Senin, 14 Mei 2018

Kelebihan Dan Kekurangan Openoffice

Kelebihan dan Kekurangan OpenOffice - Ada aneka macam kelebihan dan kekurangan OpenOffice.org, bagi sebagian orang OpenOffice mungkin tidak biasa, ini bukan tanpa alasan, banyak orang beranggapan bahwa untuk sanggup melaksanakan kegiatan kantor menyerupai mengetik, menciptakan tabel, menghitung laba dan kerugian, dan jadi hanya bisa dilakukan di Microsoft Office yaitu pembuatan Microsoft Office.

Semua orang bahkan lebih mengenal Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Powerpoint dll dibandingkan dengan indera pendengaran istilah Open Office.

Kali ini kita selanjutnya akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan Open Office biar bisa lebih mengenal perbedaan Ms Office dan OpenOffice.org atau biasa disingkat ooo.

 Ada aneka macam kelebihan dan kekurangan OpenOffice Kelebihan dan Kekurangan OpenOffice
Kelebihan dan Kekurangan OpenOffice

Ada aneka macam perangkat lunak yang disediakan untuk mengolah data dan angka, OpenOffice.org ialah salah satunya. Sebagai perangkat lunak yang dipakai untuk fungsi perkantoran, Open Office dipastikan juga mempunyai fungsi pengolah kata, penghitungan, penggambaran, grafik, presentasi, pengolahan data editor web, rumus pengeditan dan lain sebagainya.

Open Office dibentuk untuk bersaing dengan pasar Microsoft Office dan menjadi alternatif lain bila ada seseorang yang menginginkan seperangkat perangkat lunak perkantoran dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Di Open Office sendiri juga mendukung format standar dokumen terbuka yang dilengkapi dengan keberadaan .odt.

Tidak hanya itu, OpenOffice juga dirancang untuk bisa didukung oleh sistem operasi windows yang banyak dipakai oleh komputer dan laptop di seluruh dunia. Selain windows, OpenOffice juga mendukung GNU / LINUX.

BSD Solaris, dan MAC OS X yang berarti setiap orang bisa memakai perangkat lunak perkantoran ini dan bisa berbagi aplikasi sesuai harapan penggunanya.

Berikut ini akan menjelaskan sedikit wacana beberapa fitur perangkat lunak perkantoran di OpenOffice,

OpenOffice.org Writer: Digunakan untuk menulis dan mengedit dokumen. Fungsinya hampir sama dengan Ms. Word di Ms. Office.

OpenOffice.org Calc: Digunakan untuk memproses data numerik, teks atau numerik. Rumus bisa diobati sama menyerupai jikalau di Ms. Office ini ditemui di Ms Excel. (baca juga: macam macam software spreadsheet)

OpenOffice.org Impress: Digunakan untuk menciptakan presentasi. Presentasi multimedia dan media interaktif presentasi ini biasanya dipakai untuk perkantoran, kegiatan akademik dan kegiatan bisnis.

Pada Ms. Office biasanya ditemukan di Ms. Power point. Keunggulan yang dimilikinya ialah bisa menyajikan tampilan lebih dari satu monitor dan pembuat presentasi kelompok dalam jumlah besar.

OpenOffice.org Draw: Digunakan untuk menciptakan dan memanipulasi gambar digital, terutama gambar 2 dimensi yang biasa dipakai untuk alur kerja, simbol, dan manipulasi gambar ke dalam gambar tampilan 3D. Program ini sama dengan acara yang ada di Ms Office yaitu Ms. Visio. (Juga baca: Macam Macam Software 3D)

OpenOffice.org Math: Digunakan untuk mengetikkan rumus matematika secara independen dan jadinya juga bisa dimanfaatkan teks ke aplikasi OpenOffice.org lainnya. Pada Ms. Office ini sama dengan Ms Equation Editor.

OpenOffice.org Base: Digunakan untuk memanipulasi dan mengelola database. Hal yang sama dengan Ms Office ada pada Ms Access. Kaprikornus untuk memanipulasi dan menulis laporan bisa dilakukan dengan BASE. Ada aneka macam database yang mendukung MySQL, PostgreSQL, dan Ms Access.

Keunggulan atau Keunggulan OpenOffice.org:


Adapun beberapa kelebihan OpenOffice.org yang biasa disingkat ooo bila dibandingkan dengan fitur yang dimiliki oleh Microsoft Office, hal ini sanggup dijelaskan sebagai berikut:

Ketersediaan Kode Sumber
Kita telah melihat bahwa Microsoft Office ialah office suite yang tidak mempunyai instruksi sumber yang tersedia secara gratis bagi penggunanya, yang berarti bahwa instruksi sumber di Ms Office tidak sanggup menjadi fleksibel dan harus mengeluarkan uang untuk melisensikan penggunaannya.

Berbeda dengan ini, OpenOffice.org telah menyediakan instruksi sumber gratis dan fleksibel sesuai dengan lisensi LGPL GNU. Dari pihak pemegang lisensi, pengguna tidak perlu mengeluarkan sepeser pun untuk menggunakannya.

Pengguna hanya perlu mengeluarkan sedikit uang untuk membeli buku panduan wacana bagaimana cara merangsingkan perangkat lunak perkantoran ini.

Ketersediaan instruksi Sumber ini juga merupakan laba atau nilai tambah yang dimiliki oleh OpenOffice.org alasannya siapapun tidak perlu bergantung pada perusahaan tertentu biar bisa berbagi office suite sendiri menurut OpenOffice.org yang tentunya masih memakai lisensinya.

Berjalan di Banyak Platform
Seperti kita ketahui, pendahulunya OpenOffice.org yaitu Microsoft Office hanya bisa mengoperasikan atau menjalankan native pada sistem operasi Windows dan Macintosh.

Ini berarti jikalau Anda ialah pengguna windows ketika ini, Anda harus kehilangan Microsoft Office jikalau ingin beralih ke Linux, UNIX, BSD atau sistem operasi lainnya.

Sementara di OpenOffice.org Anda masih bisa melihatnya meski Anda mengitari sistem operasi baik sistem operasi Windows, Macintosh, LINUX, BSD Solaris, UNIX, dan sebagainya. 

Dengan memakai perangkat lunak perkantoran OpenOffice.org ini, Anda sanggup memakai banyak sistem operasi pilihan sesuai dengan harapan Anda. (baca juga: Jenis Sistem Operasi Komputer)

Kompatibel dengan Microsoft Office Format dan Office Format lainnya
Menggunakan data OpenOffice.org memungkinkan kita mengatur format penyimpanan sesuai harapan kita. Ini alasannya ooo menyediakan beberapa format penyimpanan dokumen.

Kaprikornus untuk setiap pengolahan data di OpenOffice.org ini tetap akan terbuka dalam format office lain yaitu salah satunya ialah Ms. Office, WordPerfect, Lotus dan AutoCAD. Meski kompatibilitas yang dihasilkan oleh ooo ketika dibuka di Ms Office masih kalah sempurna, OpenOffice.org tetap terus berbagi dan menyempurnakan hasil olahan data.

Format OpenDocument Terbuka dan Fleksibel
Siapapun bisa membaca dan memakai spesifikasi format dokumen yang ada di OpenOffice.org, ini berarti dari setiap aspek teknologi kita mungkin bisa mengamati dan membuka isi dokumen meski tanpa ada acara OpenOffice.org yang terpasang dan berjalan di atas kita.

laptop atau komputer Beberapa pihak yang berkepentingan lainnya bahkan bisa mengimplementasikan paket kantor yang bisa membaca dan menyimpan dokumen ke dalam format dokumen OpenDocument. Sekarang ada banyak acara yang bisa membuka dan menyimpan format pekerjaan berupa OpenOffice.org.

Ekspor ke PDF dan Format Lainnya Sangat Mudah
Aktivitas ekspor dari dokumen ke PDF sering dipakai oleh semua orang, dengan memakai OpenOffice.org sanggup memungkinkan kita untuk mengekspor segala bentuk dokumen yang telah dibentuk ke dalam PDF atau Flash.

Ekspor ke format lain ini juga mempunyai cara yang sangat gampang tanpa harus memakai aplikasi aksesori atau acara lainnya.

Meski Ms Office juga mempunyai fitur menyerupai ini, namun OpenOffice.org telah menyediakan fitur ekspor ke PDF bahkan ke format lain (tidak hanya terintegrasi dengan PDF saja).

Macro Dalam Berbagai Bahasa Pemrograman
Fungsi kantor telah dikembangkan dalam hal penggunaan Macro yang dibangun dengan aneka macam bahasa pemrograman, menyerupai Phyton dan Javascript. Jangan hingga kesana, santunan bahasa lain juga akan terus bertambah. (baca juga: aneka macam bahasa pemrograman)

Database Transparan dan Luas
OpenOffice.org sanggup mendukung aneka macam macam database. Dengan santunan dari aneka macam driver bawaan, ODBC dan JDBC, pengguna juga sanggup menghubungkan OpenOffice.org dengan aneka macam atau hampir semua sistem database terkenal yang sudah ada di dunia. Cukup menarik bukan?!

Sangat Customizeable
Tampilan yang ditawarkan oleh OpenOffice.org memang berbeda, hal ini alasannya pengguna bisa dengan sama menyerupai mengatur tata letak dan mengedit file konfigurasi XML.

Pengguna sanggup mengubah sebagian besar antarmuka pengguna OpenOffice.org contohnya dengan mengubah tampilan bilah sajian default, atau ingin menampilkan hanya satu atau dua menu, atau juga ingin mengubah ikon default. Hal menyerupai ini akan sangat gampang dilakukan oleh pengguna OpenOffice.org sendiri.

Wizard Untuk Konversi Dokumen Ms Office
Miliki satu folder berisi banyak dokumen Ms Office yang berisi file Word, Excel atau Powerpoint dan Anda ingin mengkonversikannya ke format OpenOffice.org? Ini sangat gampang dilakukan, Anda cukup mengakses sajian File Converter converter.

Dengan begitu Anda akan dengan gampang dan cepat melaksanakan proses konversi, yang dipandu hingga proses selesai. (Baca juga: Cara Membuat Akun Microsoft)

Antarmuka Pengguna yang Konsisten
Program OpenOffice.org mempunyai arsitektur yang sangat elok dan dalam pengembangan sistem komponennya juga tidak perlu diragukan lagi. Kita bisa perhatikan dari user interface writer, Clac, Impress dan komponen lainnya yang sangat konsisten. Pengguna sendiri juga bisa membangun macro untuk memanggil komponen tertentu dari OpenOffice.org.
Kekurangan atau Kerugian dari OpenOffice.org:

Serakah dengan Kekuatan Komputer
OpenOffcie.org agak serakah dalam penggunaan tenaga komputer. Intinya, openoffice.org selalu membutuhkan spec yang cukup tinggi biar bisa menjalankan software ini.

OpenOffice tidak sanggup membuka file di Word Office dengan baik
Kelemahan satu ini cukup sering ditemui ketika pengguna OpenOffice.org menyimpan file dan ingin membukanya di Ms. Word. Apa yang terjadi ialah dokumen yang diketik atau kacau, nah inilah yang OpenOffice.org perbaiki biar benar-benar jago dalam menyesuaikan file yang tersimpan biar dibuka di Ms. Word.

Begitupun ketika OpenOffice.org membuka file dari Ms. Word, biasanya masih sering ada data yang tidak bisa dibuka atau dengan kata lain dokumen yang bisa dibuka masih terbatas, tampilannya juga tidak selalu sama tergantung dari penggunaan.

Kesimpulan:
Bagi pengguna yang lebih sering memakai Ms. Office niscaya akan menyesuaikan diri dengan cepat dengan fitur yang ditawarkan oleh OpenOffice.org.

Selain biaya hampir tanpa biaya atau termasuk dalam jenis Open Source Code Software, pengguna juga sudah bisa menghasilkan dokumen sebagus yang dihasilkan oleh Ms.

Office yang sebetulnya berbayar cukup mahal alasannya lisensinya yang instruksi sumbernya ialah tidak gratis Pada perangkat perkantoran OpenOffice.org ini juga bisa mengkustomisasi dan menyimpan file sesuai dengan yang diinginkan oleh pengguna.

File Doc menyerupai di Ms. Word juga bisa dalam format format via OpenOffice.org Writer ketika akan menyimpan dokumen. Cukup gampang dan menguntungkan jikalau tidak dipakai untuk pemula dan ingin mencari software open source.

Begitulah review kelebihan dan kekurangan OpenOffice


Sumber http://www.pintarkomputer.org/


EmoticonEmoticon