

Hubungan antara harga per satuan dan jumlah yang mau dijual dirumuskan dalam aturan penawaran: ceteris paribus, produsen atau penjual cenderung menghasilkan dan memperlihatkan lebih banyak pada harga yang tinggi daripada pada harga yang rendah.

Transaksi di pasar tidak terwujud kalau hanya ada seruan dari pihak pembeli saja. Permintaan sanggup terwujud apabila ada barang-barang dan jasa yang disediakan penjual (penawaran). Dengan demikian, kalau ada seruan dan penawaran terjadilah transaksi di pasar.

Dalam aktivitas ekonomi, produsen memproduksi barang/jasa namun tidak dipakai untuk keperluan sendiri melainkan untuk dijual kepada konsumen dengan tujuan memperoleh keuntungan atau atau keuntungan. Inilah yang dinamakan dengan penawaran. Penawaran memperlihatkan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan produsen kepada konsumen pada banyak sekali tingkat harga dan waktu tertentu.

Penawaran yakni "sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual (produsen) pada banyak sekali tingkat harga dan dalam waktu tertentu (per hari, per minggu, per tahun)".

Seperti dalam permintaan berdasarkan ekonomi mikro dijelaskan bahwa penawaran juga sanggup digolongkan menjadi penawaran perorangan dan penawaran pasar.
  • Penawaran perorangan ialah penawaran yang dilakukan oleh seorang penjual dalam memperlihatkan banyak sekali jumlah barang pada banyak sekali tingkat harga.
  • Penawaran pasar ialah keseluruhan penawaran yang didapat dari penjumlahan penawaran perorangan suatu barang atau jasa pada banyak sekali tingkat harga.
Penawaran yakni jumlah barang atau jasa yang tersedia dan sanggup dijual oleh penjual pada banyak sekali tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Beberapa faktor yang mensugesti penawaran :
  • Harga barang itu sendiri;
  • Harga sumber produksi;
  • Tingkat produksi; dan
  • Ekspektasi/perkiraan.

Referensi :

  1. Firdaus, Muhammad. 2008. Manajemen Agribisnis. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Hanafie, Rita. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
  3. Suparmoko, Pengantar Ekonomika Mikro, BPFE Yogyakarta, 2000.
  4. Farid Wijaya, Teori ekonomi makro, BPFE. UGM, Yogyakarta 1999.
  5. giletules.blogspot.com/search?q=ilmu-ekonomi
  6. giletules.blogspot.com/search?q=ilmu-ekonomi

Sumber http://artonang.blogspot.com


EmoticonEmoticon