KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis sanggup menuntaskan makalah dengan judul ” “Kenakalan Remaja”.
Dalam penyusunannya, penulis memperoleh banyak sumbangan dari aneka macam pihak, lantaran itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kedua orang renta dan segenap keluarga besar penulis yang telah memperlihatkan dukungan, kasih, dan kepercayaan yang begitu besar. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memperlihatkan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi.
Meskipun penulis berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh lantaran itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun biar makalah ini sanggup lebih baik lagi.
Akhir kata penulis berharap biar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL....................................................................................... i
KATA PENGANTAR..................................................................................... ii
DAFTAR ISI................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................... 1
- Latar Belakang..................................................................................... 1
- Rumusan Masalah................................................................................. 2
- Tujuan Penulisan................................................................................... 2
- Metode penelitian................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN................................................................................ 3
- Definisi kenakalan Remaja................................................................... 3
- Faktor yang menimbulkan kenakalan remaja....................................... 4
- Cara Menanggulangi kenakalan remaja................................................ 6
BAB III PENUTUP......................................................................................... 9
- Kesimpulan........................................................................................... 9
- Saran..................................................................................................... 9
DAFTAR PUSTAKA...................................................................................... 10
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sebagian orang beropini bahwa masa muda sebagian ketika yang paling indah dan nikmat,penuh kegembiraan. Memang tidaklah salah, tetapi dikatakan benar seluruhnya yakni tidak mungkin, masalahnya tergantung dari segi memandangnya. Jika dilihat dari kemauannya yang tanpa dikaitkan dengan masa depan, ia bebas berhura-hura. Tetapi kalau memandang dari sudut yang berkaitan dengan masa depan remaja itu sendiri sarat tanggung jwab yang akan dipikul. Maka masa remaja lebih sanggup disebut masa yang paling berat, penuh tantangan, ia harus bekerja lebih berat, memanfaatkan setiap waktu yang dimuliki, ia harus memperhatikan mental rohaniah aqliyah, fisik jasmaniah untuk memproses regenerasi yang niscaya menghampirinya. Fisik tubuh, masakan bergizi, intelektual menghayati ilmu pengetahuan dan mental santapan rohani yang berisi norma tata nilai yang infinit dan luhur, fisik dilatih dengan penghayatan dan pengalaman religi sampai latihan terakhir ini bisa mengilhami seluruh sikap dan tingkah lakunya.
Kita mengetahui bahwa anak lahir dalam keadaan fitroh dengan potensi yang yang berwujud kemungkinan-kemungkinan ia pandai, baik budinya, teguh mentalitasnya dan sebaliknya banyak dipengaruhi lingkungan nya dimana dia hidup. Tri Pusat Pendidikan yaitu sekolah, keluarga dan masyrakat, masing-masing mempunyi peranan dalam membentuk karakter. Sekolah dengan segala fasilitasnya beserta kondisi yang ada tidak kecil pengaruhnya. Masyarakat dengan budayanya serta dengan iklim yang ada dan juga dimana anak hidup dan diasuh secara terus menerus sehingga sulit menentukan mana yang paling mayoritas dalam mempengaruhi prilaku anak.
Latar belakang Kenakalan Remaja oleh rangkaian faktor yang saling mengikat. Lingkungan keluarga, keharmonisan orang renta serta suri tauladan sangat menentukan, namun dalam rangkaian menanggulangi kenakalan remaja menuntut Tri Pusat Pendidikan secara menyeluruh lantaran kesadaran Tri Pusat Pendidikan dalam proses pendewasaan anak yakni kunci utama dalam membentuk pribadi anak.
Pengertian remaja disebut juga "pubertas" yang nama berasal dari bahasa latin yang berarti "usia menjadi orang" suatu periode dimana anak dipersiapkan untuk menjadi individu yang sanggup melaksanakan kiprah biologis berupa melanjutkan keturunannya atau berkembang biak (Mappiare, 1982:27).Menurut Gunarso dalam bukunya Mappiare yang berjudul "Psikologi Remaja" menyampaikan bahwa masa remaja yakni masa antara 12-22 tahun sebagai masa remaja 1. dan masa ini yakni erat bersangkutan pribadi dengan pertumbuhan dan perkembangan biologis dan psikologis. Dalam masa peralihan ini timbul aneka macam kesulitan dalam diri si anak baik secara jasmani maupun rohaninya. Pergaulan akan demikian halnya anak akan mencicipi adanya kekakuan pada dirinya sendiri, masa ini desebut juga sebagai perasaan yang sangat peka; remaja mengalami angin ribut dan topan dalam kehidupan dan perasaan serta emosinya.
B. Rumusan Masalah
- 1. Apa yang dimaksud dengan kenakalan remaja ?
- 2. Apa saja faktor yang menimbulkan kenakalan remaja ?
- 3. Bagaimana cara menanggulangi kenakalan remaja ?
C. Tujuan Penulisan
- 1. Mengetahui definisi kenakalan remaja.
- 2. Mengetahui faktor yang menimbulkan kenakalan remaja.
- 3. Mengetahui cara menanggulangi kenakalan remaja.
D. Metode Penulisan
Metode yang penulis gunakan dalam pembuatan makalah ini yakni kepustakaan yaitu mengumpulkan data, informasi, dan lain-lain.
BAB II
PEMBAHASAN
Kenakalan remaja atau Juvenile Delinqueny bukan problem gres bangsa ini , kenakalan remaja merupakan permasalahan sosial yang tak kalah pelik lantaran banyak melibatkan semua pihak, baik itu orang renta ( keluarga), Sekolah (pendidikan), aparatur pemerintah ataupun semua elemen yang ada di masyarakat. Kenakalan remaja merupakan kenyataan yang harus dihadapi semua pihak tanpa pengecualian lantaran ini menyangkut kelangsungan suatu bangsa atau Negara. Remaja merupakan generasi penerus yang kelak akan membawa bangsa atau Negara pada suatu keadaan yang baik atau buruk atau bahkan hancur. Maka kewajiban semua pihak untuk bertanggungjawab menjaga dan membentengi remaja dari aneka macam tindakan yang sifatnya menghancurkan, ibarat narkoba, miras atau tindakan – tindakan kriminal lainnya. Dengan kepribadian yang masih labil lantaran dalam masa transisi yaitu dimana remaja mengalami masa peralihan dari anak menjadi dewasa, sehingga belum terbentuk kepribadian matang menjadikan remaja target yang empuk bagi orang – orang yang tidak bertanggungjawab untuk memberi dampak yang jelek.
Berbagai aspek penyebab kenakalan remaja, ibarat kemiskinan, lingkungan keluarga yang tidak kondusif, lingkungan sosial yang tidak cantik dan memadai serta masih banyak faktor lainnya yang menjadikan alasan remaja melaksanakan penyimpangan – penyimpangan walaupun itu tidak di benarkan. Akan tetapi memang kita mustahil menyalahkan pada remaja lantaran ada yang lebih bertanggungjawab yaitu keluarga, keluarga sebagai pihak utama dan pertama harus bisa mengontrol prilaku remaja. Salah satu pencegahan kenakalan remaja keluarga harus memberi pembekalan pendidikan agama mulai dini. Agama merupakan tameng bagi remaja dalam kehidupan, dengan agama akan bisa menjadikan kematangan pribadi yang kuat, lantaran dalam agama akan di tunjukkan mana yang salah dan mana yang benar, agama akan jadi filter atau penyaringan bagi remaja dalam pergaulan dan menghadapi dampak – dampak negative dari luar.
A. Definisi Kenakalan Remaja
Kenakalan remaja yakni pelampiasan masalah yang dihadapi oleh kalangan remaja yang tindakannya menyimpang. Menurut hebat sosiologi Kartono, Kenakalan Remaja atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah juvenile delinquency merupakan tanda-tanda patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya, mereka menyebarkan bentuk sikap yang menyimpang.
Sedangkan berdasarkan Santrock “Kenakalan remaja merupakan kumpulan dari aneka macam sikap remaja yang tidak sanggup diterima secara sosial sampai terjadi tindakan kriminal.”
Jenis-jenis kenakalan remaja
Penyalahgunaan narkoba
Seks bebas
Tawuran antara pelajar
B. Faktor yang Menyebabkan Kenakalan Remaja
Adapun sebab-sebab kenakalan remaja sanggup dibedakan atas dua lantaran yaitu lantaran intern dan lantaran ekstern. Sebab-sebab berupa cacat keturunan. Pembawaan negatif yang sukar dikendalikan, pemenuhan, kebutuhan pokok yang tidak seimbang, lamanya pengawasan diri, kurangnya pembiasaan diri terhadap lingkungan yang baik tidak mempunyai kegemaran-kegemaran yang sehat.
Sebagai langkah pertama yang digali dan dicari latar belakang kenakalan siswa yang berpangkal pada siswa sendiri, faktor-faktor yang mendorong siswa, secara beruntun sesuai dengan urgensinya, berdasarkan pandangan bersama sejumlah tokoh pendidikan pada dasrnya bersumber pada :
a) Lingkungan,
Lingkungan yakni faktor yang paling mempengaruhi prilaku dan tabiat anak, kalau dia hidup dan berkembang di lingkungan yang buruk maka akhlaknyapun akan ibarat itu adanya, begitu juga sebaliknya kalau dia berada di lingkungan yang baik maka ia akan menjadi baik pula.
b) Pedidikan dan pelatihan dari orang tua,
Orang renta yakni orang yang paling bertanggung jawab dengan etika dan prilaku anaknya. Orang renta harusnya memperlihatkan perhatian lebih terhadap anak, baik buruknya anaknya tergantung dari orang tuanya, pelatihan dari orang renta yakni faktor terpenting dalam memperbaiki dan membentuk generasi yang baik.
c) Pemerintahan dalam hal ini yang lebih spesfiknya yakni forum pendidikan atau sekolah,
Sekolah yang kita lihat hari ini jarang yang mendidik untuk menjadi orang yang bertaqwa. Mereka hanya mengajarkan ilmu-ilmu dunia dan tidak mengajarkan ilmu-ilmu agama. Maka sangat penting bagi para orang renta untuk memilihkan lingkungan sekolah yang baik untuk anak-anaknya. biar anak sanggup memperoleh pendidikan yang sesuai, jangan menentukan sekolah yang sudah terkotori nama baiknya.
d) Kondisi ekonomi,
kondisi ekonomi keluarga juga mempengaruhi, misalnya saja ketika seorang remaja dengan kondisi ekonomi yang pas-pasan tetapi berkeinginan yang melebihi batas kemampuan ekonomi keluarganya maka itu akan menjadikan remaj tersebut berbuat sesuatu yang negatif, contohnya mencuri.
e) Problem waktu luang,
Banyak remaja yang tidak tahu bagaimana cara memakai waktu luang mereka sehingga kebanyakan dari mereka memakai waktu luang tersebut dengan tidak bermanfaat ibarat menonton film p0rn*. Perbuatan ibarat itu akan menimbulkan imbas yang tidak baik.
f) Lemahnya kepribadian,
Lemahnya kepribadian seseorang akan menggoyahkan pendiriannya dan cenderung terjerumus ke tindakan-tindakan yang negatif.
g) Faktor-faktor kesehatan,
h) Nyanyian dan dongeng cabul,
i) Sempitnya ruangan kelas,
j) Kurang tertarik pada salah satu mata pelajaran,
k) Kurangnya saran-saran pemeliharaan individual sekolah,
l) Tidak efektifnya metode yang diterapkan,
m) Tidak terpenuhi praktek-prratek kondisi sosial,
n) Kurangnya iklim-iklim aman bagi kecenderungan siswa.
C. Cara Menanggulangi Kenakalan Remaja
Setelah membahas masalah remaja dan masalah faktor penyebab kenakalan remaja, maka jelaslah bahwa bentuk apapun mempunyai jawaban yang negatif bagi masyarakt, keluarga maupun bagi dirinya sendiri. Jika dibiarkan begitu saja akan menjadikan masa depan generasi muda akan menjadi suram. Oleh lantaran itu, perlu sekali adanya penanggulangan kenakalan remaja.
Adapun upaya tersebut sebagai berikut :
Tindakan previntif yaitu segala tindakan yang bertujuan mencegah timbulnya kenakalan remaja.
Tindakan represif yaitu tindakan untuk menindas dan menahan kenakalan remaja yang lebih akurat.
Tindakan kuratif dan rehabilitasi yakni memperbaiki jawaban perbuatan pembangkang terutama individu yang melaksanakan perbuatan tersebut (Singgih : 161).
Atas dasar pengertian tindakan preventif tersebut maka ruang lingkup kegiatannya ada 2 yaitu :
a. Daya upaya bersifat umum yang terdiri :
1) Usaha mengenal atau mengetahui ciri-ciri umum dan ciri-ciri khusus remaja.
2) Mengetahui kesulitan-kesulitan yang secara umum yang dialami oleh remaja.
3) Usaha-usaha pelatihan remaja, dengan cara
Menguatkan sikap mental remaja supaya bisa menuntaskan problem yang dihadapi
Memberikan pendidikan bukan hanya dalam penambahan pengetahuan dan ketrampilan, melainkan pendidikan mental pribadi melalui pengajaran agama
Menyediakan sarana-sarana dan membuat suasana yang optimal demi perkembangan pribadi yang wajar
Usaha memperbaiki keadaan lingkungan sekitar keadaan, lingkungan sosial keluarga maupun masyarakat dimana terjadi banyak kenakalan remaja (Singih, 1983 : 162).
b. Daya upaya yang bersifat khusus
Usaha-usaha pencegahan kenakalan remaja secara khusus dilakukan oleh para pendidik terhadap kelainan tingkah laris para remaja. Pendidikan mental di rumah tentunya merupakan tanggung jawab orang renta dan anggota keluarga lainnya. Juga sarana pendidikan lainnya :
Metode pengajaran agama pada remaja
Dalam mengajarkan agama pada remaja diharapkan aneka macam metode. Adapun metode yang dipakai untuk mengajarkan agama pada remaja telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW antara lain:
Ø Metode keteladanan.
Ketelaudanan dalam pendidikan merupakan metode yang kuat dalam aspek moral spiritual anak adalam remaja mengingat pendidik yakni figur terbaik dalam pandangan anak. Metode ini sanggup diterapkan pada usia remaja contohnya contohkan shalat, mengaji dan ibdah-ibada atau perbuatan baik lainnya.
Ø Metode Demonstrasi
Metode demonstrasi yakni cara mengajar dengan memakai peragaan atau memperlihatkan bagaimana berjalannya suatu proses tertentu kepada yang diajar. Metode ini sanggup dipakai untuk mengajarkan agama pada remaja, contohnya mendemonstrasikan pribadi seperti; praktek shalat, wudhu, atau praktek penyelenggaraan shalat jenazah.
Ø Metode pemberian tugas
Termasuk metode pengajaran agama pada remaja yang cukup berhasil dalam membentuk aqidah anak (remaja) dan mempersiapkannya baik secara moral, maupun emosional yakni pendidikan anak dengan petuah dan memperlihatkan kepadanya nasehat-nasehat. Karena nasehat mempunyai dampak yang cukup besar dalam membuka mata anak (remaja) akan hakikat sesuatu, mendorong untuk menghiasi dirinya dengan etika yang mulia.
Adapun metode nasehat, dicontohkan oleh Luqmanul Hakim yang diabadikan dalam Al-Qur’an QS. Al Luqman ayat 13 dan 17.
Terjemahnya:
Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kau mempersekutukan (Allah) bergotong-royong mempersekutukan (Allah) yakni benar-benar kezaliman yang besar”.(13) Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah)
Menurut Abudinata bahwa nasehat ini cocok untuk remaja lantaran dengan kalimat-kalimat yang baik sanggup menentukan hati untuk mengarahkannya kepada ide yang dikehendaki. Selanjutnya ia menyampaikan bahwa metode nasehat itu sasarannya yakni untuk menimbulkan kesadaran pada orang yang dinasehati biar mau insaf melaksanakan pedoman yang digariskan atau diperintahkan kepadanya.
1) Peranan orang tua
Peranan orant renta sangat penting. Kini orang renta harus lebih canggih mendidik anak, lebih ilmiah. Orang renta perlu membaca, mengikuti kursus atau ceramah yang berkaitan dengan urusan remaja sehingga sanggup menentukan posisi yang sempurna demi kemajuan anak-anaknya. Orang renta perlu bersikap terbuka perihal segala problem keluarga sehingga anak merasa sebagai penggalan yang punya arti yang harus turut mempertanggungjawabkan keluarganya. Orang renta perlu memberi pola perihal hidup rukun, jujur, sopan dan demokratis. Orang renta harus menjadi sumber motivasi bagi anaknya.
2) Melalui pendidikan sekolah
Sekolah merupakan pelatihan yang telah diletakkan dengan dasar-dasar dalam lingkungan keluarga sekolah mendapatkan tanggung jawab pendidikan berdasarkan kepercayaan keluarga. Di sekolah di bawah asuhan guru-guru pendidik, anak memperoleh pendidikan dan pengajaran. Anak mencar ilmu aneka macam ilmu pengtahuan dan ketrampilan yang dijadikan sebagai bekal untuk kehidupannya kelak di masyarakat.
Pada masing-masing tingkat kelembagaan sekolah tentu ada seorang pimpinan sekolah, dimana pimpinan sekolah dala prrogram bimbingan terdapat beberapa tanggung jawab, contohnya mengenai cara memahami tingkah laris siswa, pimpinan sekolah mengorganisasi dewan bimbingan pelaksanaan agenda bimbingan di sekolah akan baik sekali kesudahannya dengan membentuk dewan bimbingan yang dibawah pengawasan kepala sekolah.
Adapun dewan bimbingan yang dipilih dengan syarat-syarat tertentu yakni sebagai berikut:
- 1. Ia harus mengetahui/mempunyai pengetahuan dan pengertian psikologi perkembangan, mental hygiene, tes dan pengukuran
- 2. Ia harus mempunyai rasa hormat, simpati dan pengertian terhadap anak sebagai individu
- 3. Ia harus mempunyai kepribadian yang seimbang dan hendaknya seorang yang dihormatri oleh teman-teman gurunya
- 4. Ia harus mempunyai pandangan yang tajam dalam mencatat kebutuhan-kebutuhan murid dan masalah-masalah murid
- 5. Ia harus seseorang yang besar hati dan semnagat (Jumhur dan Surya 1975:124).
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pada hakekatnya kenakalan remaja itu bukan sifat orisinil yang dibawa semenjak lahir oleh dirinya. Namun lantaran dampak dari lingkungan, keluarga dan pergaulannya, mereka merasa haknya terabaikan sehingga mereka melaksanakan penyimpangan lantaran mereka ingin mendapatkan perhatian yang lebih, mereka melanggar norma dan berbuat sesuka hati yang tidak sesuai dengan norma yang ada di masyarakat.kenakalan remaja memanglah bukan hal yang absurd lagi yang terjadi dalam era global ini. Yang mana kenakalan remaja itu sangat merugikan bagi para remaja itu sendiri dan juga bangsa dan negara.
B. Saran
Kenakalan remaja tidak akan akan semakin marak apabila adanya campur tangan yang serius dari pihak keluarga dan masyarakat maupun orang- orang terdekat dalam mengantisipasi kenakalan remaja yang kian marak ini, lantaran dengan kesadaran masyarakat dalam membangun para generasi penerus remaja sangat dibutuhkan, diharapkan adanya partisipasi yang salinng terkait dan berkesinambungan untuk membangun jati diri remaja menuju masa depan yang lebih baik, biar terciptanya generasi penerus bangsa yang bermoral dan bekepribadian luhur.
Daftar Pustaka
Mappiare, Andi. 1982. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.
Jumhur & Moh Surya. Bimbingan dan Penyuluhan. Bandung: PT. C.V. Ilmu.
Tim Dosen FKIP-IKIP Malang. 1980. Pengantar Dasar-Dasar Pendidikan. Surabaya: PT. Usaha Nasional.
Gunarso, Singgih D. 1983. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Gunung Mulia, Kwitang.
EmoticonEmoticon