Minggu, 13 Mei 2018

Fungsi Software Presentasi Dan Contohnya

Fungsi Software Presentasi dan Contohnya - Aplikasi pemrosesan presentasi ialah aplikasi yang dipakai untuk menciptakan dan memproses dokumen presentasi. Pengertian dokumen presentasi itu sendiri ialah alat atau dokumen yang biasanya dipakai untuk mengekspresikan pendapat inspirasi / inspirasi sehingga lebih gampang dipahami secara singkat.

Jika ada seseorang yang akan menjadi presentasi maka kalau didukung oleh dokumen presentasi tentunya kesudahannya akan berbeda. Oleh sebab itu dokumen presentasi harus dibentuk semenarik mungkin dengan memasukkan benda-benda ibarat gambar, suara, dan bahkan video.

Kita sudah tahu definisi perangkat lunak presentasi, kini kita perlu memahami akomodasi apa yang bisa dilakukan dengan software pengolah presentasi.

Perangkat lunak presentasi sanggup memproses teks dalam bingkai.
Tata letak presentasi sanggup dibentuk dengan beberapa bingkai terpisah.
Banyak pilihan template dipakai sebagai wadah atau cetakan untuk presentasi.
Banyak efek dan animasi sanggup dipakai dalam slide.
Bentuk presentasi sangat user friendly.

Perangkat lunak presentasi dirancang untuk mendukung aktivitas presentasi, dan sanggup diterima oleh semua orang.

Fungsi Software Presentasi dan Contohnya Fungsi Software Presentasi dan Contohnya
Fungsi Software Presentasi dan Contohnya


Dikutip dari situs Wikipedia, bahwa aplikasi presentasi mempunyai tiga fungsi utama, yaitu:

Sebagai editor naskah dan menghiasnya.
Cara untuk menanamkan dan memanipulasi gambar grafis, dan.
Menyajikannya dengan cara sistem peragaan slide.

Dari tiga fungsi utama, mari kita gambarkan satu per satu:

Sebagai editor naskah dan menghiasnya.
Sebelum presentasi di depan banyak orang, tentunya yang harus dipersiapkan ialah dokumen penting sebagai pendukung atau data empiris, maka semua manuskrip penting tersebut diolah menjadi sebuah inspirasi dan inspirasi yang akan dibagikan kepada pendengar, sehingga Informasi yang bisa kita sampaikan disampaikan dengan baik maka kita harus menghiasinya terlebih dahulu.

Masukkan dan manipulasi gambar grafis.
Di dalam file presentasi tentu saja diisi dengan unsur-unsur penting, tidak hanya teks, selain membosankan, tentu saja presentasi tidak menarik, dengan aplikasi presentasi, kita bisa menciptakan dokumen presentasi supaya isi gambarnya menarik. , data yang disajikan bisa diolah dengan grafik yang gampang dimengerti.

Menyajikannya dengan cara sistem Slide Show.
Setelah dokumen presentasi siap, hal terakhir yang harus dilakukan ialah mengekspornya ke dalam dokumen presentasi presentasi siap pakai untuk mendukung aktivitas presentasi.

Aplikasi presentasi ini bisa menciptakan hasil selesai dalam presentasi dokumen ke dalam file slide show, file show slide biasanya dipakai untuk menyajikan informasi visual yang bisa melengkapi percakapan supaya memudahkan penerima untuk mengerti.

Aplikasi prosesor presentasi sengaja dirancang untuk para pembicara yang ingin memberikan gagasan dan inspirasi mereka supaya lebih gampang dengan informasi visual yang digunakan. Jenis presentasi sangat banyak, ibarat presentasi pekerjaan, presentasi pendidikan, presentasi umum, dan lainnya.

Metode presentasi bisa memakai alat ibarat selebaran, poster, pamflet, dan lain sebagainya. Kini dengan penggunaan teknologi, model presentasi sedikit terbantu dan difasilitasi dalam presentasi.

Hasil selesai dari file slideshow sanggup dicetak ke media kertas atau ditampilkan eksklusif di layar selama presentasi berlangsung.

Contoh aplikasi presentasi terkenal dipakai oleh banyak orang (sumber Wikipedia).

Keynote Apple
Presentasi Corel
CustomShow
Google Dokumen (berbasis web)
Harvard Graphics
Hewlett Packard Bruno (perangkat lunak)
IBM Lotus Freelance Graphics
Presentasi Kingsoft
LibreOffice Impress (open source)
Microsoft PowerPoint
org Impress (open source)
PresentiaFX
Prezi
SlideRocket
Slidewiki
PowToon
IBM Lotus Symphony

Dari semua aplikasi pengolahan presentasi, mari kita tinjau satu per satu yang sudah banyak dipakai di indonesia.

Microsoft PowerPoint
Aplikasi Powerpoint ialah presentasi aplikasi yang banyak dipakai di Indonesia. Fitur Powerpoint yang sangat lengkap, aplikasi ini dibentuk oleh Microsoft, dan menjadi sebuah paket dengan Microsoft Office.

Kelebihan :
Aplikasi Powerpoint mempunyai antarmuka yang user friendly dan gampang dipakai oleh pemula. Dari tiap versi powerpoint ada penambahan fitur yang lebih lengkap.

Kekurangan:
Karena satu paket dengan kantor Microsoft maka untuk memakai aplikasi power point harus membeli lisensinya terlebih dahulu.

Open Office Impress
Open office impresss ialah sebuah paket dengan OpenOffice.org, aplikasi ini banyak dipakai oleh pengguna Linux, dan fiturnya tidak kalah menarik dengan Microsoft powerpoint. Aplikasi ini dibentuk oleh SUN Microsystem, dan kini bisa dipakai di cross platform.

Kelebihan :
Bebas dengan tidak menghilangkan fitur penting yang ada dalam aplikasi presentasi. Aplikasi paket Open Office bisa mengolah dokumen yang berasal dari paket Microsoft Office.

Kekurangan:
Hasil dokumen dalam paket open office akan awut-awutan kalau dibuka di kantor Microsoft. Fitur yang diberikan pada open office impress hanya fitur standar, mengingat ini ialah aplikasi gratis.

Baca lebih lengkap: Kelebihan dan Kekurangan OpenOffice

KPresenter
KPresenter ialah salah satu aplikasi pengolahan presentasi yang juga menarik. Salah satu fitur menariknya ialah KPresenter bisa menghasilkan file slideshow dalam format html.

Kelebihan :
Gratis dan open source, tersedia di banyak platform silang, antarmuka menarik dan user friendly, kompatibel dengan file aplikasi powerpoint.

Kekurangan:
Fitur lebih sedikit ibarat pada powerpoint, mengingat aplikasi ini juga gratis.

iWork KeyNote
Aplikasi ini dibentuk oleh Apple, meski hanya mempunyai antarmuka yang sederhana namun fiturnya tidak kalah bila dibandingkan dengan Microsoft powerpoint.

Kelebihan :
Layar tampilan yang sederhana dan elegan, support dengan powerpoint dan kantor Microsoft lainnya, ada fitur suplemen yang tidak dimiliki oleh powerpoint.

Kekurangan:
iWork Keynote hanya menghasilkan format ibarat .pages, .key yang tidak terkenal dan hanya bisa dibaca oleh aplikasi ini saja. Jika ingin mengekspor dalam format ibarat .ppt yang dimiliki powerpoint maka yang terjadi ialah semua efek dan animasi atau transisi akan hilang.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/


EmoticonEmoticon