Kamis, 10 Mei 2018

Contoh Makalah Penelitian

PENDAHULUAN
Latar belakang Masalah 
Pendidikan gres bisa dimulai sesudah usia SD (7 tahun) ternyata tidak benar . Bahkan pendidikan yang dimulai pada usia Taman Kanak-Kanak (4-6tahun) pun dianggap sudah terlambat. Menurut hasil penilitian, pada usia 4 tahun pertama, separuh kapasitas kecerdasan insan sudah terbentuk. Artinya, kalau pada usia tersebut otak anak tidak menerima rangsangan yang maksimal, maka potensi otak anak tidak akan berkembang secara optimal.

Anak yaitu potensi utama bagi masa depan bangsa. Mereka tidak hanya sebagai cikal bakal penerus bangsa, tetapi juga sebagai individu yang diharapkan mempunyai daya saing tinggi. Mereka memegang peranan penting dan tanggung jawab yang besar bagi bangsa. Kepribadian dan kualitas individu pada masa pintar balig cukup akal sangat dipengaruhi oleh pengalaman dan pendidikan yang diperoleh pada masa kanak-kanak Pemeliharaan Kesehatan bagi belum dewasa juga sangat penting. Kualitas anak sangat dipengaruhi kesehatan selama masa tumbuh kembang anak.

Anak pada golongan usia dini yaitu masa rawan sehingga perlu menerima pelayanan kesehatan lebih dalam alasannya yaitu anak gampang terinfeksi atau kekurangan gizi. Oleh alasannya yaitu itu, diharapkan perhatian khusus terhadap belum dewasa wacana pendidikan dan pemantauan kesehatan dalam proses perkembangan mereka. Namun seiring dengan proses modernisasi.

Rumusan Masalah

Berdasarkan Pada latar belakang masalah, saya telah menyusun rumusan problem penelitian ini sebagai berikut :
  • Bagaimana pembelajaran anak pada usia dini?
  • Apa akhir dari kesalahan paradikma pada mental pembelajaran siswa?
  • Bagaimana cara memotivasi anak usia dini semoga tertarik?
  • Apa saja yang besar lengan berkuasa terhadap kesalahan paradikma ini?
  • Apa kekurangan metode pembelajaran ini?
  • Apa kelebihan metode pembelajaran ini?
  • Bagaimana metode pembelajaran ini bisa bekerja?
  • Siapakah yang menjadi fokus pembelajaran ini?
  • Apa hambatan dalam pelaksanaan metode ini?
Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan problem di atas, maka penelitian ini bertujuan menyebarkan sebuah sistem pembelajaran pada anak usia dini.Dengan sebuah sistem yang gres pada anak usia 4 tahun pertama, separuh kapasitas kecerdasan insan sudah terbentuk. Artinya, kalau pada usia tersebut otak anak tidak menerima rangsangan yang maksimal, maka potensi otak anak tidak akan berkembang secara optimal.

Anak yaitu potensi utama bagi masa depan bangsa. Mereka tidak hanya sebagai cikal bakal penerus bangsa, tetapi juga sebagai individu yang diharapkan mempunyai daya saing tinggi. Mereka memegang peranan penting dan tanggung jawab yang besar bagi bangsa.

Anak pada golongan usia dini yaitu masa rawan sehingga perlu menerima pelayanan kesehatan lebih dalam alasannya yaitu anak gampang terinfeksi atau kekurangan gizi. Oleh alasannya yaitu itu, diharapkan perhatian khusus terhadap belum dewasa wacana pendidikan dan pemantauan kesehatan dalam proses perkembangan mereka.

Hipotesis Penelitian

Hipotesis yaitu sebagai suatu tanggapan yang bersifat sementara terhadap permasalahan penelitian, hingga terbukti melalui data yang terkumpul (menurut Arikunto dalam Endang.S, 2008:6). Berdasarkan rumusan problem dan tujuan penulisan yang telah disebutkan diatas maka sanggup dikemukakan sebuah hipotesis "Adanya kenaikan tingkat motivasi mencar ilmu siswa pada anak usia dini dengan sistem sistem yang gres pada anak usia 4 tahun pertama."

Asumsi Penelitian

Menurut Surakhmad dalam endang.S (2008:7) perkiraan dasar atau anggapan dasar atau postulat yaitu sebuah titik tolak pemikiran yang kebenarannya di terima oleh penyidik. Kaprikornus perkiraan ppenelitian sanggup diartikan sebagai anggapan dasar wacana suatu hal yang menjadi pedoman berfikir peneliti.

Asumsi yang mendasari penelitian ini yaitu sebagai berikut :
  1. Anak usia dini yaitu sistem yang gres pada anak usia 4 tahun pertama separuh kapasitas kecerdasan insan sudah terbentuk.
  2. Anak usia dini yaitu potensi utama bagi masa depan bangsa alasannya yaitu sebagai cikal bakal penerus bangsa
Kegunaan Penelitian
Penelitian ini diharapkan sanggup mempunyai kegunaan bagi :
  1. Guru Sebagai sarana pembelajaran siswa yang lebih efektif dilakukan anak pada usia dini.
  2. Anak usia dini Meningkatkan motivasi mencar ilmu anak alasannya yaitu sanggup menyebarkan sebuah sistem pembelajaran anak usia dini.
Ruang Lingkup dan Keterbatasan Penelitian

Ruang lingkup penelitian ini dimaksudkan untuk memperlihatkan citra dan arah mengenai gosip permasalahan inti yang ada dalam suatu penelitian
  1. Variabel penelitian Dalam penelitian ini ada 2 variabel, yaitu variabel bebas yaitu sistem pembelajaran anak usia dini yaitu motivasi belajar.
  2. Subjek penelitian Subjek penelitian ini yaitu anak usia dini
  3. Lokasi Penelitian Penelitian dilakukan pada playgroup.

PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG

Sekolah yaitu forum yang bersifat kompleks dan unik. Bersifat kompleks alasannya yaitu sekolah sebagai organisasi di dalamnya terdapat banyak sekali dimensi yang satu sama lain saling berkaitan dan saling menentukan. Sedang sifat unik memperlihatkan bahwa sekolah sebagai organisasi mempunyai ciri-ciri tertentu yang tidak dimiliki oleh organisasi-organisasi lain. Ciri-ciri yang menempatkan sekolah mempunyai huruf tersendiri, yaitu terjadi proses mencar ilmu mengajar, daerah terselenggaranya pembudayaan kehidupan umat manusia.

Karena sifatnya yang kompleks dan unik tersebut, sekolah sebagai organisasi memerlukan tingkat koordinasi yang tinggi. Koordinasi yang tinggi dilakukan oleh kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. Sehingga keberhasilan sekolah yaitu keberhasilan kepala sekolah.
Kepala sekolah dikatakan berhasil apabila mereka memahami keberadaan sekolah sebagai organisasi yang kompleks dan unik, serta bisa melakukan peranan kepala sekolah sebagai seseorang yang diberi tanggung jawab untuk memimpin sekolah. Studi keberhasilan kepala sekolah memperlihatkan bahwa kepala sekolah yaitu seseorang yang memilih titik sentra dan irama suatu sekolah.

Beberapa di antara kepala sekolah digambarkan sebagai orang yang mempunyai harapan tinggi bagi para staf dan para siswa, kepala sekolah yaitu mereka yang banyak mengetahui tugas-tugas mereka yang memilih irama bagi sekolah mereka. Hal ini memperlihatkan betapa penting peranan kepala sekolah dalam menggerakkan kehidupan sekolah mencapai tujuan.

Sesuai dengan ciri-ciri sekolah sebagai organisasi yang bersifat kompleks dan unik, kiprah dan fungsi kepala sekolah seharusnya dilihat dari banyak sekali sudut pandang. "Dari sisi tertentu kepala sekolah sanggup dipandang sebagai pejabat formal, sedang dari sisi lain seorang kepala sekolah sanggup berperan sebagai manajer, sebagai pemimpin, sebagai pendidik, dan sebagai staf" (Wahjosumidjo, 2007:83).

Berdasarkan uraian di atas, penyusun akan membahas kiprah dan tanggungjawab kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan di Sekolah Menengan Atas 1 Malang.

RUMUSAN MASALAH

Rumusan problem dalam makalah ini adalah:
  1. Apa saja peranan kepala sekolah di Sekolah Menengan Atas 1 Malang?
  2. Bagaimana tanggungjawab kepala sekolah di Sekolah Menengan Atas 1 Malang?
  3. Bagaimana cara semoga tanggungjawab kepala sekolah di Sekolah Menengan Atas 1 Malang sanggup terealisasi dengan baik?
TUJUAN

Penyusunan makalah ini mempunyai tujuan yang ingin dicapai oleh penyusun, yaitu:
  1. Mengetahui kiprah kepala sekolah di Sekolah Menengan Atas 1 Malang;
  2. Mengetahui tanggungjawab kepala sekolah di Sekolah Menengan Atas 1 Malang;
  3. Mengetahui cara-cara semoga tanggungjawab kepala sekolah di Sekolah Menengan Atas 1 Malang sanggup terealisasi dengan baik.
DAFTAR RUJUKAN

Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

CONTOH DAFTAR RUJUKAN
  1. Dr. Muhaimin Iskandar, M.Pd telah berhasil menulis buku berjudul "Jalan Manusia Abadi" pada tahun 2009, tepatnya bulan Maret. Pada tahun yang sama, tepatnya bulan November, ia juga berhasil menerbitkan buku barunya yang berjudul "Meretas Jalan Abadi". Keduanya diterbitkan oleh Gramedia Jakarta.
  2. Maraknya kasus korupsi di Indonesia menciptakan banyak kalangan angkat bicara wacana korupsi. Kalangan pers tentu saja tidak mau ketinggalan menyuarakan pendapatnya wacana korupsi di negeri ini. Harian Media Indonesia 24 November 2009 menerbitkan sebuah artikel berjudul "Tangan-tangan Gaib Dibalik Praktik Korupsi" sempurna di halaman 4.
  3. Pada tahun 2002, Pusat Penelitian dan Pengembangan Virus yang berada di bawah naungan Departemen Kesehatan di Jakarta menerbitkan sebuah buku pedoman yang diperuntukkan bagi peneliti virus di Indonesia. Buku pedoman berjudul "Pedoman Penelitian dan Pengembangan Virus" itu diedarkan secara terbatas di kalangan para peneliti virus saja.
  4. Abdul Chaer pada tahun 2006 menulis buku berjudul "Tata Bahasa Mudah Bahasa Indonesia" yang diterbitkan oleh Rineka Cipta di Jakarta setebal 100 halaman.
  5. Koran Kompas memuat artikel berjudul "Menyiasati Deterjen Murah Meriah" yang ditulis oleh Mike Rahayu pada tanggal 10 November 2009. Artikel fenomenal tersebut sempurna berada pada halaman 4, sekolom dengan artikel Fesy Mintania.
  6. Ike Nuriva pada bulan April tahun 2009 menulis sebuah artikel berjudul "Deterjen Ampuh Membasmi Kotoran pada Pakaian". Oleh sebuah Forum Artikel Kritis, artikel Ike tersebut dimasukkan ke dalam jurnal mereka pada tahun ke-2 nomor ke-3. Artikel tersebut sempurna berada pada halaman 13 hingga 16.
  7. Aldilla Hastami berprofesi sebagai seorang penerjemah di sebuah penerbit berjulukan Tunas Bahasa di Malang pada tahun 2009. Kali ini, ia menerjemahkan sebuah buku motivasi karangan orang Cina berjulukan Felix Siauw yang ditulis pada tahun 2002. Alasan buku tersebut diterjemahkan dikarenakan telah menginspirasi banyak orang untuk bercita-cita menaklukkan Roma menyerupai yang telah dijanjikan oleh Tuhan. Setelah beberapa bulan buku itu akibatnya selesai diterjemahkan dan diterbitkan dengan judul "Kota Roma Menanti Anda".
  8. Untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional, dosen Yoranda memberi kiprah menulis sebuah artikel wacana pendidikan. Ia segera mengumpulkan materi bacaan yang ia perlukan di perpustakaan kampus.Di rumah, Yoranda sudah mempunyai materi goresan pena berupa Undang-Undang Republik Indonesia wacana sistem pendidikan nasional yang diterbitkan oleh Duta Baca, Surabaya tahun 1990. Ia ingin mengkritisi isi UU Sisdiknas tersebut, tepatnya pada nomor 2 tahun 1989.
  9. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Malang pada tanggal 13 September tahun 2006 telah menyelenggarakan Seminar Nasional BEM Se-Indonesia. Dalam seminar tersebut, seorang tokoh gerakan mahasiswa, Agus Lukman Hakim, memaparkan makalahnya yang berjudul "Satukan Visi Misi Mahasiswa Menuju Indonesia Lebih Baik". Seminar tersebut sangat sukses alasannya yaitu dihadiri oleh 90 persen kampus di tanah air.
  10. Onie Kartikasari menjadi seorang editor untuk kumpulan artikel yang dibukukan. Kumpulan artikel tersebut lantas ia beri judul "Pengembangan Bahasa pada Anak Sekolah Dasar". Ia mengedit kumpulan artikel tersebut pada tahun 2000, selang dua tahun sesudah ia menerbitkan buku. Hasil editan Onie tersebut diterbitkan oleh Pustaka Bangsa di Malang.
DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1Latar Belakang
1.2Rumusan Masalah
1.3Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Landasan Filosofis Pancasila
2.1.1 Pengertian Filsafat
2.1.2 Pengertian Pancasila
2.1.3 Pengertian Filsafat Pancasila
2.2 Fungsi Utama Filsafat Pancasila Bagi Bangsa dan Negara Indonesia8
2.2.1 Filsafat Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia
2.2.2 Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia
2.2.3 Pancasila sebagai Jiwa dan Kepribadian Bangsa Indonesia
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
DAFTAR RUJUKAN

PENULISAN DAFTAR PUSTAKA

Iskandar, Muhaimin. 2009a. Jalan Manusia Abadi. Jakarta: Gramedia.
Iskandar, Muhaimin. 2009b. Meretas Jalan abadi. Jakarta: Gramedia.
Media Indonesia.24 november,2009. Tangan-Tangan Ghaib Dibalik Praktek Korupsi, hlm. ___. 2002. Pedoman Penelitian dan Perkembangan Virus. Jakarta: Departemen Kesehatan.
Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Mudah Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahayu, Mike. 10 November,2009. Menyiasati Detergen Murah Meriah. Kompas, hlm. 4.
Nuriva, Ike. 2009. Detergen Ampuh Membasmi Kotoran pada pakaian. Forum Artikel Kritis. 2(3):13-16.
Siau, Felix. 2002. Kota Roma Menanti Anda. Terjemahan oleh Aldilla Hastami. 2009. Malang: Tunas Bahasa.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 wacana Sistem Pendidikan Nasional.1990. Jakarta: Duta Baca.
Hakim, Agus Lukman. 2006. Satukan Visi Misi Mahasiswa Menuju Indonesia Lebih Baik. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional BEM Se-Indonesia, Badan Eksekutif mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Malang, Malang, 13 september.
Kartikasari, Onie(Ed). 2000. Pengembangan Bahasa Pada anak sekolah Dasar. Malang: Pustaka bangsa.

Sumber http://pendidikansrg.blogspot.com


EmoticonEmoticon